Format Analisis Butir Soal Ktsp
format penilaian KTSP untuk SD
1. format penilaian KTSP untuk SD
kehadiran
sikap. yang biasanya ada pada format penilaian ktsp untuk sd
kehadiran sikapa kalo gal salh
2. bagaiman bentuk format rpp ktsp 2006
nih ada di file ....................................................................................
3. Bagaimana langkah-langkah sederhana dalam menganalisis butir soal
Jawaban:
1. Pahami soal dengan baik
2. Perhatikan kata kunci yang ada pada soal
3. Perhatikan apa yang diketahui dan ditanya
4. Jawab sesuai dengan rumus, logika, dan penalaran
5. Pastikan jawaban sesuai dengan pertanyaan. Menjawab tidak boleh tergesa-gesa
6. Apabila soal kurang dimengerti, lewati soal tersebut lalu beralih ke soal selanjutnya
Penjelasan:
Itulahbeberapalangkah/carasederhanadalammenganalisisbutir-butirsoal.
4. Menu format yang digunakan untuk memberikan karakter butir pada paragraf adalah
Jawaban:
titik
Penjelasan:
karena titik menjadi penutup kalimat paragraf
5. Apakah yang dimaksud analisis format dengan sebuah kritik seni
Analisis formal yaitu tahapan kritik karya seni untuk menelusuri suatu karya seni berdasarkan struktur formal atau unsur pembentuknya. Pada tahap ini seorang kritikus harus memahami unsur seni rupa dan prinsip penataan atau penempatannya dalam sebuah karya seni.
6. berikut ini proses ekskresi adalah pengeluaran ? - soal ktsp
Ekskresi sendirinya artinya pembuangan. Dan yang dibuang adalah zat-zat sisa proses metabolisme. Maksudnya adalah zat-zat tak terpakai, seperti racun-racun.
7. ini ya pliss soalnya ktsp
6 bungkus tepung terigu = 6×0,75= 4,5kg
maka seluruh berat belanjaan ibu=
[tex]5 \frac{2}{4} + 4.5 \\ = \frac{22}{4} + \frac{45}{10} \\ = \frac{220 + 180}{40} \\ = \frac{400}{40} \\ = 10kg[/tex]
tepung terigu = 0,75 kg = 3/4 kg
6 tepung terigu = 6 x 3/4 = 18/4 kg
gula = 5 2/4 kg = 22/4 kg
tepung terigu + gula
= 18/4 kg + 22/4 kg
= 40/4 kg
= 10 kg
8. Jelaskan, mengapa analisis butir soal dianggap penting dalam kegiatan pembelajaran khusunya pada tahap penilaian !
Jawaban:
Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal. Peran penting analisis butir soal adalah untuk mengetahui kualitas soal serta dilakukan tindakan lebih lanjut untuk merevisi soal jika terjadi kekurangan
9. soal tuhas tryout tahun lalu smp ktsp
gambar/foto/soal nya mana ya?
Jawaban:
Pertanyaan Tidak Jelas
Penjelasan:
Maaf saya tidak bisa menjawab...
10. Sebagai seoarang guru membuat soal adalah keterampilan yang wajib dimiliki. Memahami bagaimana menganalisis butir soal adalah salah satu hal krusial terkait hal tersebut. Analis butir soal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas butir soal yang telah dibuat. Deskripsikan bagaimana cara Anda mengetahui tingkat kesulitan butir soal dan Daya beda soal tersebut. Lengkapi dengan alasan mengapa Anda patut melakukan kedua hal tersebut
Jawaban:
Daya beda adalah analisis yang mengungkapkan seberapa besar butir tes dapat membedakan antara siswa kelompok tinggi dengan siswa kelompok rendah. Salah satu ciri butir yang baik adalah yang mampu membedakan antara kelompok atas (yang mampu) dan kelompok bawah (kurang mampu). Karena itu butir tes harus diketahui daya bedanya. Siswa yang termasuk kelompok tinggi adalah siswa yang mempunyai rata-rata skor paling baik. Siswa yang termasuk kelompok rendah adalah siswa yang mempunyai rata-rata skor yang rendah. Kelompok siswa yang pandai sering disebut dengan istilah kelompok Upper, dan kelompok siswa yang kurang pandai sering disebut dengan istilah Lower.
Tingkat daya pembeda butir-butir tes dinyatakan dalam skala indeks -1,00 sampai dengan 1,00.
-1,00 0 1,00
Penjelasan:
Indeks -1,00 berarti butir tes terbalik, siswa kurang pandai dalam kelompok Lower dapat menjawab butir tes dengan sempurna, dan kelompok yang paling pandai dalam Upper tidak ada satupun yang mampu menjawab dengan benar.
• Indeks 0,00 berarti butir tes tidak dapat membedakan siswa yang pandai dengan yang kurang pandai. Atau kemampuan kelompok pandai (Upper) sama dengan kemampuan kelompok kurang pandai (Lower).
• Indeks 1,00 berarti butir tes secara sempurna dapat membedakan siswa berdasarkan tingkat kemampuannya.
Adapun rumus yang digunakan untuk menghitung daya pembeda butir tes adalah :
DB = U - L
Nup x skor maks
DB = Daya Beda
U = Kelompok Tinggi
L = Kelompok Rendah
Nup = Jumlah siswa Upper dan Lower
Alasan:
Asumsi yang digunakan untuk memperoleh kualitas soal yang baik, di samping memenuhi validitas dan reliabilitas, adalah adanya keseimbangan dari tingkat kesulitan soal tersebut. Keseimbangan yang dimaksudkan adalah adanya soal-soal yang termasuk mudah, sedang, dan sukar secara proporsional. Tingkat kesukaran soal dipandang dari kesanggupan atau kemampuan siswa dalam menjawabnya, bukan dilihat dari sudut guru sebagai pembuat soal. Persoalan yang penting dalam melakukan analisis tingkat kesukaran soal adalah penentuan proporsi dan kriteria soal yang termasuk mudah, sedang, dan sukar.
Ada beberapa dasar pertimbangan dalam menentukan proporsi jumlah soal kategori mudah, sedang, dan sukar. Pertimbangan pertama adalah adanya keseimbangan, yakni jumlah soal sama untuk ketiga kategori tersebut. Artinya, soal mudah, sedang, dan sukar, jumlahnya seimbang. Misalnya tes objektif pilihan berganda dalam pelajaran matematika disusun sebanyak 60 pertanyaan. Dari ke-60 pertanyaan tersebut, soal kategori mudah sebanyak 20, kategori sedang 20, dan kategori sukar 20. Pertimbangan kedua proporsi jumlah soal untuk ketiga kategori tersebut didasarkan atas kurva normal. Artinya, sebagian soal berada dalam kategori sedang, sebagian lagi termasuk ke dalam kategori mudah dan sukar dengan proporsi yang seimbang.
Perbandingan antara soal mudah-sedang-sukar bisa dibuat 3-4-3, artinya 30 % soal kategori mudah, 40 % kategori sedang, dan 30 % kategori sukar. Perbandingan lain yang termasuk sejenis dengan proporsi di atas misalnya 3-5-2. Artinya, 30 % soal kategori mudah, 50 % kategori sedang, dan 20 % kategori sukar.
SEMOGABERMANFAAT
11. Format analisis karya seni rupa
Penjelasan:
menganalisis,jenis,tema,fungsi,dan nilai estetis karya seni rupa
12. menganalisis butir-butir pancasila ke 4 & 5??? tolong!!!
sila ke 4. SILA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN / PERWAKILANMengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan.Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil musyawarah.Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan.sila ke 5. SILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIAMengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong.Bersikap adil.Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.Menghormati hak-hak orang lain.Suka memberi pertolongan kepada orang lain.Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain.Tidak bersifat boros.Tidak bergaya hidup mewah.Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.Suka bekerja keras.Menghargai hasil karya orang lain.Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.
13. mengapa teknik analisis butir soal secara manual sering dilakukan
Jawaban:
Dengan melakukan analisis butir soal dapat diperoleh banyak informasi yang bermanfaat, baik untuk guru, siswa maupun proses pembelajaran itu sendiri. Menganalisis butir soal dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas butir soal tersebut.
Mengapa Analisis Butir Soal Penting?
Dengan melakukan analisis butir soal dapat diperoleh banyak informasi yang bermanfaat, baik untuk guru, siswa maupun proses pembelajaran itu sendiri. Menganalisis butir soal dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas butir soal tersebut. Menurut Nitko (1983), analisis butir soal menggambarkan suatu proses pengambilan data dan penggunaan informasi tentang butir-butir soal, terutama informasi tentang respon siswa terhadap setiap butir soal. Lebih lanjut penggunaan analisis butir soal adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui apakah butir-butir soal yang disusun sudah berfungsi sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh penyusun soal. Untuk itu perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
Apakah soal-soal yang disusun sudah sesuai untuk mengukur perubahan tingkah laku seperti telah dirumuskan dalam tujuan pembelajaran khusus?
Apakah tingkat kesukaran soal sudah diperhitungkan?Apakah soal tersebut sudah mampu membedakan antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai?Apakah kunci soal sudah sesuai dengan maksud soal?Jika digunakan tes pilihan ganda, apakah pengecoh (distractor) yang dipilih sudah berfungsi dengan baik?Apakah soal tersebut masih dapat ditafsirkan ganda atau tidak?2. Sebagai umpan balik bagi siswa untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menguasai suatu materi.
3. Sebagai umpan balik bagi guru untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam memahami suatu materi.
4. Sebagai acuan untuk merevisi soal.
5. Untuk memperbaiki (meningkatkan) kemampuan guru dalam menulis soal.
14. berikut ini proses ekskresi adalah pengeluaran ? - soal ktsp
Ekskresi adalah pembuangan sisa makanan yang tidak bisa diolah/ampas makanan. Ampas ini keluar lewat anus, dan kebanyakan berbentuk padat.
Trims, Semoga membantu
proses eksresi adalah proses pembuangan/pengeluaran sisa metabolisme dan benda tidak berguna lainnya.
15. berikan analisis swot terkait persamaan kurikulum KTSP dan kurikulum 2013
Kelebihan Kurikulum 2006 (KTSP)
1) Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu bentuk kegagalan pelaksanaan kurikulum dimasa lalu adalah adanya penyeragaman kurikulum di seluruh Indonesia, tidak melihat kepada situasi riil di lapangan, dan kurang menghargai potensi keunggulan lokal.
2) Mendorong para guru, kepala sekolah, dan pihak manajemen sekolah untuk semakin meningkatkan kreativitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan.
3) KTSP sangat memungkinkan bagisetiap sekolah untuk menitikberatkan dan mengembangkan mata pelajaran tertentu yang dianggap paling dibutuhkan siswanya. Sebagai contoh daerah kawasan wisata dapat mengembangkan kepariwisataan dan bahasa inggris, sebagai keterampilan hidup.
4) KTSP akan mengurangi beban belajar siswa yang sangat padat. Karena beban belajar yang berat dapat mempengaruhi perkembangan jiwa anak.
5) KTSP memberikan peluang yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan.
6) Guru sebagai pengajar, pembimbing, pelatih, dan pengembang kurikulum.
pengetahuan (kompetensi 4).
Kelebihan Kurikulum 2013Lebih menekankan pada pendidikan karakter. Selain kreatif dan inovatif, pendidikan karakter juga penting yang nantinya terintegrasi menjadi satu. Misalnya, pendidikan budi pekerti luhur dan karakter harus diintegrasikan kesemua program studi.Asumsi dari kurikulum 2013 adalah tidak ada perbedaan antara anak desa atau kota. Seringkali anak di desa cenderung tidak diberi kesempatan untuk memaksimalkan potensi mereka.Merangsang pendidikan siswa dari awal, misalnya melalui jenjang pendidikan anak usia dini.Kesiapan terletak pada guru. Guru juga harus terus dipacu kemampuannya melalui pelatihan-pelatihan dan pendidikan calon guru untuk meningkatkan kecak
Posting Komentar untuk "Format Analisis Butir Soal Ktsp"