Catatan Perkembangan Siswa Dari Kepala Sekolah
Pandemi dan perjuangan untuk pendidikanPandemi David-19 membuat sebagian anak bangsa harus lebih keras lagi berjuang untuk mengejar ketertinggalan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) kurang memihak pada sebagian orang khususnya yang tinggal di wilayah yang disebut 3 "T" Tertinggal,tertular dan terdepan dari wilayah Indonesia. Mahalnya pembelian kuota sampai ketidakmerataan akses internet di Indonesia merupakan beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan (PJJ). Data Kemendikbud sebelumnya mencatat puluhan juta murid harus belajar di rumah dengan metode (PJJ) tidaknya Terdapat 68.729.037 murid yang belajar di rumah.Siswa sekolah dasar Madrasah Ibtidaiyah sederajat paling banyak yaitu 28.587.688 murid yang belajar jarak jauh disusu Sekolah Menengah Pertama Madrasah Tsanawiyah sederajat sebanyak 13.086.424 murid yang belajar di rumah .Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Kementerian Dalam Negeri Kementerian Kesehatan ,dan kementerian agama melakukan penyesuaian terhadap panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 dimasukkan demi Aturan ini mengizinkan sekolah yang berada di zona kuning dan hijau untuk melakukan pembelajaran tatap muka dengan tatap muka memperhatikan potensi yang menyebabkan terjadinya klaster-klaster baru.banyak satuan pendidikan di daerah 3 "T"sangat kesulitan untuk melaksanakan pjj dikarenakan minimnya akses Hal ini dapat berdampak negatif terhadap tubuh kembang dan psikososial anak secara permanen saat ini 88% dari keseluruhan Daerah 3 "T" berada di zona kuning dan hijau dengan adanya penyesuaian SKB ini maka satuan pendidikan yang siap dan ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka memiliki opsi melaksanakan secara bertahap dan dengan protokol kesehatan yang ketat.data kementerian desa PDT dan transmigrasi mencatat masih ada 13577 desa di Indonesia yang belum memiliki akses internet hampir seluruh provinsi di Indonesia memiliki wilayah yang tidak terjangkau internet bahkan di pulau Jawa juga masih ada di desa-desa yang belum mendapatkan akses internet.berdasarkan peta zonasi resiko Covid-19 yang bersumber dari 13 Agustus 2020 terdapat 33 kabupaten/kota yang berada di zona merah,222 kabupaten/kota berada di zona oranye 177 kabupaten/kota berada di zona kuning dan sisanya 82 kabupaten/kota berada di zona hijau dan tidak terdampak.bersumber dari data Kemendikbud satuan pendidikan jenjang PAUD SD SMP SMA SMK dan SLB yang sudah melapor dan melaksanakan pembelajaran tatap muka sebanyak 23.150 sekolah dari angka tersebut yang berada dari zona kuning dan melakukan pembelajaran dari tatap dari rumah sebanyak 6.238 sekolah sedangkan yang melakukan pembelajaran tatap muka sebanyak 1.063 sekolah. sekolah yang berada di zona hijau dan melakukan belajar dari rumah sebanyak 7.002 dan yang melakukan pembelajaran tatap muka sebanyak 1.410 sekolah.diantara kendala (PJJ) yang banyak dikeluhkan adalah soal ketersediaan kuota baik bagi siswa/mahasiswa maupun guru dosen untuk mengatasi masalah ini banyak usulan baik dari masyarakat maupun dari anggota parlemen agar pemerintah mengalokasikan dana untuk mengatasi kendala kuota. merespons usulan itu pada saat raker dengan komisi X DPR di Senayan Kamis (27,8) Mendikbud nadiem Makarim menyatakan pihaknya sudah mendapatkan persetujuan anggaran untuk pulsa dan kuota sebesar Rp 9 triliun untuk tahun ini subsidi kuota akan diberikan gratis kepada guru siswa mahasiswa dan dosen.2 langkah bagus dari pemerintah, yakni penyelesaian pembelajaran dan subsidi pulsa/kuota patut kita apresiasi. Bagaimana realisasinya,semua pihak bisa mengawasi agar tidak terjadi penyelewengan dan penyalahgunaan di lapangan. di luar itu yang penting untuk dipikirkan adalah subsidi telepon pintar atau laptop. untuk yang belum memiliki atau belum mampu beli telepon pintar maupun laptop tidak ada gunanya subsidi pulsa/kuota.~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~• Kepala berita adalah biasanya berisi unsur 5W + 1 H yang menerangkan peristiwa secara singkat• Tubuh berita berisi penjelasan dari unsur 5W + 1 H• Kaki/ekor berita berisi simpulan dari berita.
1. Pandemi dan perjuangan untuk pendidikanPandemi David-19 membuat sebagian anak bangsa harus lebih keras lagi berjuang untuk mengejar ketertinggalan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) kurang memihak pada sebagian orang khususnya yang tinggal di wilayah yang disebut 3 "T" Tertinggal,tertular dan terdepan dari wilayah Indonesia. Mahalnya pembelian kuota sampai ketidakmerataan akses internet di Indonesia merupakan beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan (PJJ). Data Kemendikbud sebelumnya mencatat puluhan juta murid harus belajar di rumah dengan metode (PJJ) tidaknya Terdapat 68.729.037 murid yang belajar di rumah.Siswa sekolah dasar Madrasah Ibtidaiyah sederajat paling banyak yaitu 28.587.688 murid yang belajar jarak jauh disusu Sekolah Menengah Pertama Madrasah Tsanawiyah sederajat sebanyak 13.086.424 murid yang belajar di rumah .Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Kementerian Dalam Negeri Kementerian Kesehatan ,dan kementerian agama melakukan penyesuaian terhadap panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 dimasukkan demi Aturan ini mengizinkan sekolah yang berada di zona kuning dan hijau untuk melakukan pembelajaran tatap muka dengan tatap muka memperhatikan potensi yang menyebabkan terjadinya klaster-klaster baru.banyak satuan pendidikan di daerah 3 "T"sangat kesulitan untuk melaksanakan pjj dikarenakan minimnya akses Hal ini dapat berdampak negatif terhadap tubuh kembang dan psikososial anak secara permanen saat ini 88% dari keseluruhan Daerah 3 "T" berada di zona kuning dan hijau dengan adanya penyesuaian SKB ini maka satuan pendidikan yang siap dan ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka memiliki opsi melaksanakan secara bertahap dan dengan protokol kesehatan yang ketat.data kementerian desa PDT dan transmigrasi mencatat masih ada 13577 desa di Indonesia yang belum memiliki akses internet hampir seluruh provinsi di Indonesia memiliki wilayah yang tidak terjangkau internet bahkan di pulau Jawa juga masih ada di desa-desa yang belum mendapatkan akses internet.berdasarkan peta zonasi resiko Covid-19 yang bersumber dari 13 Agustus 2020 terdapat 33 kabupaten/kota yang berada di zona merah,222 kabupaten/kota berada di zona oranye 177 kabupaten/kota berada di zona kuning dan sisanya 82 kabupaten/kota berada di zona hijau dan tidak terdampak.bersumber dari data Kemendikbud satuan pendidikan jenjang PAUD SD SMP SMA SMK dan SLB yang sudah melapor dan melaksanakan pembelajaran tatap muka sebanyak 23.150 sekolah dari angka tersebut yang berada dari zona kuning dan melakukan pembelajaran dari tatap dari rumah sebanyak 6.238 sekolah sedangkan yang melakukan pembelajaran tatap muka sebanyak 1.063 sekolah. sekolah yang berada di zona hijau dan melakukan belajar dari rumah sebanyak 7.002 dan yang melakukan pembelajaran tatap muka sebanyak 1.410 sekolah.diantara kendala (PJJ) yang banyak dikeluhkan adalah soal ketersediaan kuota baik bagi siswa/mahasiswa maupun guru dosen untuk mengatasi masalah ini banyak usulan baik dari masyarakat maupun dari anggota parlemen agar pemerintah mengalokasikan dana untuk mengatasi kendala kuota. merespons usulan itu pada saat raker dengan komisi X DPR di Senayan Kamis (27,8) Mendikbud nadiem Makarim menyatakan pihaknya sudah mendapatkan persetujuan anggaran untuk pulsa dan kuota sebesar Rp 9 triliun untuk tahun ini subsidi kuota akan diberikan gratis kepada guru siswa mahasiswa dan dosen.2 langkah bagus dari pemerintah, yakni penyelesaian pembelajaran dan subsidi pulsa/kuota patut kita apresiasi. Bagaimana realisasinya,semua pihak bisa mengawasi agar tidak terjadi penyelewengan dan penyalahgunaan di lapangan. di luar itu yang penting untuk dipikirkan adalah subsidi telepon pintar atau laptop. untuk yang belum memiliki atau belum mampu beli telepon pintar maupun laptop tidak ada gunanya subsidi pulsa/kuota.~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~• Kepala berita adalah biasanya berisi unsur 5W + 1 H yang menerangkan peristiwa secara singkat• Tubuh berita berisi penjelasan dari unsur 5W + 1 H• Kaki/ekor berita berisi simpulan dari berita.
Jawaban:
- kepala berita :
Pandemi Covid-19 membuat sebagian anak bangsa harus lebih keras lagi berjuang untuk mengejar ketertinggalan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) kurang memihak pada sebagian orang khususnya yang tinggal di wilayah yang disebut 3 "T" Tertinggal,tertular dan terdepan dari wilayah Indonesia. Mahalnya pembelian kuota sampai ketidakmerataan akses internet di Indonesia merupakan beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan (PJJ).
- Tubuh berita :
diantara kendala (PJJ) yang banyak dikeluhkan adalah soal ketersediaan kuota baik bagi siswa/mahasiswa maupun guru dosen untuk mengatasi masalah ini banyak usulan baik dari masyarakat maupun dari anggota parlemen agar pemerintah mengalokasikan dana untuk mengatasi kendala kuota. merespons usulan itu pada saat raker dengan komisi X DPR di Senayan Kamis (27,8) Mendikbud nadiem Makarim menyatakan pihaknya sudah mendapatkan persetujuan anggaran untuk pulsa dan kuota sebesar Rp 9 triliun untuk tahun ini subsidi kuota akan diberikan gratis kepada guru siswa mahasiswa dan dosen.
- Ekor berita :
2 langkah bagus dari pemerintah, yakni penyelesaian pembelajaran dan subsidi pulsa/kuota patut kita apresiasi. Bagaimana realisasinya,semua pihak bisa mengawasi agar tidak terjadi penyelewengan dan penyalahgunaan di lapangan. di luar itu yang penting untuk dipikirkan adalah subsidi telepon pintar atau laptop. untuk yang belum memiliki atau belum mampu beli telepon pintar maupun laptop tidak ada gunanya subsidi pulsa/kuota.
Penjelasan:
Mohon maaf jika kurang tepat
2. 1. Untuk Memenuhi janji pemberikan kemerdekaan kepada Negara Indonesia, jepang kemudian membentuk......A. BPUPKI B. BPPKI C. PPKI D. PANITIA SEMBILAN 2. Seorang pemimpin yang bijak sana dalam mengambil keputusan selalu mengutamakan kepentingan......A. pribadi b. GolonganC. Keluarga D. Bersama 3. Berikut ini yang bukan gagasan prof. Dr. Soepomo tentang dasar Negara adalah....A. Persatuan B. Kekeluargaan C. Musyawarah D. Kesejahteraan sosial 4. PANITIA perancang uud diketahui oleh.....A. Ir. Soekarno B. Drs. Moh. Hatta C. Moh. Yamin D. Kh. Agus salim 5. Kita dapat mementa apa saja yang menjadi hak kita, setelah.......A. Melaksanakan kewajiban B. Berdebat C. Minta izin D. Membujuknya 6. Ketika Salah Seorang peserta Musyawarah mengemukakan pendapatnya maka peserta yang lain hendaknya......A. Mencatat pendapatnya B. Membantah pendapatnya C. Menghargai pendapatnya D. Mendukung pendapatnya 7. Keputusan Bersama sebagai Hasil Musyawarah sekolah harus dilaksanakan......A. Kepala sekolah B. Siswa C. guru D. Semua warga sekolah 8. Berikut ini yang bukan Hasil pemikiran Mr. Moh. Yamin adalah......A. Perikebangsaan B. PerikemanusiaanC. PeriketuhananD. Ketuhanan yang maha esa 9. Piagam Jakarta adalah nama hasil kerja panitia sembilan yang diberikan......A. Ir. Soekarno B. Mr. Moh. Yamin C. Prof. Dr. Mr. Soepomo, S. HD. R. P. Soeroso 10. Hari lahir istilah pancasila diperingati setiap tanggal......A. 1 MeiB. 1 Juni C. 1 Juli D. 1 Agustus 11. Tokoh yang diminta membatalkan sebagian isi Piagam Jakarta sebelum sidang PPKI adalah......A. Ir. Soekarno B. Drs. Moh. Hatta C. Mr. Moh. Yamin D. Ratulangi 12. Musyawarah pada dasarnya untuk memperoleh suatu Keputusan yang.....S. Salah B. Mufakat C. Berbeda D. Ringan Ringan 13. Sikap yang tidak perlu dikembangkan dalam rangka meningkatkan potensi bangsa adalah.......A. Individualisme B. Kerja sama C. Tenggang rasa
1.a 2.d maaf cuman dua1A
2B
3D
4A
5A
6C
7D
8D
9C
10B
11B
12B
13C
3. 1. Bacalah teks berikut ! Assalamu'alaikum Wr Wb Yang saya hormati, Kepala Sekolah SMP 1 Ngadirojo Yang Saya hormati, Karyawan - Karyawati Smp 1 Ngadirojo Serta seluruh siswa-siswi SMP N 1 Ngadirojo yang saya banggakan........... Teks pidato tersebut termasuk bagian..... A. Pendahuluan B. Isi C. Penutup D. Simpulan 2. Bacalah teks berikut! Pendidikan memiliki peran penting, guna memajukan bangsa. Jika sarana pendidikan dimanfaatkan dengan baik, kemungkinan bangsa ini untuk maju sangat besar. Namun sebaliknya, jika kita tidak bisa memanfaatkan sarana pendidikan dengan baik, maka bangsa ini akan stagnan dalam kondisi berkembang. Teks pidato tersebut termasuk bagian.... A. Pendahuluan B. Isi C. Penutup D. Kesimpulan 3. Bacalah teks berikut! Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Demi menjunjung tinggi bangsa ini, marilah kita terus bersemangat menuntut ilmu di jalan Alloh SWT. Dengan niat seperti itu, semoga Alloh SWT senantiasa memberikan rahmat- Nya. Teks pidato tersebut termasuk bagian..... A. Pendahuluan B. Isi C. Penutup D. Simpulan 4. Pidato yang isinya memengaruhi pendengar untuk mengikuti apa yang disampaikan pembicara disebut pidato...... A. Argumentatif B. Deskriptif C. Persuasif D. Informatif 5. Pidato sebaiknya disampaikan dengan kalimat - kalimat yang efektif. Dibawah ini yang termasuk contoh kalimat efektif adalah....... A. Para hadirin semua dipersilakan berdiri B. Saya ucapkan berjuta- juta terimakasih C. Hadirin dimohon menikmati hidangan yang ada. D. Oleh karena itu, waktu dan tempat saya persilakan 6. Agar isi pidato dapat dipahami dengan baik, saat kita mendengarkan pidato sebaiknya disertai kegiatan.... A. Berbincang - bincang dengan teman sebelah B. Mencatat keseluruhan isi pidato C. Mencatat hal - hal penting tentang isi pidato D. Memandangi pembicara terus menerus. 7. Dalam menyimpulkan pesan isi pidato, bagian yang dianggap penting biasanya...... A. Disuarakan pelan B. Tidak ada nada penekanan C. Disuarakan cepat D. Disuarakan dengan keras dan ada penekanan 8. Kapan lagi diri kita akan berubah? Waktu terus berlalu, sedangkan diri kita begitu dan terus begitu. Malah makin tidak baik............. Mari tingkatkan ilmu kita. Mari tingkatkan iman kita. Mari jadikan diri kita terampil menghadapi masalah dan terampil berkarya. Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi teks pidato di atas adalah...... A. Mari tingkatkan diri kita B. Mari mengubah yang ada C. Ayo, kita mulai perubahan itu D. Mari terus melangkah maju 9. Pembicara terlalu sibuk membaca sehingga tidak ada perhatian terhadap pendengar. Hal itu merupakan kekurangan pidato menggunakan metode A. Naskah B. Impromptu C. Menghafal D. Ekstemporant 10. Sikap yang tidak perlu dilakukan ketika mendengarkan pidato adalah..... A. Serius B. Apatis C. Penasaran D. Penuh perhatian 11. Bacalah teks berikut! (1). Bapak-bapak dan Ibu- ibu yang saya hormati, (2) Kita sadar bahwa pergaulan remaja pada dewasa ini telah melampaui batas- batas norma. (3) Hal tersebut telah membuat beberapa anak - anak kita terjerembab di dalamnya. (4) Kondisi itu sungguh meresahkan kalangan orang tua. Pernyataan langsung terdapat pada nomor A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 12. Kata emotif ditunjukkan oleh kalimat nomor..... A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 13. Bacalah teks berikut! (1) Karena itu sebagai orang tua mesti mencegah semua hal tersebut dengan berbagai upaya. (2) Adapun salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberi kasih sayang yang cukup (3) Serta pengarahan yang tepat kepada anak - anak. (4) Jangan lupa memberi mereka perhatian yang cukupKonjungsi argumentatif terdapat pada kalimat nomor........ A. 1B. 2C. 3 D. 414. Kata rujukan terdapat pada kalimat...... A. Bapak Ibu yang kami hormatiB. Oleh karena itu jagalah anak sebaik mungkin. C. Berdasarkan data, anak jalanan semakin banyak. D. Kita perlu berkomunikasi sehingga tidak ada jarak dengan anak. 15. Kata hubung antar kalimat terdapat pada kalimat..... A. Bapak Ibu yang kami hormati. B. Oleh karena itu jagalah anak sebaik mungkin. C. Berdasarkan data, anak jalanan semakin banyak. D. Kita perlu berkomunikasi sehingga tidak ada jarak dengan anak.
Jawaban:
1. A. Pendahuluan
2.B. Isi
3.C. Penutup
4.C. Persuasif
5.D. Oleh karena itu, waktu dan tempat saya persilakan
6.C. Mencatat hal - hal penting tentang isi pidato
7.D. Disuarakan dengan keras dan ada penekanan
8.A. Mari tingkatkan diri kita
9.C. Menghafal
10.B. Apatis
11.A. 1
12.D. 4
13.B. 2
14.D. Kita perlu berkomunikasi sehingga tidak ada jarak dengan anak.
15.B. Oleh karena itu jagalah anak sebaik mungkin.
Posting Komentar untuk "Catatan Perkembangan Siswa Dari Kepala Sekolah"