Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rpp Ikatan Kimia Kurikulum 2013 Pdf


Rpp Ikatan Kimia Kurikulum 2013 Pdf

contoh RPP Kelas 8 kurikulum 2013

1. contoh RPP Kelas 8 kurikulum 2013


rpp apa an sih tu maksud nya buku

2. saya mau minta RPP fisika smk kurikulum 2013


langsung saja minta tentang rppfisika sk kurikulum 2013


..................................????

3. RPP KURIKULUM 2013 TENTANG DAYA HANTAR LISTRIK LARUTAN


Berdasarkan sifat daya hantar listriknya,larutan dibedakan menjadi "larutan elektrolit" dan "larutan nonelektrolit".Untuk mengetahui apakah suatu larutan termasuk larutan nonelektrolit atau elektrolit,digunakan alat yang disebut alat uji elektrolit.Untuk membuat sendiri alat uji elektrolit,dapat digunakan batang karbon yang terdapat pada bagian dalam batu baterai baru.Sebagai sumber arusnya.

4. pdf bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013bantu saya​


Jawaban:

soallnya mana yaaa???


5. Kimia X IPS Semester II Kurikulum 2013​


Jawaban:

A. 1 dan 2

Penjelasan:

semoga membantu :)

Jawaban:

A. 1 dan 2

Penjelasan:

Larutan 1 tergolong elektrolit karena ditandai dengan lampu yang menyala dan terdapat gelembung, sedangkan larutan 2 tergolong nonelektrolit karena ditandai dengan lampu yang tidak menyala dan tidak terdapat gelembung


6. buat rpp kurikulum 2013 kelas 1 tema diriku sub tema aku dan teman baru


-Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
-Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
-Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
-.Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

7. Apa Saja Materi Kimia Kelas XI Kurikulum 2013?


1. senyawa hidrokarbon
2. minyak bumi
3. reaksi eksoterm dan endoterm
4. teori tumbukan atau laju reaksi
5. keseimbangan kimia

8. rpp kurikulum 2013 kelas XI KD 3.1 dan 3.4 biologi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

                                                    

Sekolah                           : -

Mata Pelajaran                : Biologi

Kelas / Semester            : XI MIA /  Ganjil (1) ( KD 3.1 dan 4.1

Materi Pokok                  : Sel

Alokasi Waktu                 : 4 x 2 JP

 

A.Kompetensi Inti           : 

1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli

    (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan proaktif dan menunjukan  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat

    dan minatnya untuk memecahkan masalah

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari  yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

 B. Kompetensi Dasar dan Indikator        :

1.1 Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan 

    mengamati bioproses.

2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin,

   tanggung jawab, dan  peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan   

   santun dalam mengajukan pertanyaan  dan berargumentasi, peduli

   lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai,  berpendapat

   secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap

   tindakan   dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam

   kelas/laboratorium maupun di  luar kelas/laboratorium.

3.1 Memahami  tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang   ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.1      Mengidentifikasi komponen kimiawi penyusun sel sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.2     Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.3     Mengidentifikasi ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh struktur sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.4     Menjelaskan  ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh struktur sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.5     Mengidentifikasi ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh fungsi sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.6     Menjelaskan  ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh fungsi sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.7     Mengidentifikasi ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.8     Menjelaskan ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan

4.1 Menyajikan model/charta/gambar/ yang merepresentasikan pemahamannya tentang struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

4.1.1      menyalin contoh gambar sel sebagai unit terkecil kehidupan

4.1.2     membuat gambar sel sebagai unit terkecil kehidupan

4.1.3     Menyajikan gambar sel sebagai unit terkecil kehidupan



9. pelajaran kimia kelas 10 kurikulum 2013 tentang atom


merupakan suatu elemen 2 yg dibentuk olehbeberapa mana molekoul

10. rpp bahasa inggris peminatan sma kelas xi kurikulum 2013 materi conditional clause


Materi Pokok Three types of conditional sentences•Type I: Real ConditionalExample: The Dog will bite you if you disturb it.•Type II: Present Unreal ConditionalExample: If I had money, I would buy the shoes.Fact: I don’t have money, so I don’t buy the shoes.•Type III: Past Unreal ConditionalExample: They would have been there on time if they had caught the earlier  busIf – simple present, present future tenseIf – simple past, past future tenseIf – past perfect, past future perfect

11. soal kimia, kelas XI, kurikulum 2013​


Jawaban:

C. 1 dan 4

Maaf kalau salah

Penjelasan:

Alifatik = rantai terbuka

Jenuh : ikatan tunggal ( alkana)

Contoh rantai nya : Lurus

Tak jenuh : ikatan rangkap

Contoh rantai nya

Alkena ( rangkap) LurusBercabang

2. Alkuna ( rangkap tiga )

Lurus Bercabang

Siklik = rantai tertutup

HeterosiklikHomosiklik Aromatik ( melingkar selang seling tunggal dan rangkap ) Alisiklik ( melingkar )

Semoga membantu ^_^


12. apa saja materi kimia kelas IX kurikulum 2013?


larutan asam dan basa ,kertas lakmus ,bahan kimia sintesis dan alami , dan bahan kimia detergen
1.senyawa hidrokarbon
2.minyak bumi
3.termokimia
4.laju reaksi
5.kesetimbangan kimia

13. Apa materi kimia kelas XI SMA kurikulum 2013?


Senyawa hidrokarbon (Identifikasi atom C,H dan O)
Kekhasan atom karbon.
Atom C primer, sekunder , tertier, dan kuarterner. · 
Struktur Alkana, alkena dan alkuna ·




MATERI KIMIA KELAS XI
BAB I Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur, dan Ikatan Kimia
BAB II Termokimia
BAB III Laju Reaksi
BAB IV Kesetimbangan Kimia
BAB V Larutan Asam Basa
BAB VI Larutan Penyangga
BAB VII Hidrolisis Garam
BAB VIII Kelarutan Garam Sukar Larut

14. jawaban buku kimia kelas10 hal 22 kurikulum 2013​


Pernyataan yang tepat tentang bahan kimia adalah: C. Penyedap makanan adalah bahan kimia yang tidak diperlukan tubuh.Bidang yang tidak dipelajari dalam ilmu kimia adalah: E. Pertumbuhan dan perkembangbiakan.Contoh peranan ilmu kimia dalam bidang pertanian: D. Penelitian komposisi tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman tertentu.Ilmu kimia merupakan pengetahuan yang mengandung tiga komponen, yakni: B. Produk ilmiah, proses ilmiah, dan sikap ilmiah.Sikap ilmiah yang tidak dituntut dalam mempelajari ilmu kimia adalah: C. Mempertahankan pendapat walaupun tidak sesuai dengan fakta yang didapat.Pernyataan tentang metode ilmiah yang tidak tepat, yakni: B. Perumusan masalah merupakan hasil observasi dari gejala yang terjadi secara berulang.Pembahasan

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jawaban di atas:

1. Bahan kimia dapat kita temukan di sekeliling kita. Bahkan tubuh kita juga terbentuk dari bahan-bahan kimia, sehingga tidak semua bahan kimia itu berbahaya. Namun, penyedap rasa tidak mengandung zat gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembangnya tubuh, sehingga opsi C benar.

2. Pertumbuhan dan perkembangbiakan tidak dipelajari di kimia, melainkan biologi. Sehingga opsi E benar.

3. Peranan ilmu kimia dalam bidang pertanian identik dengan penelitian komposisi dan unsur hara tanah yang merupakan salah satu kajian dalam kimia lingkungan, kimia tanah, dan biokimia. Sehingga opsi D benar.

4. Kimia mengandung tiga komponen, yakni produk ilmiah, sikap ilmiah, dan proses ilmiah. Sehingga opsi B benar.

5. Sikap kimia yang diharapkan adalah mau menerima kesalahan teori dan hipotesis setelah menemukan fakta di lapangan berbanding terbalik. Sehingga, opsi C benar.

6. Perumusan masalah merupakan hal yang ingin dicari jawabannya melalui eksperimen kimia. Sehingga, opsi B benar.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian ilmu kimia https://brainly.co.id/tugas/2965476Materi tentang hakikat ilmu kimia https://brainly.co.id/tugas/424783Materi tentang ilmu kimia mempelajari zat kimia https://brainly.co.id/tugas/3095369

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Kimia

Bab : Pendahuluan Ilmu Kimia

Kode: 10.7.1

#AyoBelajar #SPJ2


15. Buatlah rpp untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 dari suatu tema atau sub tema pembelajaran


menggunakan pendekatan saintifik. model pembelajaran inkuiri terbimbing

Penjelasan:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Materi Pokok : Biologi

Kelas/semester : XI / 2

Materi Pokok : Sistem Regulasi Manusia

Sub Materi : Struktur dan fungsi dari bagian-bagian alat indera

Alokasi waktu : 2 x 30 Menit

KOMPETENSI INTI

Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.

KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan).

INDIKATOR

Menyebutkan daerah pengecapan rasa pada lidah

Menyebutkan bagian yang menyusun indra pembau.

Menghubungkan fungsi indra pembau dengan indra pengecap

Membuat kesimpulan hasil praktikum

TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat menyebutkan daerah pengecapan rasa pada lidah setelah berdiskusi dengan teman kelompoknya

Siswa dapat menyebutkan bagian yang menyusun indra pembau setelah berdiskusi dengan teman kelompoknya

Siswa dapat menghubungkan fungsi indra pembau dengan indra pengecap setelah melakukan praktikum indra pembau dan pengecap.

Siswa dapat membuat kesimpulan setelah melakukan praktikum indera pembau dan pengecap.

MATERI POKOK

Daerah pengecapan macam-macam rasa pada lidah manusia:

Rasa pahit : bagian pangkal lidah

Rasa asam : bagian pinggir lidah

Rasa manis : bagian ujung depan lidah

Rasa asin : bagian ujung lidah samping

Struktur indera pembau terdiri dari sel penyokong yang berupa sel epitel dan sel pembau yang berupa neuron sebagai reseptor.

Reseptor pembau dan pengecap saling berhubungan dan bekerja sama. Indra pembau atau pencium menerima stimulus berupa gas, sedangkan indra pengecap menerima stimulus berupa cairan.

METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN

Metode : Praktikum, diskusi, tanya jawab

Model Pembelajaran : Inkuiri

Pendekatan : Saintifik


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Rpp Ikatan Kimia Kurikulum 2013 Pdf"