Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Bahasa Indonesia Kelas 9


Tugas Bahasa Indonesia Kelas 9

bahasa indonesia kelas 9 sebutkan tugas tugas seorang pemimpin diskusi!

1. bahasa indonesia kelas 9 sebutkan tugas tugas seorang pemimpin diskusi!


memimpin jalannya diskusimembagi tugas diskusi kepada anggota kelompoknya

2. Dialog Interaktif Tugas Bahasa Indonesia kelas 9


berdialoglah dengan salah seorang temanmu/narasumber

3. tugas bahasa Indonesia kelas 9 halaman 63​


Jawaban:

buku apa ya kak, buku bahasa Indonesia apa ????


4. Jawaban tugas bahasa Indonesia kelas 9 halaman 25​


Pernyataan Umum : Bunga yang sering kita jumpai seperti bunga hias, memiliki bagian-bagian yang memiliki perannya tersendiri.Pernyataan Umum : Smarthphone sebagai teknologi canggih sekarang dilengkapi dengan fitur-fitur yang bagus.Pernyataan Umum : Pada ekosistem sawah terdapat organisme-organisme yang mendukung terbentuknya suatu ekosistem.

Pembahasan :

Pernyataan UmumPernyataan Umum atau kalimat deklaratif berisi pernyataan bersifat umum dan dapat dijelaskan dengan lebih rinci.

_______________________________

Pernyataan Umum : Bunga yang sering kita jumpai seperti bunga hias, memiliki bagian-bagian yang memiliki perannya tersendiri.

Tangkai induk bunga, tangkai bunga, dasar bungan daun pelindung, daun tangkai, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari dan putik.

_______________________________

Pernyataan Umum : Smarthphone sebagai teknologi canggih sekarang dilengkapi dengan fitur-fitur yang bagus.

Mikrofon, speaker, keypad, layar tayang, baterai, codec, digital signal processor, GSM, SIM, radio frekuensi, konektir luar, antena, memori internal, dan SD card.

_______________________________

Pernyataan Umum : Pada ekosistem sawah terdapat organisme-organisme yang mendukung terbentuknya suatu ekosistem.

Padi, belalang, katak, kadal, burung gelatik, tikus ular dan elang.

Pelajari Lebih Lanjut :Pengertian penyartaan umum baca di, brainly.co.id/tugas/11889593Menemukan pernyataan umum baca di, brainly.co.id/tugas/16812896Contoh teks pernyataan umum singkat, https://brainly.co.id/tugas/237000

Detail Jawaban :

Mapel : Bahasa Indonesia

Kelas : 8 (VIII) SMP

Materi : Sastra

Kode Kategorisasi : 8.1.1

Kata kunci : Pernyataan Umum

#TingkatkanPrestasimu


5. tugas bahasa indonesia kelas 9 tentang teks pak lebai


Struktur Teks

Orientasi  : Pak Lebai adalah seorang guru agama yang hidup di tepi sungai di sebuah desa di Sumatra Barat. Pada suatu hari ia mendapat undangan pesta dari dua orang kaya yang tinggal di desa-desa tetangga.

Insiden: Pesta tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan. Pak Lebai mempertimbangkan untung rugi kedua undangan tersebut. Ia berpikir bahwa kalau ia pergi ke pesta di desa hulu sungai, tuan rumah akan memberinya hadiah dua kepala kerbau. Kalau ia pergi ke pesta di hilir sungai, ia akan mendapat hadiah satu kepala kerbau yang dimasak dengan enak. Ia juga kenal betul dengan tuan rumah tersebut. Tuan rumah juga akan memberi tamu-tamunya tambahan kue-kue. Kalau pergi ke desa hulu sungai, dia belum begitu kenal dengan tuan rumah yang mengundangnya itu. Menurut informasi, masakan orang-orang di desa hulu sungai tidak seenak masakan orang-orang di desa hilir sungai.


Pak Lebai berpikir keras untuk mendapatkan semuanya. Beberapa saat kemudian, Pak Lebai cepat-cepat mengayuh perahunya menuju desa hulu sungai. Ia datang lebih cepat dari tetangganya. Karena Pak Lebai datang lebih awal ketika pesta belum mulai. Dia tidak mendapat apa-apa. Apalagi dia tidak begitu kenal dengan orang yang mengundangnya.


Pak Lebai pun memutuskan untuk segera pergi menuju desa hilir sungai. Ia mengayuh perahunya dengan cepat karena tidak ingin terlambat. Ketika sampai di sana, pesta sudah selesai. Hati Pak Lebai sangat sedih karena Pak Lebai juga tidak mendapat kepala kerbau dan kue-kue. Pak Lebai duduk lemas dalam perahunya karena tidak mendapat apa pun. Dia tidak dapat berbuat apa-apa karena kedua pesta itu tidak dapat dihadirinya.

Interpretasi : Hikmah yang dapat diambil adalah bahwa manusia tidak boleh serakah dalam menjalani hidup ini.


Untuk mengetahui pemahamanmu tentang isi teks eksemplum Pak Lebai di atas, jawablah pertanyaan dengan jelas dan singkat!


   Siapakah tokoh utama dan tokoh pendamping dalam teks di atas? Tokoh utama : Pak Lebai, tokoh pendamping :

  1. Apa pekerjaan Pak Lebai dan di mana dia tinggal? Pak Lebai bekerja sebagai Guru Agama dan tinggal di di sebuah desa di Sumatra Barat.

  2. Berapa undangan yang diterima Pak Lebai pada hari itu? Siapa pengirim undangan tersebut? Ada dua undangan pada hari itu yaitu undangan dari dua orang kaya di desa tersebut.

  3.Apakah Pak Lebai mengenal kedua orang yang mengirim undangan itu? Pak Lebai mengenal pengundang dari hilir sungai, sedangkan pengundang dari hulu sungai beliau belum kenal.

 4.  Apa yang dilakukan Pak Lebai agar dapat menghadiri kedua undangan tersebut? Pak Lebai pergi ke hulu sungai lebih cepat dari tetangganya.

 5.  Apakah yang diperoleh Pak Lebai setelah memenuhi kedua undangan itu? Karena pesta di hulu sungai belum dimulai beliau tidak mendapat apa-apa. Pak Lebai segera pergi ke hilir sungai, karena acaranya sudah selesai Pak Lebai juga tidak mendapatkan apa-apa.

  6. Bagaimana perasaan Pak Lebai setelah mengahadiri undangan tersebut? Pak Lebai sangat menyesal karena tidak mendapat apa pun. Dia tidak dapat berbuat apa-apa karena kedua pesta itu tidak dapat dihadirinya.


Ide pokok yang terdapat pada tiap paragraf teks cerita “Pak Lebai” antara lain sebagai berikut.


No. Paragraf Ide Pokok

1. Paragraf 1 Pak Lebai adalah seorang guru agama

2. Paragraf 2 Pesta tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan

3. Paragraf 3 Pak Lebai berpikir keras untuk mendapatkan semuanya

4. Paragraf 4 Pak Lebai pun memutuskan untuk segera pergi menuju desa hilir sungai.

5. Paragraf 5 Manusia tidak boleh serakah dalam menjalani hidup ini.



6. Tugas 1 halaman 23 kelas 9 bahasa indonesia


Jawaban:

1. Pernyataan umum teks Kelelawar menggunakan pola deskripsi, sementara teks Rantai Makanan di Antartika menggunakan pola spasial.

2. Pendeskripsikan kedua teks tersebut terutama berbeda dari obyek yang dideskripsikan. Teks Kelelawar lebih berpaku pada ciri-ciri dan jenis kelelawar, sementara teks Rantai Makanan di Antartika lebih menjabarkan obyek pengisi rantai makanan itu sndiri.

3. Primer (artinya utama), sekunder (artinya kedua atau tingkat dua), dan predator (artinya pemangsa).

4. Di dekat rumahku terdapat sebuah selokan. Selokan tersebut cukup kecil, lebarnya hanya sekitar 30 cm. Tadi pagi, aku dan kakak membersihkan selokan tersebut karena sempat terlihat kotor.

Kini, selokan tersebut tampak bersih dan beberapa ikan mulai berenang melintasi selokan tersebut.

Penjelasan:

maaf kalo salah


7. tugas bahasa indonesia kelas 9 semester 2​


Jawaban:

endang kusumuwanti

Penjelasan:


8. Tugas bahasa indonesia hal 11 revisi 2018 kelas 9


Jawaban:Coli

Penjelasan:

Banyak² coli pake hand and body babi, biar sehat dan kuat, biar otaknya encer kayak es batu


9. Jawaban tugas bahasa Indonesia kelas 9 halaman 123-124


Jawaban tugas bahasa Indonesia kelas 9 halaman 123-124 adalah menelaah teks eskposisi. Tujuan dari tugas ini adalah untuk membandingkan antara teks eksposisi dan teks diskusi. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaannya, siswa diharapkan dapat memahami bahwa teks diskusi bertujuan meyakinkan pembacanya, seperti halnya teks eksposisi.

Pembahasan

Pertanyaan pada halaman 123-124 kelas 9 adalah

1. Apa pendapat penulis terhadap topik ini?

Pendapat penulis terhadap topik ini adalah "Anak-anak hampir di seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, kini semakin gemuk dan semakin diperburuk dengan gaya hidup yang tidak sehat."

2. Apa kata atau frasa yang digunakan penulis untuk mengatakan pandangannya?

Frasa yang digunakan untuk mengatakan pandangannya adalah bermain olahraga.

3. Teks eksposisi di atas belum memiliki judul. Judul apa kira-kira yang paling sesuai?

Judul yang kira-kira paling sesuai dengan teks eksposisi di atas adalah

Cara Mengatasi Kegemukan pada Anak-AnakPermainan Olahraga dapat Mengatasi Kegemukan pada Anak-Anak

4. Pada bagian pendahuluan, penulis menggunakan kata ’kita’. Mengapa penulis melakukan ini?

Penulis menggunakan kata 'kita' karena topik yang diangkat pada teks tersebut adalah permasalahan yang dihadapi banyak orang, termasuk sang penulis.

5. Bagaimana penulis menyusun gagasannya dan alasannya?

Penulis menyusun gagasan dan alasannya dengan satu sudut pandang saja.

6. Eksposisi menggunakan kata emotif agar memberi dampak bagi pembaca. Beberapa kata emotif yang digunakan dalam teks di atas adalah menyenangkan, pertemanan, kerja sama. Coba temukan kata emotif lainnya yang ada dalam teks.

DiperburukBersyukurBelajarBosan

7. Eksposisi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca (persuasi) agar setuju dengan pandangan penulis. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks adalah sangat baik, memerlukan, harus. Coba temukan kata lainnya.

Sudah menunjukkanMenyedihkan

8. Eksposisi menggunakan kata-kata tertentu yang menghubungkan gagasan dalam paragraf dan menghubungkan antarparagraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah juga, selain itu, dan. Temukan kata lainnnya.

LaluSelain itu

9. Eksposisi menggunakan kata-kata topik dalam keseluruhan teks. Kata-kata topik ini berkaitan dengan judul atau inti persoalan. Dalam teks ini dapat berupa kata-kata tentang anak-anak dan olahraga. Dapatkah kamu temukan beberapa contoh kata-kata topik ini dalam teks?

PermainanGaya hidup

10. Apa tujuan simpulan dalam eksposisi?

Tujuan simpulan dalam teks eksposisi adalah merumuskan kembali topik yang dibicarakan secara ringkas.

11. Apa alasan dalam isi eksposisi yang dirujuk dalam simpulan?

Alasan dalam isi eksposisi yang dirujuk dalam simpulan adalah semua anak sebaiknya harus bermain olahraga.

Pelajari lebih lanjut

Jawaban bahasa Indonesia kelas 9 halaman 126-127 dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/26431040

Tujuan pendahuluan pada teks diskusi dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/18451082

Contoh teks diskusi dengan tema antitawuran dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/13984859

---------------------------------------

Detil jawaban

Kelas: IX

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Menyajikan Teks Diskusi

Kode: 9.1.5


10. Terjermahkan tugas bahasa inggris kebahasa indonesia halaman 4 kelas 9


Jawaban:

Tak Cukup Maklumat Sepatutnya taruklah Gambar Kat sini

maaf ye


11. Jawaban tugas bahasa indonesia kelas 9 halaman 25​


Pernyataan Umum : Bunga yang sering kita jumpai seperti bunga hias, memiliki bagian-bagian yang memiliki perannya tersendiri. Pernyataan Umum : Smarthphone sebagai teknologi canggih sekarang dilengkapi dengan fitur-fitur yang bagus. Pernyataan Umum : Pada ekosistem sawah terdapat organisme-organisme yang mendukung terbentuknya suatu ekosistem.Pernyataan Umum  pembahasanPERNYATAAN UMUM

Pernyataan Umum atau kalimat deklaratif berisi pernyataan bersifat umum dan dapat dijelaskan dengan lebih rinci.

_______________________________

Pernyataan Umum : Bunga yang sering kita jumpai seperti bunga hias, memiliki bagian-bagian yang memiliki perannya tersendiri.

Tangkai induk bunga, tangkai bunga, dasar bungan daun pelindung, daun tangkai, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari dan putik.

_______________________________

Pernyataan Umum : Smarthphone sebagai teknologi canggih sekarang dilengkapi dengan fitur-fitur yang bagus.

Mikrofon, speaker, keypad, layar tayang, baterai, codec, digital signal processor, GSM, SIM, radio frekuensi, konektir luar, antena, memori internal, dan SD card.

_______________________________

Pernyataan Umum : Pada ekosistem sawah terdapat organisme-organisme yang mendukung terbentuknya suatu ekosistem.

Padi, belalang, katak, kadal, burung gelatik, tikus ular dan elang.

_______________________________

Detail Jawaban:

Mapel : Bahasa Indonesia

Kelas : 8 (VIII) SMP

Materi : Sastra

Kode Kategorisasi : 8.1.1

Kata kunci : Pernyataan Umum

#TingkatkanPrestasimu


12. tugas bahasa Indonesia halaman 15 kelas 9


Berikut catatan informasi dari laporan tentang Rantai Makanan di Antartika;

Kehidupan di Antartika.Rantai makanan di Antartika Produsen Primer di Antartika.Konsumen Primer di Antartika.Penjelasan Krill.Kemiripan Rebon.Jaringan Makanan.
Pembahasan

Informasi merupakan catatan, keterangan, penjelasan, penjelasan, hingga pengertian yang memiliki makna, arti, dan pesan baik secara lisan maupun tulisan. Informasi dapat didapat setelah membaca maupun mendengarkan suatu kalimat, paragraf, hingga teks.

Teks laporan merupakan teks yang isinya merupakan penjelasan dan penjabaran mengenai objek yang telah diteliti, diamati, hingga di observasi. Teks laporan merupakan salah satu jenis teks non fiksi karena memuat fakta dan informasi yang nyata. Teks laporan ditulis dengan tujuan memberi informasi dan pemahaman kepada para pembaca.

Cara menyimpulkan informasi dari teks laporan

Baca dan cermati seluruh kalimat dan paragraf pada teks.Catat dan cari kalimat utama, ide pokok, serta kata kunci dari setiap paragraf.Catat hal hal penting dari teks.Susun hal yang telah dicatat tersebut dan ringkas menjadi simpulan.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pembahasan dan jawaban dengan soal yang sama https://brainly.co.id/tugas/16487781Materi tentang menyimpulkan informasi laporan percobaan https://brainly.co.id/tugas/16349129Materi tentang teks laporan https://brainly.co.id/tugas/23526157

Detail jawaban

Kelas: VII

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 4 - Laporan

Kode: 7.1.4


#AyoBelajar #SPJ2


13. tugas bahasa Indonesia kelas 9 tentang kegiatan 5​


Jawaban:

Tugas bahasa indonesia kelas 9 tentang kegiatan 5 hal: 77-78


14. tugas bahasa indonesia halaman 130 kelas 9​


Jawaban:

1. Membayar pajak itu wajib

2. Tujuan pendahuluan dalam teks diskusi adalah untuk membatasi topik dengan penyataan di awal teks dengan mengemukakan sudut pandang yang berbeda.

3. Belum. Karena masih ada beberapa kata yang harus dihilangkan. seperti kata "sangat", kata tersebut dihilangkan karena termasuk pemborosan kata. seharusnya kesadaran rakyat Indonesia membayar pajak masih rendah.

Kata "selama" seharusnya dihilangkan. Karena termasuk pemborosan kata juga. karena sesudah kata "selama" ada lima tahun terakhir yang menunjukkan bahwa 5 tahun terkahir sudah mewakili kata "selama". jadi tidak perlu ditambahkan kata tersebut

4. Menyusun teks diskusi:

a. Menentukan isu

cari sebuah masalah/hal yg menarik untuk diperbincangkan.

b. Tuliskan pendapat yang mendukung dan menentang

teks yang dibuat harus berisi pendapat yg setuju dan tidak setuju dengan masalah yg sedang didiskusikan.

c. Buat simpulan/saran

di bagian akhir uraian,tulislah simpulan berdasarkan pendapat-pendapat yang dikumpulkan/memasukkan opinimu pada bagian ini.

5. Sebuah teks dapat beralih dari sudut pandang pro ke sudut pandang kontra dengan cara mengonfrontasikan perbedaan yang dimiliki oleh kedua sudut pandang. Dengan kata lain, kebaikan atau kelebihan yang dianggap berlaku pada sudut pandang pro dianggap tidak berlaku jika ditinjau dari sudut pandang kontra. Hal ini kemudian dapat dipertegas dengan memberikan contoh-contoh yang mendukung pernyataan dari sudut pandang kontra.

6. Simpulan memang harus berkaitan dengan isi teks yang ingin di simpulkan. Kesimpulan adalah ringkasan isi cerita, inti cerita, dan tujuan yang di ceritakan dalam teks tersebut. Simpulan memuat semua isi cerita yang di persingkat melalui kalimat yang padat dan jelas.

7. Gagasan utama/pokok pikiran karena dengan adanya gagasan utama/pokok pikiran kita dapat mengembangkan suatu cerita.

8. Menurut ku ada 3. Diskusi, meyakinkan, dan setuju. Karena kalimat persuasif itu kalimat yang bersifat mengajak.

9. sebelum sehabis, tatkala, selagi

10. Penulisan kata ejaan dan pungtuasi pada teks tersbeut sudah tepat. Hal ini dapat dibuktikan dengan merujuk pada kamus besar bahasa indonesia. Jika merujuk pada kamus, berikut makna kedua istilah.

a. Pungtuasi: Tanda grafis yang digunakan secara konvensional untuk memisahkan pelbagai bagian dari satuan bahasa tertulis; tanda baca

b. Ejaan: Kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca.

11. Sudah, karena topik nya sedang hangat dan banyak dibicarakan tambah pendahuluan yang mengarahkan pembaca agar dapat memahami isu tersebut.dengan begitu pembaca akan berlomba memikirkan solusi untuk isu tersebut.

12. a. Penerimaan negara : Sejumlah uang atau barang yang diterima oleh pemerintah suatu negara baik yang berasal dari pajak maupun bukan pajak, seperti retribusi, imbal hasil, dan lain sebagainya.

b. Wajib pajak adalah orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan usaha di wilayah suatu negara dan dengan demikian dikenai kewajiban untuk membayar pajak.

c. Patuh pajak adaah orang dan badan usaha yang melakukan kegiatan usaha di wilayah suatu negara dan rutin membayar pajak seperti yang telah ditetapkan pemerintah negara tersebut sesuai jadwal.

d. Penikmat pajak adalah masyarakat sebuah negara, baik wajib pajak maupun bukan wajib pajak, yang menikmati pembangunan yang dibiayai oleh pajak.

e. Rasio pajak (tax ratio) yaitu perbandingan antara jumlah wajib pajak dengan angkatan kerja di suatu negara.

f. Sumber daya alam adalah seluruh benda yang berasal dari bumi, air, dan udara sebuah negara yang memiliki nilai ekonomis dan dengan demikian dapat diperjualbelikan.

g. Fasilitas umum adalah fasilitas yang dibangun oleh pemerintah daerah maupun pusat di sebuah negara dan ditujukan untuk masyarakat atau layanan umum.

h. Patriot bangsa adalah orang, kelompok, atau badan usaha yang dianggap berjasa bagi sebuah negara dalam kriteria tertentu yang telah ditetapkan sebuah pemerintah negara.

semogamembantu...

maafklosalah:)


15. Tugas bahasa indonesia kelas 9 halaman 13


Jawaban:

Itu adalah sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Tugas Bahasa Indonesia Kelas 9"