Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Penghubung Siswa Sd


Buku Penghubung Siswa Sd

Tuliskan pendapatmu!Kewajiban yang berhubungan dengan tidursiang526Buku Siswa SD/MI Kelas 3​

Daftar Isi

1. Tuliskan pendapatmu!Kewajiban yang berhubungan dengan tidursiang526Buku Siswa SD/MI Kelas 3​


Jawab

1. Sebelum tidur siang kita berkewajiban berdoa kepada Tuhan agar tidak mengalami mimpi buruk.

2. Sebelum tidur siang kita berkewajiban mengecek semua peralatan listrik yang tidak dipakai, seperti lampu, kipas angin, kompor, dan lain-lain agar energi tidak terbuang sia-sia dan kita terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan, seperti pada saat kita lupa mematikan kompor dan meninggalkankompor dengan waktu yang akan menyebabklan kebakaran.

3. Pada saat kita tidur siang, kita tidak boleh terlalu lama karena tidak baik untuk kesehatan dan juga membuang-buang waktu.

4. Setelah tidur siang, kita berkewajiban merapikan tempat tidur kita.

5. Setelah tidur siang, kita harus melakukan kegiatan yang belum kita selesaikan apabila kita punya kegiatan yang harus diselesaikan pada hari itu juga, seperti pekerjaan rumah, membantu orang tuan, dan masih banyak lagi

~maafkalosalah


2. bangsa Eropa?3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?Buku Siswa SD/MI Kelas V​


Jawaban:

karena di zaman penjajahan indonesia terkenal akan kekayaan sumberdaya alam seperti rempah-rempahnya dll. Sehingga penjajah ingin merebut kekayaan tersebut.

Jawaban:

Karena di zaman penjajahan Indonesia terkenal akan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA), seperti rempah-rempahnya dll. Sehingga penjajah ingin merebut kekayaan Indonesia.

Penjelasan:

Semoga membantu :)


3. 6. Sebutkan kegiatan ekonomi dari 2 negara ASEAN.Jelaskan hubungannya dengan kondisi geografisnya.154 Buku Siswa SD/MI Kelas VI​


Pembahasan

Hai adik adik bertemu kembali bersama kak andikamonsa15, kini kita akan mempelajari tentang kegiatan ekonomi di ASEAN. Apakah kalian sudah siap? Ayo kita belajar bersama.

Apakah yang dimaksud dengan ASEAN? ASEAN merupakan organisasi yan berada di Asia Tenggara. ASEAN merupakan kepanjangan dari Association of Southeast Asian Nations. Organisasi ini diikuti oleh beberapa negara di Asia Tenggara, contohnya Negara Indonesia. ASEAN dibentuk untuk digunakan kerja sama antar negara maupun bidang kegiatan ekonomi dan militer. ASEAN memiliki geografis yang bagus, sehingga setiap wilayah negara di Asia Tenggara memiliki tumbuhan yang berbeda. Tumbuhan akan dijual dengan anggota ASEAN. Hal tersebut untuk saling mencukupi satu sama lain. Berikut 2 contoh kegiatan ekonomi di ASEAN

1. Indonesia

Kegiatan ekonomi indonesia yaitu pertanian, perikanan, perindustrian, peternakan dan pertambangan. Indonesia memiliki wilayah geografis yang sangat strategis. Hal tersebut akan membuat rakyat indonesia melakukan kegiatan ekonomi berupa pertanian, perikanan, perindustrian, peternakan dan pertambangan. Kondisi tanah diindonesia sangat subur sehingga pertanian mengalami panen yang melimpah. Indoonesia juga memiliki wilayah yang strategis untuk mendapatkan batu bara. Hal tersebut, rakyat Indonesia membuat pertambangan unruk mendapatkan batu bara. Hasil dari kegiatan ekonomi tersebut akan dijual dengan anggota ASEAN.

2. Malaysia

Kegiatan ekonomi malaysia yaitu pertanian dan pertambangan. Malaysia memiliki letak geografis yang sama dengan Indoonesia. Kondisi tanah di malaysia juga memiliki tanah yang subur sehingga melakukan pertanian.Malaysia terbagi menjadi 2 yaitu malaysia barat dan malysia timur. Malaysia timur banyak digunakan dalam pertambangan, karena berdekatan dengan wilayah Indnesia. Sedangkan malaysia barat digunakan untuk pertanian. Hasil kegiatan ekonomi tersebut akan dijual dengan anggota ASEAN.

Pelajari Lebih Lanjuthttps://brainly.co.id/tugas/13386711https://brainly.co.id/tugas/21773081https://brainly.co.id/tugas/865408

Detail Jawaban

Kode: 6.10.2  

Kelas: VI

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 2 - Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial di Indonesia Negara-Negara Tetangga

Kata kunci: Kegiatan ekonomi negara- negara ASEAN

#TingkatkanPrestasimu


4. Bacalah teks berikut! Beni adalah siswa kelas V Sekolah Dasar (SD). Ia ditugaskan membaca teks yang ada di buku siswa. Beni membaca teks dengan suara keras dan tangan menunjuk setiap baris bacaan. Guru membiarkan cara Beni membaca yang demikian. Setelah membaca teks, Beni diminta menjawab soal-soal yang berhubungan dengan isi teks. Hasil analisis jawaban Beni, diperoleh bahwa Beni hanya benar 2 dari 5 soal yang diberikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Beni mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi teks. Perintah: a. Analisislah kesalahan Beni dalam membaca teks seperti kasus di atas sehingga ia mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi bacaan! b. Kemukakan pula teknik membaca yang tepat yang harus dilakukan Beni agar pemahaman terhadap isi teks yang dibaca meningkat!


A. Beni salah 2 dari 5 soal

B..... Idk :v

5. Beni adalah siswa kelas V Sekolah Dasar (SD). Ia ditugaskan membaca teks yang ada di buku siswa. Beni membaca teks dengan suara keras dan tangan menunjuk setiap baris bacaan. Guru membiarkan cara Beni membaca yang demikian. Setelah membaca teks, Beni diminta menjawab soal-soal yang berhubungan dengan isi teks. Hasil analisis jawaban Beni, diperoleh bahwa Beni hanya benar 2 dari 5 soal yang diberikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Beni mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi teks. Perintah: a. Analisislah kesalahan Beni dalam membaca teks seperti kasus di atas sehingga ia mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi bacaan! b. Kemukakan pula teknik membaca yang tepat yang harus dilakukan Beni agar pemahaman terhadap isi teks yang dibaca meningkat!


B:kemukakan pula teknik membaca yang tepat yang harus dilakukan beni agar pemahaman terhadap isi teks yang di baca meningkat

6. 1. Dina dan Sinta membaca buku cerita yang sama. Hari ini, Dina membaca buku cerita darihalaman 12 sampai 25, sedangkan Sinta membaca buku cerita dari halaman 15 sampai34. Berapa selisih jumlah halaman buku cerita yang mereka baca?2. Jumlah dari dua bilangan bulat adalah 17 dan selisihnya adalah 27. Tentukan hasil kalikedua bilangan bulat tersebut!3. Di kelas 6 SD Merah Putih, banyak siswa laki-laki 3 kali lebih banyak dari siswa perempuan.Jika banyak siswa perempuan di kelas ada 12 orang. Tentukan jumlah seluruh siswa dikelas tersebut!4. Jumlah kelereng Adit, Dimas, dan Fahmi adalah 117 butir. Adit memberikan 12kelerengnya kepada Dimas dan Dimas memberikan 18 kelerengnya kepada Fahmisehingga ketiga anak tersebut memiliki jumlah kelereng yang sama banyak. Berapabanyak kelereng yang dimiliki Dimas mula-mula?5. Sebanyak 20% dari karyawan sebuah perusahaan memasuki masa pensiun, 70% naikpangkat, dan sisanya terkena pemutusan hubungan kerja. Jika karyawan yang terkenapemutusan kerja sebanyak 75 pekerja, tentukan selisih banyaknya karyawan yangpensiun dan naik pangkat!​


1. Dina 13 halaman

Sinta 19 halaman

______________ –

selisihnya= 6 halaman

2. 17-27= -10

3. perempuan= 13

laki= 3× perempuan

= 3×13= 39

jumlah total= 13+39= 52 murid

4. kelereng Dimas= -18

nah ini 117:3=39

jadi kelereng Dimas awalnya adalah= 39+18= 57

5. 100%-20%-70%= 10%

10%= 75 pekerja

jadi, karyawan pensiun= 20%= 150pekerja

karyawan naik pangkat= 70%= 525pekerja

_________________________________. —

selisihnya= -375


7. 32. Anggrek termasuk tanaman yang dapat ... dengan cara yang mudah.Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....A. dikembang biakB. terkembang biakC. mengembang biakD. dikembangbiakkan33. Harga bahan baku rotan yang tinggi menjadikan reekspor perajin menurun tajam.Perbaikan istilah yang bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....A. produktivitasB. distributorC. konsumtifD. produsen34. Cermati paragraf berikut!Sekolah Dasar Tunas Bangsa mengadakan lomba pidato untuk memperingati Hari Sumpah Permuda.Peserta lomba pidato adalah siswa kelas VI se-Kecamatan Sukajaya. Sebelum dimulai, pengarahandari panitia peserta lomba pidato mendapat. Pengarahan tersebut dilakukan agar lomba berlangsungdengan tertib dan lancar.Perbaikan kalimat bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....A. Peserta lomba pidato sebelum dimulai mendapat pengarahan dari panitia.B. Pengarahan dari panitia peserta mendapat lomba pidato sebelum dimulai.C. Sebelum dimulai, peserta lomba pidato dari panitia mendapat pengarahan.D. Sebelum dimulai, peserta lomba pidato mendapat pengarahan dari panitia.35. Telah tiga hari Tika mengalami demam tinggi. Suhu tubuhnya mencapai 39" celcius. Karena suhutetap tinggi, ibu memeriksakan Tika ke dokter di poliklinik. Berdasarkan hasil periksa dan cek darah,diagnosis penyakit Tika adalah tifus. Dokter memberikan rujukan kepada Tika untuk opname di rumahsakit.Penulisan kata baku yang tidak tepat dalam paragraf tersebut adalah ....A. tifusB. celciusC. opnameD. diagnosis36. "Mengapa buku-buku ini kamu sobek! Rin, Buku ini harganya mahal?" kata Neni.Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....A. tanda hubung (-), tanda koma (,), dan tanda tanya (?)B. tanda hubung (-), tanda seru (!), dan tanda tanya (?)C. tanda seru (!), tanda koma (,), dan tanda tanya (?)D. tanda seru (!), tanda koma (,), dan tanda titik ()37. Pada hari sabtu, siswa SD Mandiri melakukan karyawisata ke museum purbakala sangiran.Penggunaan ejaan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ....A. Pada hari Sabtu, siswa SD Mandiri melakukan karyawisata ke Museum Purbakala Sangiran.B. Pada Hari Sabtu, siswa SD Mandiri melakukan karyawisata ke museum Purbakala Sangiran.C. Pada Hari Sabtu, siswa SD Mandiri melakukan Karyawisata ke museum Purbakala Sangiran.D. Pada hari Sabtu, siswa SD Mandiri melakukan karyawisata ke Museum Purbakala Sangiran.​


Jawaban:

32. D. dikembangbiakkan

33. A. produktivitas

34. D. Sebelum dimulai, peserta lomba pidato mendapat pengarahan dari panitia.

35. C. Opname

36. C. tanda seru (!), tanda koma (,), dan tanda tanya (?)

37. D. Pada hari Sabtu, siswa SD Mandiri melakukan karyawisata ke Museum Purbakala Sangiran.

Semoga membantu.


8. 6. Sebutkan kegiatan ekonomi dari 2 negara ASEAN.Jelaskan hubungannya dengan kondisi geografisnya.154 Buku Siswa SD/MI Kelas VI​


Jawaban:

jadikan jawaban terbaik yah,semoga benar.


9. Carilah 5 kata yang berhubungan dengan cuoreloTemukan pada bacaan di atas. Lalu, Jelaskan kelamaknanya secara tertulis.1. hujan2. petir3.5.Buku Siswa SD/MI Kelas It​


Jawaban:

Cuaca adalah salah satu contoh fenomena meteorologis yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada beragam hal yang dapat memengaruhi kondisi cuaca di suatu tempat mulai dari temperatur udara, kelembapan tanah, keberadaan partikel listrik di udara, badai matahari, hingga beragam aspek lainnya.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk mencari lima kata yang berhubungan dengan cuaca dan menjelaskan maknanya. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

1. Hujan

Makna:

a. titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan;

b. yang datang dan sebagainya banyak-banyak

2. Petir

Makna:

kilatan listrik di udara disertai bunyi gemuruh karena bertemunya awan yang bermuatan listrik positif (+) dan negatif (–);

3. Mendung

Makna:

a. awan yang mengandung hujan

b. dalam keadaan langit yang agak gelap, tidak ada sinar matahari (karena tertutup awan):

4. Cerah

Makna:

a. terang (tentang hari, bulan, warna); jernih (tentang kaca)

b. berseri (tentang muka)

c. baik; bahagia

5. Kabut

Makna:

a. kelam; suram; tidak nyata;

b. awan lembap yang melayang di dekat permukaan tanah

c. uap air sebagai hasil kondensasi yang masih dekat dengan tanah yang terjadi karena peristiwa pemanasan atau pendinginan udara, biasanya menyebabkan jarak pandang di permukaan bumi berkurang


10. 1.dina dan sinta membaca buku cerita yg sama.hari ini dina membaca buku dari halaman 12 sampai 25,sedangkan sinta membaca buku cerita dari halaman 15 sampai 34 berapa selisih jumlah halaman buku yg mereka baca?2.jumlah dari bilangan bulat adalah 17 dan selisih nya adalah 27.tentukan hasil kali keduabilanagn bulat tersebut!3.di kelas 6 sd merah putih,banyak siswa laki-laki 1/2 kali lebih banyak dari siswa perempuan.jika banyak siswa perempuan dikelas ada 12 orang.tentukan jumlah seluruh wiswa di kelas tersebut!4.jumlah kelereng adit,dimas,dan fahmi adalah 117 butir.adit memberikan 12 kelerengnya kepada dimas dan dimas memberikan 18 kelarengnya kepada fahmi sehingga ketiga anak tersebut memiliki jumlah kelereng yg sama banyak.berapa banyak kelereng yg di miliki dimas mula-mula?5.sebanyak 20%dari karyawan dari sebuah perusahaan memasuki masa pensiun,70%naik pangkat,dan sisanya terkena pemutusan hubungan kerja.jika karyawan yg terkena pemutusan kerja sebanyak 75 pekerja,tentukan selisih banyak nya karyawan yg pensiun dan naik pangkat!tolong di jawabya hari ini jam 09.00 dikumpulin#followiyaaulianazar#​


Jawaban:

1.

DINA 25-12=13.

SINTA 34-15=19.

SELISIH : 19-13= 6.

JADI,SELISIH ANTARA KEDUANYA ADALAH 6.

DAH ITU DOANG YAH,MAKLUMIN YAH SOALNYA AKU GAK ADA WAKTU LAGI,MAAF YAH KALO SALAH


11. Beni adalah siswa kelas V Sekolah Dasar (SD). Ia ditugaakan membaca teks yang ada di buku siswa Beni membaca teks dengan suara keras dan tangan menunjuk setiap baris bacaan. Guru membiarkan cara Beni membaca yang demikian. Setelah membaca teks,Beni meminta menjawab soal-soal yang berhubungan dengan isi teks. Hasil analisis jawaban Beni, diperoleh bahwa Beni hanya benar 2 dari 5 soal yang diberikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Beni mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi teks. Perintah a. Analisis kesalah Beni dalam membaca teksseperti kasus tersebut sehingga ia mempunyai kemampuam yang rendah dalam memahami isi bacaan! b. Kemukakan pula teknik mebaca yang tepat yang harus dilakukan Beni agar pemahaman terhadap isi teks yang dibaca meningkat!


1. Beni membaca dengan menunjuk huruf.... sedangkan membaca dgn cara tersebut akan membuat kita tdk fokus dan cara membaca yg dilakukan beni adalah teknik membaca yg tdk diajukan
2. Cara membaca yg baik adalah dgn berkonsentrasi dan fokus pda teks bukan memandang hal lain yg dpt menggangu konsentrasi.

12. Beni adalah siswa kelas V Sekolah Dasar (SD). Ia ditugaskan membaca teks yang ada di buku siswa. Beni membaca teks dengan suara keras dan tangan menunjuk setiap baris bacaan. Guru membiarkan cara Beni membaca yang demikian. Setelah membaca teks, Beni diminta menjawab soal-soal yang berhubungan dengan isi teks. Hasil analisis jawaban Beni, diperoleh bahwa Beni hanya benar 2 dari 5 soal yang diberikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Beni mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi teks. a. Analisislah kesalahan Beni dalam membaca teks seperti kasus di atas sehingga ia mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi bacaan! b. Kemukakan pula teknik membaca yang tepat yang harus dilakukan Beni agar pemahaman terhadap isi teks yang dibaca meningkat!


A. Karena ia hanya baca tapi tidak mengerti, dia menunjuk jarinya ke baris baris dan terlalu konsentrasi dalam melihat bukan membaca.
B. Sebaiknya pegang saja bukunya dan dimengerti serta jangan hanya suaranya keras harus seperti sedang belajar.

13. 1. Dina dan Sinta membaca buku cerita yang sama. Hari ini, Dina membaca buku cerita darihalaman 12 sampai 25, sedangkan Sinta membaca buku cerita dari halaman 15 sampai34. Berapa selisih jumlah halaman buku cerita yang mereka baca?2. Jumlah dari dua bilangan bulat adalah 17 dan selisihnya adalah 27. Tentukan hasil kalikedua bilangan bulat tersebut!3. Di kelas 6 SD Merah Putih, banyak siswa laki-laki 2 kali lebih banyak dari siswa perempuan.Jika banyak siswa perempuan di kelas ada 12 orang. Tentukan jumlah seluruh siswa dikelas tersebut!4. Jumlah kelereng Adit, Dimas, dan Fahmi adalah 117 butir. Adit memberikan 12kelerengnya kepada Dimas dan Dimas memberikan 18 kelerengnya kepada Fahmisehingga ketiga anak tersebut memiliki jumlah kelereng yang sama banyak. Berapabanyak kelereng yang dimiliki Dimas mula-mula?5. Sebanyak 20% dari karyawan sebuah perusahaan memasuki masa pensiun, 70% naikpangkat, dan sisanya terkena pemutusan hubungan kerja. Jika karyawan yang terkenapemutusan kerja sebanyak 75 pekerja, tentukan selisih banyaknya karyawan yangpensiun dan naik pangkat!​


1.

Dina

25-12=13 halaman

Sinta

34-15=29 halaman

29-13=16

Jadi selisih halaman buku Dina dengan Sinta adalah 16 halaman

semoga membantu-!

jangan lupa follow-!


14. Untuk mengasah dan menguji kemampuan cara berpikirrasional, logis, dan kritis, coba pilihlah satu jawaban yang tepat denganberarti telah melakukan interaksiIPSsedangmemberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d!1. Hubungan timbal balik antara dua2. Seorang guru yangorang atau lebih dalam kehidupanmengajar murid-muridnya di kelasantara ... dengana. individu dengan kelompokb. individu dengan individuC. kelompok dengan kelompokd. individu dengan alamdisebut ..a. gotong royongb. ketergantunganc. interaksid. kerja samaBuku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester Ganjil​


Jawaban:1.Individu dengan individu karena hanya 2 orang 2.C.interaksi

Penjelasan:


15. 1. Menegaskan keterampilan membaca di kelas rendah dan kelas tinggi dan menyimpulkan jenis-jenis membaca melalui sebuah kasus. Kasus: Bacalah teks berikut! Beni adalah siswa kelas V Sekolah Dasar (SD).Ia ditugaskan membaca teks yang ada di buku siswa. Beni membaca teks dengan suara keras dan tangan menunjuk setiap baris bacaan. Guru membiarkan cara Beni membaca yang demikian. Setelah membaca teks, Beni diminta menjawab soal-soal yang berhubungan dengan isi teks.Hasil analisis jawaban Beni, diperoleh bahwa Beni hanya benar 2 dari 5 soal yang diberikan.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Beni mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi teks. Perintah: a. Analisislah kesalahan Beni dalam membaca teks seperti kasus di atas sehingga ia mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi bacaan! b. Kemukakan pula teknik membaca yang tepat yang harus dilakukan Beni agar pemahaman terhadap isi teks yang dibaca meningkat!


Seharusnya guru memahami bahasa ibu dri seluruh murid sehingga, guru tesebut memah apa yg di bicarakan murid*nya, setelàh memahami bahasa mereka barulah proses belajar dan pembelajaran bisa berlangsung

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Buku Penghubung Siswa Sd"