Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Bacaan Anak Sd


Teks Bacaan Anak Sd

Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai denganteks yang kamu baca!1. apa yang sedang dilakukan oleh anak-anak sdnusantara?2. mengapa edo mengaduh kesakitan?3. apa yang dilakukan teman-teman edo saat edokesakitan?​

Daftar Isi

1. Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai denganteks yang kamu baca!1. apa yang sedang dilakukan oleh anak-anak sdnusantara?2. mengapa edo mengaduh kesakitan?3. apa yang dilakukan teman-teman edo saat edokesakitan?​


Jawaban:

2.Karena dia kesakitan

3.menolongnya

No1 aku gak bisa jawab karena gak ada foto ceritanya maaf


2. (1) Berbicara tentang anak TK, hinggga saat ini, kita kerapkali mendengar pendapat yangmengharuskan anak-anak TK untuk bisa membaca dan menulis.(2) Pendapat ini biasanyadilatarbelakangi oleh keinginan untuk bisa masuk SD dengan mudah karena pada saat tesmasuk SD banyak sekolah yang mensyaratkan calon siswanya bisa baca-tulis.13)Mengharuskan anak TK bisa membaca dan menulis berarti memaksakan anak untukmemiliki kemampuan yang seharusnya diajarkan di SD.(4) Hal ini membuat aktivitas bermainanak yang seyogyanya dominaja untuk usia mereka menjadi berkurang atau bahkan atau terabaikan.11. Pendapat yang pro permasalah pada teks tersebut ditandai dengan nomor ...A. (1)B. (3)C. (4)D. (2)​


Jawaban:

A.(1)

karena terdapat inti permasalahannya

Penjelasan:

maaf kalo salah


3. 12Bacalah teksberikut!(1) Berbicara tentang anak TK, hinggasaat ini, kita kerap kali mendengarpendapat yang mengharuskan anak-anakTK untuk bisa membaca dan menulis (2)Pendapat ini biasanya dilatarbelakngi olehkeinginan untuk bisa masuk SD denganmudah karena pada saat tes masuk SD, adabanyak sekolah yang mensyaratkan calonsiswanya bisa buca tulis (3) Mengharuskananak TK bisa membaca dan menulis berartimemaksakan anak untuk memilikikemampuan yang seharusnya barudiajarkan di SD. (4) Hal ini membuataktivitas bermain anak yang seyogyanyadominan untuk usia mereka menjadiberkurang atau bahkanterabaikanPernyataan yang merupakan argumenmenentang pada teks tersebut ditandaidengan nomor(A) (1).(C)(3).(B)(2)(D)(4)​


C. 3

Penjelasan:

Argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk [butuh rujukan]pembaca. Dalam penulisanargumentasi isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan obyektif dimana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat.

Semoga dapat membantu ^^


4. Kembangkanlah ide pokok tentang “peranan penting pembelajaran Bahasa Indonesia di SD” menjadi sebuat teks tulisan minimal terdiri atas dua pargaraf, lalu analisis contoh fonem, morfem, imbuhan, kata depan, kata majemuk, frase, dan kalimat dari teks tersebut! Analisislah contoh Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013 yang muatan materinya berkaitan dengan membaca, menulis, berbicara, menyimak, dan sastra anak. Pilihlah salah satu KD yang berkaitan dengan membaca, menulis, menyimak, berbicara, dan sastra anak kemudian rumuskan contoh langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan whole language di sekolah dasar Skip Navigatio


Ide pokok adalah ide yang mengandung inti dan digunakan untuk membangun seluruh isi paragraf. Ide ini dapat ditemukan dalam kalimat utama. Selain ide pokok, kita juga mengenal istilah ide penjelas yaitu ide yang berfungsi menjelaskan ide pokok. Ide ini dapat ditemukan dalam kalimat penjelas sebuah paragraf.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan sebuah ide pokok. Kemudian, kita diminta untuk mengembangkan ide pokok tersebut menjadi sebuah teks yang terdiri dari minimal dua paragraf. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

IDE POKOK: PERANAN PENTING PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD.

TEKS

Pembelajaran Bahasa Indonesia sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin, bahkan mulai dari tingkat sekolah dasar. Pendidikan ini sangat penting karena bukan hanya menyangkut Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi bangsa Indonesia, melainkan pula sebagai identitas kita sebagai bangsa Indonesia. Tanpa pemahaman yang baik akan Bahasa Indonesia, sulit rasanya bagi kita untuk mengaku diri sebagai bangsa Indonesia yang berbahasa satu, Bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, pembelajarna Bahasa Indonesia sangat penting untuk dilakukan oleh para tenaga pengajar yang berkualitas, yang mampu tidak hanya untuk mengajar Bahasa Indonesia sesuai dengan kurikulum yang diberikan oleh pemerintah, melainkan juga untuk menanamkan dalam diri setiap peserta didik rasa bangga akan Bahasa Indonesia jauh melebihi bahasa asing. hal ini sangat penting mengingat tidak sedikit generasi muda saat ini yang beranggapan bahwa bahasa asing seperti Bahasa Inggris jauh lebih menarik dan bergengsi daripada Bahasa Indonesia.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang ide pokok:

https://brainly.co.id/tugas/13526830

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 - Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: mengembangkan, ide pokok, peranan penting pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, teks, dua paragraf, fonem, morfem, imbuhan, kata depan, kata majemuk, frasa, kalimat,


5. Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut lalu simpulkan apa fungsi dari kutipan teks laporan berikut.……………………………. Berdasarkan observasi dan pengamatan yang telah dilakukan setelah melakukan kegiatan belajar mengajar selama seminggu, kami menyimpulkan bahwa pendidikan di Desa Koranji kurang merata bahkan dapat dikatakan cukup memprihatinkan. Kesimpulan tersebut kami dapat dikarenakan beberapa anak kelas 5 dan 6 SD yang kami ajar belum dapat membaca, menulis, dan bahkan tidak dapat melafalkan alphabet. Hal ini mungkin dapat terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah sistem pengajaran yang belum efektif dan kualitas staf pengajar yang patut dipertanyakan.


Jawaban:

fungsinya adl kita menjadi tau bahwa kbm di desa koranji kurang merata dan cukup memprihatinkan,dan jika dilirik olh pemerintah semoga pemerintah memperhatikan pendidikan di des koranji


6. Bacalah teks ulasan berikut!Dari novel ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa dalam proses belajar-mengajar dalam pendidikan anak usia sekolah dasar berbeda dengan anak-anak usia sekolah menengah. Para murid sekolah dasar lebih senang belajar dengan metode yang berbeda, yaitu biasa disebut bermain sambil belajar. Para siswa SD menyenangi metode belajar yang menyenangkan dan tidak menonton.Kutipan teks ulasan tersebut merupakan bagian a evaluasi b sinopsis c orientasi d analisis tolong dijawab kak


Jawaban:

B Sinopsis

Penjelasan:

karena ulasan diatas merupakan rangkaian penjelasan dari seluruh teks


7. 6. (1). Calistung merupakan kegiatan anak mengenal huruf dan angka. (2). Tidak heran, banyak orangtua yang menyekolahkan anak dan memaksa anak harus bisa calistung saat duduk di pra sekolah. (3). Apalagi beberapa Sekolah Dasar (SD) mensyaratkan anak yang akan masuk SD harus bisa membaca, namun ternyata hal itu tidak baik bagi kondisi anak. (4). Menurut pengajar diTaman Pelangi, Yuwanita Eka Putri, mendorong anak agar belaar terutama belajar calistung akan mengganggu perkembangannya, bahkan orangtua bisa melewatkan masa perkembangan anakyang penuh warna dengan bermain. Pendapat yang menyatakan menentang pad teks tersebut ditandai nomo.... a. (1) c. (3) b. (2) d. (4)


jawabanya adalah c.(3) maafkalo salah

Jawaban:

C. (3)

JADIKAN JAWABAN TERBAIK YAA...


8. Bacalah teks berikut.Dina adalah murid kelas VI SD. la tergolong anak yang rajin Sepulangsekolah selalu membantu ibunya membersihkan rumah. Sekalipun banyakpekerjaan dirumah, ia tidak pernah lupa menyelesaikan tugas sekolahPrestasinya di sekolah juga tetap memuaskan itu sebabnya. Dina seringmendapatkan pujian dari guru dan disukai oleh teman temannya.Sjmpulan teks di atas adalah ....​


Dina adalah anak yang rajin dan berprestasi

Jawaban:

Simpulannya adalah

Kita harus selalu membantu ortu dan kewajiban kita adalah belajar, jadi meskipun kita selalu menjadi juara kita tidak boleh sombong, dan selalu rendah hati.


9. Perhatikan teks percakapan berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 1 dan 2!soal-soal berikut dengan benar dan tedemi terciptanya lingkungan bersih dan nyaman, pada hari sabtu anak-anak sdpelita jaya membersihkan ruang kelas mereka. hari senin besok sekolah mereka akankedatangan tamu tim juri lomba kebersihan sekolah tingkat kota. mereka sangatantusias menyambut lomba tersebut. bel sekolah berbunyi di pagi hari, hampir semuamurid sudah hadir di sekolah.1. kalimat utama teks bacaan di atas adalah?jawab:2.kalimat penjelas pada teks percakapan di atas adalahjawab:3. apa yang dilakukan anak-anak sd pelita untuk menciptakan lingkungan bersih dannyaman?jawab:​tolong jawab dong sekarang ini mau dikumpul sekarang juga nih tolong jawab


1. Kalimat utama teks bacaan di atas adalah?

Demi terciptanya lingkungan bersih dan nyaman, pada hari sabtu anak-anak SD Pelita Jaya membersihkan ruang kelas mereka.

2.  Kalimat penjelas pada teks percakapan di atas adalah

Hari senin besok sekolah mereka akan  kedatangan tamu tim juri lomba kebersihan sekolah tingkat kota.Mereka sangat antusias menyambut lomba tersebut.Bel sekolah berbunyi di pagi hari, hampir semua  murid sudah hadir di sekolah.

3. Apa yang dilakukan anak-anak SD Pelita Jaya untuk menciptakan lingkungan bersih dan  nyaman?

Mereka membersihkan ruang kelas mereka masing-masing.

Pembahasan

Kalimat utama dalam sebuah bacaan yaitu merupakan sebuah  kalimat yang umumnya berisi gagasan utama di dalam sebuah bacaan yang tentunya akan membutuhkan kalimat penjelas untuk memaparkan isi paragraf dengan lebih secara detail.

Kalimat penjelas adalah kalimat yang digunakan untuk menjelaskan isi dan maksud dari gagasan pikiran yang dimiliki oleh seorang penulis agar tulisannya dapat dengan mudah dimengerti secara keseluruhan dan jelas oleh pembacanya.

Dari bacaan di atas kita bisa mengetahui bahwa kalimat pertama merupakan sebuah kalimat utama dalam paragraf yang berisi gagasan utama dan hal yang bersifat umum. Sedangkan kalimat yang kedua dan ketiga berfungsi sebagai kalimat penjelas yang membantu penulis untuk menjelaskan apa isi dari bahasan paragraf pada pembaca.

Pelajari lebih lanjut

Penjelasan kalimat utama

https://brainly.co.id/tugas/2978762

Penjelasan kalimat penjelas

https://brainly.co.id/tugas/84696

#BelajarBersamaBrainly


10. Salah satu tugas guru bagi anak berkebutuhan khusus adalah menyusun rencana intervensi yang sesuai dengan kebutuhan khusus anak. Hasil asesmen menunjukkan seorang siswa berkesulitan membaca di kelas 2 SD mengalami kesulitan dalam memahami bacaan, meskipun sederhana. Ia bisa mengeja dan membaca semua huruf, kata, dan kalimat namun seringkali tidak bisa menjawab pertanyaan terkait bacaan tersebut. Anak juga kesulitan dalam menceritakan kembali dengan bahasanya sendiri teks yang sudah ia baca. Intervensi kesulitan membaca pada kasus tersebut akan dirancang melalui pendekatan pengalaman berbahasa (language experience approach).a. Jelaskan bagaimana prinsip pendekatan pengalaman berbahasa (language experience approach)b. Buatlah rancangan prosedur intervensi kesulitan membaca pemahaman berdasarkan pendekatan pengalaman berbahasa (language experience approach)​


Jawaban:

Prinsip dari pendekatan pengalaman berbahasa (language experience approach) adalah dengan mengekspresikan bahasa lisan siswa yang didasarkan pada pikiran, perasaan, dan pengalamannya sendiri yang dapat ditulis dan dibaca. Kegiatan ini dapat disamakan sebagaimana halnya siswa membaca ide-ide orang lain yang telah dituangkan ke dalam wujud tulisan. Prosedur yang harus dilakukan saat melakukan LEA antara lain:

PenjajakanPembahasan PenulisanPenyempurnaanPemanfaatan

Penjelasan:

Pendekatan pengalaman berbahasa (language experience approach) atau sering disebut dengan LEA adalah metode pengajaran penguasaan keterampilan berbahasa yang menggabungkan pembelajaran berbicara dengan pengalaman bahasa anak yang meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Aspek yang harus diperhatikan dalam pembelajaran itu meliputi kemampuan berpikir dan kemampuan mengungkapkan bahasa.

LEA menganut pandangan bahwa anak-anak akan lebih mudah mengenali tulisannya sendiri, karena kata-kata yang tertuang dalam tulisan tersebut merupakan refleksi atau cerminan dari kehidupannya sehari-hari. Bahasa yang digunakan merupakan bahasa yang akrab dengan kehidupannya yaitu bahasa yang menggambarkan latar belakang pengalaman pribadinya. Prosedur yang harus dilakukan saat melakukan LEA antara lain:

Penjajakan. Guru menjajaki latar belakang  pengetahuan dan pengalaman bahasa siswa lalu memotivasi siswa untuk berpikir dan berbicara.Pembahasan. Siswa bersama-sama guru mendikusikan pengalaman mereka. Guru mengarahkan  para siswa untuk berinteraksi. Penulisan. Guru mengarahkan siswa untuk menulis pengalaman yang tadi telah diceritakan. Jika  siswa kesulitan dalam menulis, guru dapat menuliskan kata dan kalimat sambil mengarahkan agar siswa dapat menulis sendiri.Penyempurnaan. Jika ada tulisan yang salah, pembetulan tulisan dilakukan pada  tahap penyempurnaan ini. Guru bersama siswa menyempurnakan bahasa dan  struktur kalimat yang kurang tepat. Pemanfaatan. Bacaan yang telah disempurnakan dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan baca-tulis. Misalnya membaca dengan lafal dan intonasi yang  benar, membaca kelompok kata, membaca kalimat, membaca paragraf, serta  menambah kosakata siswa melalui pencarian sinonim atau antonim.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang  metode baca tulis anak pada

brainly.co.id/tugas/25246990

#BelajarBersamaBrainly


11. 32. Penggunaan kata rujukan pada teks tanggapan terdapat pada... A. Pendidikan bela negara sebaiknya sudah diberikan anak sejak SD. B. Pendapat tersebut sudah terbukti oleh berbagai lembaga survei. C. Siswa SMK lebih siap bekerja daripada siswa SMA. D. Membaca itu penting seperti pentingnya makanan bagi tubuh kita.​


Jawaban:

A. pendidikan bela negara sebaiknya sudah di berikan anak sejak SD

Penjelasan:

agar anak anak sudah terarahkan kepada pelajaran untuk menjadi pintar.maaf kalau salah


12. Ani adalah seorang guru yang baru di sebuah SD inklusif. Pada saat ia masuk kelas, Ani meminta Budi untuk membaca sebuah materi yang ada di dalam buku teks. Namun, bacaan yang dilakukan oleh Budi sukar dipahami oleh Ani dan siswa lain. Kemudian Ani bertanya dengan guru-guru lainnya mengenai Budi, ternyata budi merupakan siswa autis. Bagaimana Ani merancang strategi proses pembelajaran di kelas yang terdapat anak autis seperti Budi?


Strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas yang terdapat anak autis antara lain sebagai berikut:

Memberikan perhatian lebih kepada anak autis tersebut namun tidak berlebihan.Mencari cara paling efektif untuk berkomunikasi dengan anak tersebut.Mengulangi kalimat-kalimat sederhana dalam pembelajaran.Hindari kata-kata atau ceramah yang terlalu panjang.Memberikan tujuan pembelajaran khusus untuk anak tersebut.Memberikan waktu lebih banyak dalam memproses pembelajaran bagi anak tersebut.Menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk anak tersebut.Memberikan standar penilaian khusus untuk anak tersebut.Memberikan pemahaman kepada teman-teman sekelasnya akan kondisi tersebut.

Penjelasan:

Autis adalah gangguan sistem syaraf yang dapat melemahkan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Gangguan ini merupakan variasi syaraf yang kompleks. Gejala yang muncul bagi tiap penderita akan berbeda-beda. Namun penderita autis bukan berarti tidak dapat belajar sama sekali. Penderita autis dapat berkembang dengan baik asalkan diberikan penanganan yang tepat. Begitu pula di sekolah misalnya, jika ditemukan ada anak yang menderita autis, seluruh pelaku pendidikan di sekolah tersebut hendaknya mengkondisikan agar anak tersebut dapat berkembang secara maksimal.

Kunci dari memberikan pembelajaran kepada anak yang menderita autis adalah dengan menemukan cara komunikasi yang tepat. Penderita autis mengalami kesulitan dalam proses komunikasi. Maka pembelajaran yang biasa dilakukan kepada anak normal, tidak akan dapat ditangkap oleh anak penderita autis. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk memberikan strategi-strategi tertentu agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik.

Pelajari Lebih Lanjut:Materi tentang autis https://brainly.co.id/tugas/4425356 Materi tentang pengertian autis https://brainly.co.id/tugas/4702650 Materi tentang strategi pembelajaran https://brainly.co.id/tugas/16099843

Detail Jawaban:

Kelas: S1

Mapel: Ilmu Pendidikan

Bab: Strategi Pembelajaran

Kode: -

#TingkatkanPrestasimu


13. dengan ilustrasi gambar menarik sehingga membuat pembaca tidak mudah bosan sayangnya buku ini tidak dilengkapi dengan simpulan pesan cerita di akhir cerita dari pembaca harus di menyimpulkan sendiri pesan yang terkandung dalam cerita.Buku kumpulan dongeng si kancil sangat cocok dibaca anak terutama anak-anak tingkat SD dan SMP Selain itu buku ini cocok dibaca oleh orang tua kepada anaknya yang masih sekolah TK cerita-cerita yang terdapat dalam buku ini dapat meningkatkan daya pikir dan daya imajinasi anak .kekurangan teks ulasan tersebut tidak mengandung unsur A. identitas karya dan orientasi B. sinopsis dan analisis C. analisis dan evaluasiD. evaluasi dan rekomendasi INI TOLONG DIJAWAB DENGAN BENAR YA ( JANGAN ASAL JAWAB )DIBUTUHKAN SEGERA​


Jawaban:

A. identitas karya dan orientasi

maaf kalo salah


14. Bacalah teks ulasan berikut!Dari novel ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa dalam proses belajar-mengajar dalam pendidikan anak usia sekolah dasar berbeda dengan anak-anak usia sekolah menengah. Para murid sekolah dasar lebih senang belajar dengan metode yang berbeda, yaitu biasa disebut bermain sambil belajar. Para siswa SD menyenangi metode belajar yang menyenangkan dan tidak menonton.Kutipan teks ulasan tersebut merupakan bagian a. evaluasi b. sinopsis c. orientasi d. analisis tolong dijawab kak


Jawaban:

a. evaluasi

Penjelasan:

Karna terdapat penilaian(kelebihan) penulis terhadap novel berupa kalimat "Dari novel ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa dalam proses belajar-mengajar dalam pendidikan anak usia sekolah dasar berbeda dengan anak-anak usia sekolah menengah. Para murid sekolah dasar lebih senang belajar dengan metode yang berbeda, yaitu biasa disebut bermain sambil belajar. Para siswa SD menyenangi metode belajar yang menyenangkan dan tidak menonton"


15. 1. Apa yang dibicarakan penulis di atas? 2 . Tema apa yang dapat kamu temukan dalam bacaan di atas! 3. Teks di atas belum ada judulnya, berilah judul sesuai dengan objek yang telah ditentukan pada bacaan di atas! 4. Pada bagian isu, apakah sudah membicarakan temanya? 5. Bagaimana penulis menggambarkan kepeduliannya tentang toma di atas? 6. Pada bagian pendukung, apa yang kamu ingin tambahkan? 7. Tuliskan pendapatmu tentang tulisan di atas! Gunakan bahasa yang efektif dan efisien! 8. Apa tujuan simpulan pada teks di atas? 9. Akhir-akhir ini banyak anak sekolah bahkan anak SD sudah membaca HP di sekolah, bagaimana pendapatmu? 10. Sudahkah kalian tahu yang sebenamya tentang dampak positif dan negatifya menggunakan HP?


Jawaban:

gk tau

Penjelasan:

mana teks ny? kok gk ad?.


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Teks Bacaan Anak Sd"