Soal Aksara Jawa Sd
soal Kelas 4 SD cuma satu soalAksara jawa susi lagi turu
1. soal Kelas 4 SD cuma satu soalAksara jawa susi lagi turu
Jawaban:
jawaban tertera pada gambar
2. Jawaban soal sd kelas 5 soal no.30 aksara jawa hari ini
Jawaban:
apa ya soalnya Kok ngak
ada
Jawaban:
ga ada fotonya jadi gak bisa jawab awokawok
3. Soal Bhs Jawa kls 4 SD. Aksara jawatolong ya kaka dan makasih yg udah jawab
B. becik ketitik ala ketara
Penjelasan :Becik ketitik ala ketara
Be _ aksara Ba + Pepet
ci _ aksara ca + wulu
k _ aksara Ka + Pepet
ti _ aksara Ta + wulu
ti _ aksara Ta + wulu
k _ aksara Ka + pasangan ha
la _ aksara la
ke _ aksara Ka + Pepet
ta _ aksara ta
Ra _ aksara Ra
Aksara Jawa ditulis nganggo tulisan tradisional JawaAksara Jawa ditulis kanggo surat Kerajaan-kerajaan jaman biyen.Semoga membantu ☘️.4. aksara Jawa Tulung nggih mbak/mas ampun iseng•ibu sampun sare•bu Hesti tindak peken•bapak nembe siram•retno mangan sate•pak Karto tumbas koranbantu transletin ke aksara Jawa ngeh ampun iseng isengsoal 6 sd
Jawaban:
aksara Jawa terlampir
Penjelasan:
maaf kalo salah ya
semoga bermanfaat dan membantu
jangan lupa untukjadikan jawabanterbaikya terimakasih
5. Kak tolong bantuin ya ini Bahasa Jawa ada 5 soal kak.1. Rini sregep Sinau =...2.Bima mangan kerupuk =...3.Prasetyo dadi =...4.Krasa =...5.Sembahyang =...Kakak ini tu aksara Jawa SANDHAGAN WYANJANA jawab ya kakak untuk kelas 4 SD
Jawaban
DiFoto
Note
TerteraNoNya
Penjelasan
AksaraJawa,AdalahTulisanJawaYangLegenda,BahkanHampirMiripDenganAksaraBali
#SemogaMembantu
#MaapKalaoSalah
#PlisJanganHapusJawabanKuModerator
6. Aksara Jawa Kelas 5 SDPake Sandhangan Pasangan Soal::Nyirami KembangTempe gorengJaran kepangSregep SinauMasak Jangan lodheh
Jawaban:
NulisAksaraJawa;
Jawaban Terlampir.
Penjelasan:Ukara aksara Jawa kasebut mung nggunakake sandhangan swara, panyigeg wanda, lan wyanjana. Manwa dijlentrehake⤵️
1.Nyirami Kembangaksara nya + wulu, aksara ra, aksara ma (sigeg), pasangan ma + wulu = nyiramiaksara ka + pepet, aksara ma (sigeg), pasangan ba + cecak = kembang2.Tempe gorengaksara ta + taling, aksara ma (sigeg), pasangan pa + taling = tempeaksara ga + taling tarung, aksara ra + taling + cecak = goreng3.Jaran kepangaksara ja, aksara ra, aksara na (sigeg) = jaranpasangan ka + taling, aksara pa + cecak = kepang4.Sregep Sinauaksara sa + cakra keret, aksara ga + pepet, aksara pa (sigeg) = sregeppasangan sa + wulu, aksara na, aksara ha + suku = sinau5.Masak Jangan lodhehaksara ma, aksara sa, aksara ka (sigeg) = masakaksara ja, aksara nga, aksara na (sigeg), pasangan la + taling tarung, aksara dha + taling + wigyan = jangan lodhehNulis aksara Jawa
jawaban terlampir
Pembahasan→ Pasangan aksara JawaPasangan aksara ana 20 :
ha, na, ca, ra, ka→ ꧀ꦲ ꧈ ꧀ꦤ ꧈ ꧀ꦤ ꧈ ꧀ꦫ ꧈ ꧀ꦫ
da, ta, sa, wa, la→ ꧀ꦢ ꧈ ꧀ꦠ ꧈ ꧀ꦱ ꧈ ꧀ꦮ ꧈ ꧀ꦭ
pa, dha, ja, ya, nya→ ꧀ꦥ ꧈ ꧀ꦝ ꧈ ꧀ꦗ ꧈ ꧀ꦪ ꧈ ꧀ꦚ
ma, ga, ba, tha, nga→ ꧀ꦩ ꧈ ꧀ꦒ ꧈ ꧀ꦧ ꧈ ꧀ꦛ ꧈ ꧀ꦔ
Sandhangan aksara JawaDene sandhangan ana 3 :
sandhangan swara (wulu, suku, pepet, taling lan taling tarung)sandhangan panyigeg wanda (wignyan, layar, cecak lan pangkon)sandhangan wyanjana (cakra, keret lan pengkal)Jlentrehakeaksara Jawa1.NyiramiKembang =ꦚꦶꦫꦩ꧀ꦩꦶꦏꦼꦩ꧀ꦧꦁ
nggunakake pasangan aksara Ma, pasangan aksara Ba.nggunakake sandhangan swara (wulu, pepet)nggunakake sandhangan panyigeg wanda (cecak)2.Tempegoreng =ꦠꦺꦩ꧀ꦥꦺꦒꦺꦴꦫꦺꦁ
nggunakake pasangan aksara Pa.nggunakake sandhangan swara (taling, taling tarung).nggunakake sandhangan panyigeg wanda ( cecak).3.Jarankepang =ꦗꦫꦤ꧀ꦏꦺꦥꦁ
nggunakake pasangan aksara Ka.nggunakake sandhangan swara (taling)nggunakake sandhangan panyigeg wanda (cecak).4.SregepSinau =ꦱꦽꦒꦼꦥ꧀ꦱꦶꦤꦲꦸ
nggunakake pasangan aksara Sa.nggunakake sandhangan swara (Pepet, wulu, suku)nggunakake sandhangan wyanjana (keret)5.Masak Jangan lodheh=ꦩꦱꦏ꧀ꦗꦔꦤ꧀ꦭꦺꦴꦝꦺꦃ
nggunakake pasangan aksara Ja, pasangan aksara La.nggunakake sandhangan swara (taling tarung, taling)nggunakake sandhangan panyigeg wanda (wignyan).Detail jawabanMapel : Bahasa DaerahKelas : 5Materi ; Nulis aksara JawaKode : 137. Latihan Soal Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D di depan jawaban yang benar 1. Bacalah laporan berikut! Siswa kelas VI SD Generasi Cemerlang mengadakan kunjungan ke Museum Sonobudo jo Mereka mengamati peninggalan bersejarah yang ada di Museum. Mereka melihat ada banyak koleksi yang menarik, diantaranya tulisan aksara Jawa pada berbagai media, peralatan gamelan, serta koleksi wayang cerita Mahaabarata dan Ramayana, Isl laporan tersebut adalah A. Berbagai koleksi Museum Sonobudoyo. B. Keuntungan berkunjung ke Museum Sonobudoyo. C Manfaat mempelajari koleksi Museum Sonobudoyo D. Kunjungan rutin SD Generasi Cemerlang ke Museum Sonobudoyo. 2. Bacalah teks prosedur berikut! Sepulang sekolah, sebaiknya kamu langsung pulang ke rumah. Jika ingin pergi ke tempat lain, mintalah izin terlebih dahulu kepada orang tua atau guru. Berhat-hatlah saat berada di jalan menuju rumah. Berjalanlah di trotoar agar lebih aman. Sesampainya di rumah, ucapkan salam agar orang-orang di dalam rumah mengetahui kedatanganmu. Kesimpulan yang sesuai dengan teks prosedur tersebut adalah ... A. Zebracross ada di sebelah kanan dan kiri jalan raya. B. Meminta izin sebaiknya dilakukan sebelum bepergian. C. Bel pulang sekolah berbunyi pada siang hari pukul 13.00 D. Menyeberang di jembatan penyeberangan jalan lebih aman dibandingkan menyeberang d zebracross 3. Bacalah teks pidato berikut! Hadirin sekalian, Kita hidup di lingkungan sosial yang memiliki beragarn suku bangsa. Di tengah-tengah perbedaan ini kita harus saling bertoleransi dan tolong-menolong. Kita bangun kesatuan dan persatuan yang kuat, dimulai dari lingkungan kecil, yaitu Desa Makmur ini. Isi dari teks pidato tersebut adalah ...A. Membangun kesatuan dan persatuan di lingkungan sosial dilakukan dengan menumbuhkan sikap toleransi dan tolong menolong. B. Lingkungan sosial yang memiliki keragaman suku bangsa cenderung membuat masyarakatnya tidak hidup rukun. C. Masyarakat yang memiliki sikap toleransi dan tolong-menolong merupakan masyarakat yang menghargai perbedaan. D. Desa makmur memiliki masyarakat dari berbagai suku.
Jawaban:
1.A.
2.B.
3.A.
Penjelasan dengan langkah-langkah:
semoga bermanfaat
semangat belajar
jadikan jawaban terbaik
8. Assalamu'alaikumQuizz Bahasa JawaSyarat menjawab:- Siswa SD ( kls 1-6)- Bisa bahasa jawa ( paling penting)- no copas- no ngasal- no spamSoal:Dadekno Aksara Jawa:a. ibu tumbas gendhisb. mangan sotoc. Andi dolanan neker=================Monggo dijawab ^^⚡Maturnuwun ⚡
Jawaban:
Ono ing gambar.Penjelasan:
Ono ing gambar, mugi nulungi
_____________
#Jenius - kexcvi
9. Soal kls: 4 SD. Mapel : Bhs Jawaaksara jawa ing sisih kiwo yen ditulis latin wacane dadia.garan siwurb.daging suwirc. gagang sapud.ojo ngawurMakasih yg udh jwb
a. garan siwur
Penjelasan :garan siwur
Ga _ aksara Ga
Ra _ aksara Ra
N _ aksara Na
Si _ Aksara Sa + wulu
Wur _ aksara Wa + suku + Laya
Aksara Jawa ditulis kanggo surat Kerajaan-kerajaan jaman biyen.
Aksara Jawa ditulis nganggo tulisan tradisional Jawa.
Semoga membantu ☘️10. Latihan Soal Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D di depan jawaban yang benar 1. Bacalah laporan berikut! Siswa kelas VI SD Generasi Cemerlang mengadakan kunjungan ke Museum Sonobudo jo Mereka mengamati peninggalan bersejarah yang ada di Museum. Mereka melihat ada banyak koleksi yang menarik, diantaranya tulisan aksara Jawa pada berbagai media, peralatan gamelan, serta koleksi wayang cerita Mahaabarata dan Ramayana, Isl laporan tersebut adalah A. Berbagai koleksi Museum Sonobudoyo. B. Keuntungan berkunjung ke Museum Sonobudoyo. C Manfaat mempelajari koleksi Museum Sonobudoyo D. Kunjungan rutin SD Generasi Cemerlang ke Museum Sonobudoyo. 2. Bacalah teks prosedur berikut! Sepulang sekolah, sebaiknya kamu langsung pulang ke rumah. Jika ingin pergi ke tempat lain, mintalah izin terlebih dahulu kepada orang tua atau guru. Berhat-hatlah saat berada di jalan menuju rumah. Berjalanlah di trotoar agar lebih aman. Sesampainya di rumah, ucapkan salam agar orang-orang di dalam rumah mengetahui kedatanganmu. Kesimpulan yang sesuai dengan teks prosedur tersebut adalah ... A. Zebracross ada di sebelah kanan dan kiri jalan raya. B. Meminta izin sebaiknya dilakukan sebelum bepergian. C. Bel pulang sekolah berbunyi pada siang hari pukul 13.00 D. Menyeberang di jembatan penyeberangan jalan lebih aman dibandingkan menyeberang d zebracross 3. Bacalah teks pidato berikut! Hadirin sekalian, Kita hidup di lingkungan sosial yang memiliki beragarn suku bangsa. Di tengah-tengah perbedaan ini kita harus saling bertoleransi dan tolong-menolong. Kita bangun kesatuan dan persatuan yang kuat, dimulai dari lingkungan kecil, yaitu Desa Makmur ini. Isi dari teks pidato tersebut adalah ...A. Membangun kesatuan dan persatuan di lingkungan sosial dilakukan dengan menumbuhkan sikap toleransi dan tolong menolong. B. Lingkungan sosial yang memiliki keragaman suku bangsa cenderung membuat masyarakatnya tidak hidup rukun. C. Masyarakat yang memiliki sikap toleransi dan tolong-menolong merupakan masyarakat yang menghargai perbedaan. D. Desa makmur memiliki masyarakat dari berbagai suku.
1. A
2. B
3.A
trimakasii^^
11. Plisss jawab yang bener mau di kumpulin itu soal kelas 4 sdaksara jawa aku duwe buku Anyar cacahe telu
jawaban:
Semogamembantu:)
12. 1. || អាពុ2. ប្ដាល លហH - in P - ហ] លាប ៣ Tulisan Jawa ing dhuwur tulisa aksara latin!2.ukara ngisor Iki kiramakna!Malika SD aku asring ora nggarap tugas,Saiki aku wis SMP ora bisa kaya ngono merga guruku Kabeh nagihyg no 1 wajib dijawab ya kak aku ga tau soalnya:) bisa liat di foto
Jawaban:
1.kekarepan mlayu lan mapan ing desa kang aman lancar tentrem.
2.mengetika sd kula asring boten nggarap jejibahan,sakmenika kula sampun smp boten saged kados mekaten mergi guruku sedaya nagih.
_________________________
{INTI JAWABAN}
••••>
!!!!!!!!!!PENTING!!!!!!!!!!
JANGAN LUPA LIKE,FOLLOW,DAN JADIKAN JAWABAN TERBAIK!
.
.
.
.
.
.
.
.
#BRAINLY×SI HEBAT™
Mapel:BahasaJawa
r̼̯̤̈ͭ̃ͨ̆a̘̫͈̭͌͛͌̇̇̍y͉̝͖̻̯ͮ̒̂ͮ͋ͫͨh͚̖̜̍̃͐a̘̫͈̭͌͛͌̇̇̍n͉̠̙͉̗̺̋̋̔ͧ̊j͇̗̲̞̪̹̝̫̞ͬ͐̀ͧ̿u̟͎̲͕̼̳͉̲ͮͫͭ̋ͭ͛ͣ̈a̘̫͈̭͌͛͌̇̇̍r̼̯̤̈ͭ̃ͨ̆a̘̫͈̭͌͛͌̇̇̍1
ⓢⓔⓜⓞⓖⓐ ⓜⓔⓜⓑⓐⓝⓣⓤ
13. Latihan Soal Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D di depan jawaban yang benar 1. Bacalah laporan berikut! Siswa kelas VI SD Generasi Cemerlang mengadakan kunjungan ke Museum Sonobudo jo Mereka mengamati peninggalan bersejarah yang ada di Museum. Mereka melihat ada banyak koleksi yang menarik, diantaranya tulisan aksara Jawa pada berbagai media, peralatan gamelan, serta koleksi wayang cerita Mahaabarata dan Ramayana, Isl laporan tersebut adalah A. Berbagai koleksi Museum Sonobudoyo. B. Keuntungan berkunjung ke Museum Sonobudoyo. C Manfaat mempelajari koleksi Museum Sonobudoyo D. Kunjungan rutin SD Generasi Cemerlang ke Museum Sonobudoyo. 2. Bacalah teks prosedur berikut! Sepulang sekolah, sebaiknya kamu langsung pulang ke rumah. Jika ingin pergi ke tempat lain, mintalah izin terlebih dahulu kepada orang tua atau guru. Berhat-hatlah saat berada di jalan menuju rumah. Berjalanlah di trotoar agar lebih aman. Sesampainya di rumah, ucapkan salam agar orang-orang di dalam rumah mengetahui kedatanganmu. Kesimpulan yang sesuai dengan teks prosedur tersebut adalah ... A. Zebracross ada di sebelah kanan dan kiri jalan raya. B. Meminta izin sebaiknya dilakukan sebelum bepergian. C. Bel pulang sekolah berbunyi pada siang hari pukul 13.00 D. Menyeberang di jembatan penyeberangan jalan lebih aman dibandingkan menyeberang d zebracross 3. Bacalah teks pidato berikut! Hadirin sekalian, Kita hidup di lingkungan sosial yang memiliki beragarn suku bangsa. Di tengah-tengah perbedaan ini kita harus saling bertoleransi dan tolong-menolong. Kita bangun kesatuan dan persatuan yang kuat, dimulai dari lingkungan kecil, yaitu Desa Makmur ini. Isi dari teks pidato tersebut adalah ...A. Membangun kesatuan dan persatuan di lingkungan sosial dilakukan dengan menumbuhkan sikap toleransi dan tolong menolong. B. Lingkungan sosial yang memiliki keragaman suku bangsa cenderung membuat masyarakatnya tidak hidup rukun. C. Masyarakat yang memiliki sikap toleransi dan tolong-menolong merupakan masyarakat yang menghargai perbedaan. D. Desa makmur memiliki masyarakat dari berbagai suku.
Jawaban:
1.A.Berbagaikoleksimeseumsonobudoyo.
2.B.Menintaizinsebaiknyadilakukansebelumbepergian.
3.A.Membangunkesatuandanpersatuandilingkungansosialdilakukandenganmenumbuhkansikaptoleransidantolongmenolong.
Penjelasan dengan langkah-langkah:
semoga bermanfaat
jadikan jawaban terbaik dan like
14. Latihan Soal Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D di depan jawaban yang benar 1. Bacalah laporan berikut! Siswa kelas VI SD Generasi Cemerlang mengadakan kunjungan ke Museum Sonobudo jo Mereka mengamati peninggalan bersejarah yang ada di Museum. Mereka melihat ada banyak koleksi yang menarik, diantaranya tulisan aksara Jawa pada berbagai media, peralatan gamelan, serta koleksi wayang cerita Mahaabarata dan Ramayana, Isl laporan tersebut adalah A. Berbagai koleksi Museum Sonobudoyo. B. Keuntungan berkunjung ke Museum Sonobudoyo. C Manfaat mempelajari koleksi Museum Sonobudoyo D. Kunjungan rutin SD Generasi Cemerlang ke Museum Sonobudoyo. 2. Bacalah teks prosedur berikut! Sepulang sekolah, sebaiknya kamu langsung pulang ke rumah. Jika ingin pergi ke tempat lain, mintalah izin terlebih dahulu kepada orang tua atau guru. Berhat-hatlah saat berada di jalan menuju rumah. Berjalanlah di trotoar agar lebih aman. Sesampainya di rumah, ucapkan salam agar orang-orang di dalam rumah mengetahui kedatanganmu. Kesimpulan yang sesuai dengan teks prosedur tersebut adalah ... A. Zebracross ada di sebelah kanan dan kiri jalan raya. B. Meminta izin sebaiknya dilakukan sebelum bepergian. C. Bel pulang sekolah berbunyi pada siang hari pukul 13.00 D. Menyeberang di jembatan penyeberangan jalan lebih aman dibandingkan menyeberang d zebracross 3. Bacalah teks pidato berikut! Hadirin sekalian, Kita hidup di lingkungan sosial yang memiliki beragarn suku bangsa. Di tengah-tengah perbedaan ini kita harus saling bertoleransi dan tolong-menolong. Kita bangun kesatuan dan persatuan yang kuat, dimulai dari lingkungan kecil, yaitu Desa Makmur ini. Isi dari teks pidato tersebut adalah ...A. Membangun kesatuan dan persatuan di lingkungan sosial dilakukan dengan menumbuhkan sikap toleransi dan tolong menolong. B. Lingkungan sosial yang memiliki keragaman suku bangsa cenderung membuat masyarakatnya tidak hidup rukun. C. Masyarakat yang memiliki sikap toleransi dan tolong-menolong merupakan masyarakat yang menghargai perbedaan. D. Desa makmur memiliki masyarakat dari berbagai suku.
Jawaban:
1)A
2)B
3)A
Penjelasan:
maaf klo salah
Posting Komentar untuk "Soal Aksara Jawa Sd"