Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2


Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2

rangkuman materi bahasa Indonesia kelas 8 semester 1​

1. rangkuman materi bahasa Indonesia kelas 8 semester 1​


Materi Bahasa Indonesia kelas VIII terdiri dari 9 bab pelajaran, yang terdiri dari 4 bab di semester 1 dan 4 bab di semester 2. Sedangkan bab ke-9 merupakan pendalaman literasi mengenai buku fiksi dan nonfiksi. Materi yang dipelajari pada semester 1 adalah teks berita, iklan, teks eksposisi, dan puisi. Sedangkan materi yang dipelajari pada semester 2 adalah teks eksplanasi, teks ulasan, teks persuasif, dan drama.

Pembahasan

Materi Bahasa Indonesia kelas VIII semester 1 adalah

1. Teks Berita

Unsur-unsur berita: Adiksima.Struktur berita: Judul, kepala berita, isi berita, ekor berita.Kaidah-kaidah kebahasaan

Conto berita dengan unsur-unsur berita dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/30394228

2. Iklan

Pengertian dan fungsi iklan, slogan, dan posterUnsur-unsur iklan, slogan, dan poster.Unsur-unsur pembentuk iklan.Pola-pola penyajian iklan.Struktur teks iklan.Kaidah kebahasaan teks iklan.

Fungsi iklan dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/11565081

3. Teks eksposisi

Unsur-unsur teks eksposisi: gagasan dan fakta.Pola pengembangan teks eskposisi.Gagasan umum dan gagasan khusus.Jenis-jenis paragraf berdasarkan gagasan umumnya.Struktur teks eksposisi.Kaidah kebahasaan teks eskposisi.Menyajikan teks eksposisi.

Contoh teks eksposisi beserta kerangka karangan dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/12139674

4. Puisi

Pengertian puisi.Unsur-unsur puisi.Jenis-jenis puisi.Unsur-unsur pembangun puisi.

jenis-jenis puisi dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/18963502

Pelajari lebih lanjut

Kegiatan 4.5 kelas VIII pada https://brainly.co.id/tugas/24910244

Struktur teks eksposisi pada https://brainly.co.id/tugas/285875

Unsur-unsur pembentuk iklan pada https://brainly.co.id/tugas/12337897

----------------------------------

Detail Jawaban

Kelas: VIII

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Materi Semester 1

Kode: 8.1.-

#AyoBelajar


2. rangkuman materi matematika kelas 8 bab 9 semester 2​


Jawaban:

Diagram batang,lingakaran,garis,persamaan garis maaaf kalau salah


3. rangkuman materi pkn bab 2 kelas 9 semester 1​


Rangkuman materi PPKn bab 2 berkaitan dengan “Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”. Pembukaan UUD 1945 terdiri dari empat alinea yang masing-masing mengandung makna tersendiri.

Pembahasan

Pembukaan UUD 1945 merupakan perwujudan dari tekad bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan nasional. Adapun makna pembukaan UUD 1945 yaitu:

Sebagai sumber motivasi dan aspirasi dari perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kehidupan yang merdeka.Sebagai sumber cita-cita, tujuan, visi dan misi bangsa dalam lingkup nasional dan internasional.Mengandung nilai universal yang dijunjung tinggi oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia.Mengandung nilai lestari yang mampu menampung dinamika masyarakat.

Berikut makna setiap alinea dalam Pembukaan UUD 1945:

Alinea 1. Menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak bagi semua bangsa, dan penjajahan merupakan tindakan yang tidak berperikemanusiaan dan perikeadilan.Alinea 2. Menunjukkan adanya ketepatan dan ketajaman dalam penilaian bangsa Indonesia bahwa kemerdekaan adalah cita-cita bangsa yang harus diperjuangkan.Alinea 3. Menyatakan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini menjadi perwujudan motivasi spiritual terhadap keyakinan bangsa Indonesia pada Tuhan Yang Maha Esa.Alinea 4. Mengandung prinsip-prinsip negara Indonesia yang meliputi tujuan negara, ketentuan undang-undang, bentuk negara, serta dasar negara Pancasila.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pembukaan UUD 1945 sebagai kaidah negara yang fundamental https://brainly.co.id/tugas/47372965Materi tentang isi Pembukaan UUD 1945 alinea 1 – 4 https://brainly.co.id/tugas/755652Materi tentang Pembukaan UUD 1945 sebagai dasar hukum demokrasi Pancasila https://brainly.co.id/tugas/45868737

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: PPKn

Bab: Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Kode: 9.9.2

#TingkatkanPrestasimu


4. Rangkuman bab 8 Kelas 7 Bahasa Indonesia semester 2. Jawab pliss.​


Jawaban:Secara garis besar, buku dikelompokkan menjadi dua:

Buku fiksi

Buku fiksi berisi karangan berdasarkan imajinasi penulis.

Tujuan penulisannya adalah menghibur pembaca, menambah kreativitas, membantu mengisi waktu luang, dan masih banyak lagi.

Unsur buku fiksi:  

Bagian cover buku

Rincian subbab buku

Judul subbab

Tokok dan penokohan

Tema cerita

Bahasa yang digunakan

Penyajian alur cerita

Buku nonfiksi

Buku nonfiksi berisi karangan berdasarkan kisah nyata atau ilmu pengetahuan.

Tujuan penulisannya adalah memberikan pelajaran, menambah wawasan, mengajak belajar dari pengalaman orang lain, dan masih banyak lagi.

Unsur buku nonfiksi:

Bagian cover buku

Judul subbab buku

Rincian subbab

Isi buku

Cara menyajikan isi buku

Bahasa yang digunakan

Sistematika

Untuk mengomentari isi buku, kita harus membaca keseluruhan isi buku dahulu.

Format data buku dalam memberi komentar:

Judul

Penulis

Editor

Desainer layout

Desainer sampul

Penerbit

ISBN

Tahun terbit

Gambar sampul

Jumlah halaman isi

Lebar

Tinggi

Rangkuman buku adalah hasil penggabungan semua gagasan pokok tiap subbab suatu buku yang pendek tanpa mengubah gagasan pokok

Penjelasan:


5. rangkuman materi pkn bab 1 kelas 9 semester 1​


Materi Pembelajaran PPKn Kelas 9 Bab 1

"Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa | Penerapan Pancasila dari Masa ke  Masa"

Yang pertama, yaitu masa Awal Kemerdekaan Tahun 1945-1959. Pada awal kemerdekaan ini, penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup menghadapi berbagai masalah. Ada upaya-upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dan penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila, sebagai berikut.

Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun pada tanggal 18 September 1948. Pemberontakan ini dipimpin oleh Muso. Tujuan utamanya adalah mendirikan Negara Soviet Indonesia yang berideologi komunis.

Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia dipimpin oleh Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo. Pemberontakan ini ditandai dengan didirikannya Negara Islam Indonesia (NII) oleh Kartosuwiryo pada tanggal 7 Agustus 1949. Tujuan utama didirikannya NII adalah untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan syari’at Islam. Tetapi, gerakannya bertentangan dengan ajaran Islam sebenarnya.

Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS). Republik Maluku Selatan (RMS) merupakan sebuah gerakan separatisme dipimpin oleh Christian Robert Steven Soumokil, bertujuan untuk membentuk negara sendiri, yang didirikan tanggal 25 April 1950.

Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) atau Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta) yang dipimpin oleh Sjarifuddin Prawiranegara dan Ventje Sumual tahun 1957-1958 di Sumatra dan Sulawesi. Gerakan ini merupakan bentuk koreksi untuk pemerintahan pusat pada waktu itu yang dipimpin oleh Presiden Soekarno. Soekarno pada saat itu sudah tidak bisa lagi diberikan nasihat dalam menjalankan pemerintahan sehingga terjadi ketimpangan sosial.

APRA (Angkatan Perang Ratu Adil). Angkatan Perang Ratu Adil merupakan milisi yang didirikan oleh Kapten KNIL Raymond Westerling pada tanggal 15 Januari 1949. Westerling memandang dirinya sebagai sang “Ratu Adil” yang diramalkan akan membebaskan Indonesia dari tirani. Gerakan APRA bertujuan untuk mempertahankan bentuk negara federal di Indonesia, serta memiliki tentara sendiri bagi negara-negara RIS. APRA melakukan pemberontakan pada tanggal 23 Januari 1950, dengan melakukan serangan dan menduduki kota Bandung, serta menguasai mar- kas Staf Divisi Siliwangi.

Perubahan bentuk negara dari Republik Indonesia Serikat menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan konstitusi yang berlaku adalah Undang-Undang Dasar Sementara 1950. Dalam perjalanannya berhasil melaksanakan pemilu pertama di Indonesia pada tahun 1955 yang selama itu dianggap paling demokratis. Tetapi anggota Konstituante hasil pemilu tidak dapat menyusun Undang-Undang Dasar seperti yang diharapkan. Hal ini menimbulkan krisis politik, ekonomi, dan keamanan, yang menyebabkan Pemerintah mengeluarkan Dekrit Presiden 1959. Dekrit tersebut dikenal dengan Dekrit 5 Juli 1959 yang berisi: membubarkan Badan Konstituante; Undang-Undang Dasar Tahun 1945 berlaku kembali dan Undang-Undang Dasar Sementara Tahun 1950 tidak berlaku; serta segera akan dibentuk MPRS dan DPAS. Pada periode ini, dasar negara tetap Pancasila. Akan tetapi, dalam penerapannya lebih diarahkan seperti ideologi liberal yang ternyata tidak menjamin stabilitas pemerintahan.

Yang kedua, Masa Orde Lama (1959-1966).

Periode ini dikenal sebagai periode demokrasi terpimpin. Demokrasi terpimpin merupakan sebuah sistem demokrasi yang seluruh keputusan dan pemikiran dalam pemerintahan negara, berpusat pada pemimpin negara. Pemimpin negara saat itu adalah Presiden Soekarno.

Demokrasi terpimpin dicetuskan oleh Presiden Soekarno karena banyaknya gerakan separatis yang menyebabkan ketidakstabilan negara, tersendatnya pembangunan ekonomi karena sering terjadinya pergantian kabinet sehingga program pembangunan yang dirancang oleh kabinet tidak berjalan secara utuh, serta badan konstituante yang gagal menjalankan tugasnya untuk menyusun UUD. Oleh karena itu, Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden pada tanggal 5 Juli 1959.

Walaupun konstitusi negara sudah kembali pada UUD NRI Tahun 1945, namun pelaksanaannya masih terdapat penyimpangan terhadap UUD NRI Tahun 1945. Beberapa penyimpangan terhadap Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945, di antaranya sebagai berikut.

Presiden Soekarno ditetapkan sebagai Presiden seumur hidup berdasarkan TAP MPRS No. XX/1963, yang menyebabkan kekuasaan presiden semakin besar dan tidak terbatas.

Presiden mengeluarkan penetapan Presiden No. 3/1960 tanggal 5 Maret 1960 yang membubarkan DPR hasil Pemilu 1955.

Presiden membentuk MPRS yang anggota-anggotanya terdiri atas anggota DPR-GR, utusan daerah, dan utusan golongan yang semuanya diangkat serta diberhentikan oleh presiden.

Pada periode ini, terjadi Pemberontakan PKI tanggal 30 September 1965 yang dipimpin oleh D.N Aidit. Tujuan pemberontakan ini adalah menjadikan negara Indonesia sebagai negara komunis yang berkiblat ke negara Uni Soviet serta mengganti Pancasila dengan paham komunis.


6. rangkuman materi bab 1 IPS kelas 9 semester 1​


Penjelasan:

Benua merupakan massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu. Benua tidak hanya sekadar menyangkut aspek fisik tetapi juga aspek budaya.

2. Para ahli menyebutkan pembagian benua menjadi lima, yaitu Benua Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia

3. Setiap benua terbagi menjadi beberapa wilayah yang masing-masing memiliki karakteristik tertentu yang membedakan dengan wilayah lainnya.

4. Setiap benua mengalami dinamika penduduk, terjadi perubahan keadaan penduduk karena faktor kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk.

5. Beberapa pengaruh perubahan dan interaksi yang antarnegara terhadap berbagai aspek kelahiran, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pendidikan.

-SEMOGA MEMBANTU


7. buatkan rangkuman tentang materi Bahasa Indonesia kelas 6 tolong​


Jawaban:

bahasa indonesia itu adalah bahasa nasional yg sering kita pakai pada kehidupan sehari hari


8. rangkuman materi bahasa Jawa kelas 9​


Jawaban:

mana soalnya kakak..........


9. rangkuman materi pjok bab 7 kelas 4 semester 2​


Jawaban:

Berikut materi pembelajaran untuk bidang studi / materi pelajaran PJOK kelas IV semester II (genap) SD/MI selengkapnya:

PELAJARAN 7 MELATIH KEBUGARAN

A. Melatih Daya Tahan dan Kekuatan

B. Melatih Kelentukan

C. Melatih Kecepatan Gerak

Rangkuman

Refleksi

Uji Kompetesi

PELAJARAN 8 SENAM LANTAI

A. Rangkaian Senam

B. Merangkak dan Merayap

Rangkuman

Refleksi

Uji Kompetesi

PELAJARAN 9 SENAM IRAMA

Senam Aktivitas Jasmani (SAJ 2008)

Rangkuman

Refleksi

Uji Kompetesi

PELAJARAN 10 RENANG

A. Renang Gaya Bebas

B. Etika di Kolam Renang

Rangkuman

Refleksi

Uji Kompetesi

PELAJARAN 11 BERKEMAH

A. Kegiatan Berkemah

B. Kegiatan di Perkemahan

C. Menjaga Kesehatan Tubuh di Perkemahan

Rangkuman

Refleksi

Uji Kompetesi

PELAJARAN 12 BUDAYA HIDUP SEHAT

A. Kebersihan Lingkungan

B. Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk

C. Penyakit Unggas

Rangkuman

Refleksi

Uji Kompetesi

Daftar Pustaka

Glosarium


10. rangkuman materi bahasa Inggris dan olah raga kelas 7 semester ganjil. tolong ya buat besok...yang jawab nanti aku foloww deh...


soalnya hampir sama sama kelas kemarin kok :))

11. rangkuman materi kerajinan dan pengolahan makanan semester 2 kelas 11 pkwu​


Jawaban:

Kreativitas dan keterampilan peserta didik dalam menghasilkan produk kerajinan, produk rekayasa, produk budidaya maupun produk pengolahan sudah dilatih melalu Mata Pelajaran Prakarya sejak di Sekolah Menengah Pertama Kelas VII, VIII dan Kelas IX. Peserta didik telah diperkenalkan pada keragaman teknik untuk menghasilkan produk kerajinan, produk rekayasaan, produk budidaya dan produk pengolahan. Teknik yang dilatihkan dapat dimanfaatkan sesuai dengan potensi dan kearifan lokal yang khas daerah di daerah masing-masing. Peserta didik akan dengan kreatif dan terampil mengembangkan potensi khas daerah. Produk-produk tersebut berpotensi memiliki nilai ekonomi melalui wirausaha.

Pada Sekolah Menengah Atas kelas X, XI dan XII pembelajaran Prakarya disinergikan dengan kompetensi Kewirausahaan, yaitu dalam Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Kewirausahaan merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki untuk dapat berperan di masa depan.

Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan bagi peserta didik pada jenjang Pendidikan Menengah Atas Kelas XI harus mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang secara utuh dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menciptakan karya nyata, menciptakan peluang pasar, dan menciptakan kegiatan bernilai ekonomi dari produk dan pasar tersebut. Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah ranah karya nyata, yaitu karya kerajinan, karya teknologi, karya pengolahan, dan karya budidaya dengan contoh-contoh karya konkret berasal dari tema-tema karya populer yang sesuai untuk peserta didik Kelas XI.


12. rangkuman materi IPA kelas 7 semester 2 interaksi makhluk hidup dengan lingkungan​


Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan merupakan contoh gerakan yang terjadi antara manusia,hewan,dan tumbuhan disebuah lingkungan yang disebut alam.

Dengan lingkungan makhluk hidup dapat berinteraksi dengan baik menurut lingkungan yang sehat dan bersih.

SEMOGA MEMBANTU,MAAF KALO SALAH


13. rangkuman bahasa Sunda kelas 8 semester 1​


Rangkuman bahasa Sunda kelas 8 semester 1:

Pelajaran tentang Kawih.Pelajaran tentang Warta.Pelajaran tentang Guguritan.Pelajaran tentang Sisindiran.Pembahasan

Pelajaran tentang kawih. Kawih adalah salah satu sajak bebas yang kemudian dikawihkan atau dilagukan. Sajak bebas ini tidak menurut patokan tertentu seperti dalam guguritan, namun bebas menurut kehendak si penulis kawih.

Pelajaran tentang warta. Warta adalah berita yaitu teks yang memberikan informasi mengenai kejadian tertentu. Warta dibangun dengan unsur 5W 1H yaitu naon (apa), saha (siapa), dimana (dimana), iraha (kapan), kunaon (mengapa), dan kumaha (bagaimana).

Pelajaran tentang guguritan. Guguritan yaitu bentuk sajak yang penulisannya harus sesuai dengan berbagai patokan hitungan suku kata  dan ujung baris yang disebut pupuh 17.

Pelajaran tentang sisindiran.  Sisindiran adalah cara bertutur yang menggunakan metode menyindir. SIsindiran adalah semakna dengan pantun. Sisindiran terdiri atas empat baris, setiap baris terdiri atas 8 suku kata, dua baris pertama disebut cangkang dan dua baris berikutnya disebut isi.

Pelajari lebih lanjut

Tentang sastra Sunda:

https://brainly.co.id/tugas/2214487

#BelajarBersamaBrainly


14. tolong rangkumkan materi ipa kelas 9 semester 1 dengan lengkap dan jelas ​


Penjelasan:

apa perbedaan antara kelelawar dan siput alat gerak saja


15. rangkuman materi seni budaya kelas 9 semester 1 bab 3​


Jawaban

RINGKASAN MATERI SENI BUDAYA KELAS 9 SEMESTER 1 (BAB 3)

BAB 3 : MENGGUBAH LAGU MODERN SECARA UNISONO

A. Lagu Modern Indonesia

Musik modern seringkali diartikan sebagai musik yang berkembang dan populer di kalangan masyarakat luar saat ini.

Alat musik modern yang sering digunakan adalah keyboard, karena memiliki efek suara dan iringan yang beragam.

1. Jenis jenis musik modern yang berkembang di Indonesia

a. Pop

Lagu lagu pop yang berkembang di Indonesia memiliki ciri yaitu penggunaan ritmik yang bebas dengan penggunaan alat musik yang sederhana. Lagu lagu pop mudah dicerna karena tema yang disajikan seputar kehidupan yang terjadi sehari hari.

b. Rock

Ciri dari musik rock adalah digunakannya alat musik yang dominan seperti gitar dan amplifier yang menghasilkan suara yang variatif dan menimbulkan suara yang keras.

c. Jazz

Musik jazz biasanya ditampilkan di tempat yang sering dikunjungi masyarakat menengah ke atas, misalnya kafe atau lounge. Dalam musik ini, lagu yang aslinya masih datar, kemudian diubah menjadi lebih ekspresif sesuai keinginan penyanyinya.

d. Dangdut

Masyarakat di daerah daerah sangat biasa mendengarkan musik dangdut sebagai salah satu kegemaran dalam mengekspresikan perasaannya. Penggunaan alat musik tambahan seperti kendang dan seruling dengan pola irama yang juga mudah dipahami.

2. Musisi, penyanyi dan hasil karya lagu modern di Indonesia

Ada beberapa musisi dan penyanyi yang rutin mengeluarkan album atau single lagu setiap tahunnya bahkan lebih cepat dari itu. Tetapi, ada juga yang jarang mengeluarkan album atau single. Para musisi atau penyanyi tersebut lebih banyak bergelut di belakang layar, misalnya sebagai produser atau pencipta lagu. Nama mereka kadangkala justru tidak lebih dikenal dibandingkan penyanyi atau musisi yang membawakan dan mempopulerkan lagu tersebut.

B. Lagu Unisono

Unisono merupakan kegiatan bernyanyi dengan menggunakan satu suara. Lagu unisono ini dapat disajikan secara kelompok.

Terdapat dua hal yang dapat dipelajari untuk dapat memberikan gambaran tentang ciri lagu unisono :

1. Melodi utama

Melodi merupakan rangkaian nada nada yang telah dipilih untuk mewakili keinginan pencipta lagunya agar sesuai dengan tema dan makna lagu tersebut. Solminasi tangga nada terdiri dari

Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do yang dalam tangga nada natural dituliskan sebagai berikut:

Solminasi tangga nada Do=C

2. Lirik

Lirik dan melodi lagu harus berkaitan dengan tema dan suasana lagu yang ingin dibuat oleh penciptanya. Lirik lagu biasanya terdiri dari satu nada untuk satu suku kata, ada juga yang satu suku kata dituliskan di beberapa not.

Contoh penulisan lirik lagu pada melodi lagu

C. Latihan Menggubah Lagu Modern secara Unisono

Dapat dilakukan dengan tahapan berikut :

1. Tema lagu (garis besar dari isi lagu)

Tema dapat disesuaikan dengan keinginan atau suasana hati kita agar lebih mudah mengembangkannya nanti ke dalam tahapan selanjutnya.

2. Menentukan birama (patokan dari irama lagu untuk tiap barnya)

Mulailah dengan birama 4/4, birama ini memiliki makna bahwa dalam setiap birama terdiri dari 4 ketuk dan 1 ketuknya not seperempat.

Dalam birama 4/4 nilai notnya sebagai berikut :

Bentuk dan nilai not pada birama 4/4

Penulisan birama dan gambaran nilai notnya :

Contoh penulisan tanda birama dan gambaran nilai not di setiap barnya

3. Membuat ritmik lagu (pondasi penempatan notasinya)

Bisa dilakukan dengan bertepuk tangan sesuai dengan irama yang diinginkan kemudian tuliskan dalam garis paranada sesuai nilai not yang digunakan.

Contoh penulisan ritmik sesuai dengan biramanya dalam 2 kalimat berbeda

4. Melodi lagu

Dapat dimulai dengan memilih nada yang diinginkan sesuai dengan tema dan suasana yang diinginkan. Dapat dibantu dengan alat musik piano, pianika atau alat musik melodis lainnya. Untuk pencipta lagu pemula cukup menggunakan nada dasar natural yaitu Do=C.


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2"