Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Buku Sukino Kurikulum 2013


Kunci Jawaban Buku Sukino Kurikulum 2013

Kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013

1. Kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013


Jawaban:

jhcjifgjifhucjuh ini8


2. kunci jawaban buku matematika kelas 4 kurikulum 2013 halaman 120​


1. a. Keliling = 2 x (p + l)

= 2 x (46 cm + 23 cm)

= 2 x (69 cm)

= 138 cm

b. Keliling = 2 x (p + l)

= 2 x (37 cm + 13 cm)

= 2 x (50 cm)

= 100 cm

c. Keliling = 2 x (p + l)

= 2 x (40 cm + 25 cm)

= 2 x (65 cm)

= 130 cm

2. a. Panjang = (Keliling – (2 x Lebar)) : 2

= (88 cm – (2 x 12 cm)) : 2

= (88 cm – 24 cm) : 2

= 64 cm : 2

= 32 cm

b. Lebar = (Keliling – (2 x Panjang)) : 2

= (156 cm – (2 x 58 cm)) : 2

= (156 cm – 116 cm) : 2

= 40 cm : 2

= 20 cm

c. Panjang = (Keliling – (2 x Lebar)) : 2

= (236 cm – (2 x 46 cm)) : 2

= (236 cm – 92 cm) : 2

= 144 cm : 2

= 72 cm

3. Diketahui : Panjang = 57 cm

Lebar = 43 cm

Ditanyakan : Keliling Persegi Panjang = ?

Jawab : Keliling Persegi Panjang = 2 x (p + l)

= 2 x (57 cm + 43 cm)

= 2 x 100 cm

= 200 cm

Jadi keliling persegi panjang adalah 200 cm.

4. Diketahui : Keliling Persegi Panjang = 456 cm

Lebar = 81 cm

Ditanyakan : Panjang Persegi Panjang = ?

Jawab : Panjang = (Keliling – (2 x Lebar)) : 2

= (456 cm – (2 x 81 cm)) : 2

= (456 cm – 162 cm) : 2

= 294 cm : 2

= 147 cm

Jadi Panjang Persegi Panjang adalah 147 cm.

5. Diketahui : Kebun Udin berbentuk Persegi Panjang

Panjang = 4 m

Lebar = 2 m

Ditanyakan : Panjang Pagar yang dibutuhkan = ?

Jawab : Panjang Pagar yang dibutuhkan = Keliling Persegi Panjang

= 2 x (p + l)

= 2 x (4 m + 2 m)

= 2 x (6 m)

= 12 m

JADIKANYANGTERBAIK


3. kunci jawaban buku matematika kelas 4 kurikulum 2013 halaman 131​


Jawaban:

B).

Penjelasan dengan langkah-langkah:

L = 6.17.17

= 1.734 cm²


4. Kunci jawaban buku paket kelas 9 kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 20,21,23


Teks laporan adalah karya sastra Indonesi ayang menyajikan informasi tentang suatu peristiwa, obyek, atau hal ke dalam bentuk paparan. Teks laporan dapat dibedakan menjadi beberapa jensi tergantung obyeknya seperti teks laporan percobaan, wawancara, kunjungan, observasi, dan lain sebagainya.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan jawaban terkait teks laporan tentang Venus, Kelelawar, dan Rantai Makanan di Antartika. Beriktu kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Laporan tentang Venus

- Ya, pernyataan umumnya sudah jelas mengklasifikasikan Venus.

- Kosakata teknis yang dipakai: planet, berotasi

- Kata yang menggambarkan aksi: berotasi.

Kata yang menggambarkan proses: mengedari

- Cara pengurutan gambaran tentang Venus masih belum baik. Sebaiknya penggambaran kondisi langit Venus diletakkan setelah warna planet tersebut.

Laporan tentang Kelelawar

- Pernyataan umum dikembangkan dengan cara deskripsi, berbeda dengan Venus yang menggunakan definisi.

- Uraian teks Kelelawar dibagi dengan menyajikan penampilan dan ciri-ciri kelelawar.

- Nokturnal adalah hewan yang sebagian besar aktivitasnya dilakukan pada malam hari. Pupil adalah lubang pada mata manusia tempat berkas cahaya masuk.

- Di daerah saya tidak terdapat kelelawar khas.

- Kampret adalah sebutan untuk anak kelelawar. Sementara kalong adalah kelelawar berukuran besar dan hanya memakan buah.

- Kota Pekalongan terkait dengan kata kalong. Nama Pekalongan dipercaya berasal dari kata tapa ngalong, yaitu kegiatan bertapa yang dilakukan dengan menggantungkan tubuh secara terbalik mirip kalong yang dilakukan oleh Bau Rekso, seorang pahlawan era Majapahit yang berasal dari Pekalongan.

Laporan tentang Rantai Makanan di Antartika

- Pernyataan umum teks Kelelawar menggunakan pola deskripsi, sementar Rantai Makanan di Antartika menggunakan pola spasial

- Teks Kelelawar menjabarkan secara rinci ciri-ciri kelelawar, sementara teks Rantai Makanan di Antartika tidak menjabarkan selruuh spesies secara spesifik.

- Predator (artinya hewan pemangsa),

- Di depan rumahku terdapat sebuah selokan kecil yang lebarnya hanya 45 cm dengan kedalaman 30 cm. Baru-baru ini, kami sekeluarga membersihkan selokan tersebut. Setelah kami bersihkan, baru kami menyadari bahwa selokan tersebut memiliki dinding yang hanya terbuat dari bata ekspos dengan ketebalan masing-masing sisi 10 cm.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks laporan:

https://brainly.co.id/tugas/7635706

Detil jawaban

Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 4 - Laporan

Kode kategori: 7.1.4

Kata kunci: teks laporan


5. Kunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 hal 136 dan 137


Kunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 halaman 137 adalah pencemaran pada  Gambar 3.4 tergolong pencemaran air, bukti yang mendukung yaitu keadaan air yang kotor, baud an tidak dapat digunakan dalam kebutuhan rumah tangga. Pencemaran pada Gambar 3.5 tergolong pencemaran tanah, bukti yang mendukung yaitu tanah yang penuh sampah plastik sukar diurai sehingga tanah menjadi tidak subur serta tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Pembahasan

Kunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 hal 136 adalah sebagai berikut:

Di antara kesepuluh temanmu,  yang jumlah sampah  rumah tangganya paling banyak adalah siswa yang memiliki jumlah anggota keluarga paling banyak. Di antara kesepuluh temanmu, yang jumlah sampah  rumah tangganya paling sedikit adalah yang memiliki jumlah anggota keluarga paling sedikit. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah semakin banyak anggota keluarga maka jumlah sampah rumah tangga yang dihasilkan akan semakin banyak. Prediksi  jumlah sampah yang dihasilkan oleh rumahmu selama satu minggu kira-kira 30 kg. Hubungan antara jumlah penduduk dengan jumlah sampah yang dihasilkan adalah semakin banyak jumlah penduudk, maka sampah yang dihasilkan akan semakin banyak. Prediksi yang akan terjadi apabila setiap keluarga tidak mengatasi sampah yang dihasilkannya dengan baik,  sebagai contoh, setiap hari mereka membuang sampahnya ke sungai atau selokan yang ada di sekitar rumah atau bahkan membiarkan sampah rumah tangga menumpuk di halaman rumah yaitu terjadinya pencemaran di berbagai tempat. Jika sampah dibuang ke sungai atau selokan maka akan terjadi pencemaran air di sungai dan selokan serta akan menyebabkan banjir. Jika sampah dibuang di halaman rumah, maka akan menyebabkan pencemaran tanah serta bau tidak sedap akan menganggu pemilik rumah.

Kunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 hal 137 adalah sebagai berikut:

Pencemaran pada  Gambar 3.4 tergolong pencemaran air, bukti yang mendukung yaitu keadaan air yang kotor, bau dan tidak dapat digunakan dalam kebutuhan rumah tangga. Jika dibiarkan secara terus menerus maka akan menyebabkan banjir saat musim penghujan tiba.

Pelajari lebih lanjut tentang pencemaran air di: https://brainly.co.id/tugas/21490265.

Pencemaran pada Gambar 3.5 tergolong pencemaran tanah, bukti yang mendukung yaitu tanah yang penuh sampah plastik sukar diurai sehingga tanah menjadi tidak subur serta tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Benda-benda yang berada di tempat yang tidak semestinya, dengan jumlah yang tidak semestinya maka kita sebut sebagai polutan.

Jenis-jenis polutan air misalnya antara lain:

Limbah detergen. Limbah cair industry. Sampah rumah tangga yang dibuang ke suangai. Limbah pupuk kimia pertanian. Limbah pestisida dari pertanian.

Pelajari lebih lanjut tentang pestisida di: https://brainly.co.id/tugas/17323617.

Jenis-jenis polutan tanah misalnya antara lain:

Plastik bekas. Botol bekas. Limbah cair industry yang dibuang ke tanah.

Pelajari lebih lanjut tentang penanggulangan limbah industri di: https://brainly.co.id/tugas/16046889.

Air lindi yang berasal dari tumpukan sampah. Sampah organic rumah tangga.

Jenis-jenis polutan udara misalnya antara lain:

Asap kendaraan bermotor. Asap pabrik. Asap rokok. Gas CO2. Gas SO2. Gas NO2. Gas CFC. Gas CO.

Efek dari polusi udara ada bermacam-macam seperti pada uraian berikut ini:

Pencemaran akibat dari karbon dioksida menyebabkan:

Efek rumah kaca Pemanasan global Mencairnya es di kutub Naiknya permukaan air laut. Perubahan iklim yang menjadi tidak dapat di prediksi. Terjadinya banyak badai.

Pencemaran akibat dari karbon monoksida menyebabkan:

Terganggunya sistem pernapasan Kurangnya oksigen dalam tubuh Hemoglobin lebih suka mengikat karbon monoksida disbanding mengikat oksigen.

Pencemaran akibat dari sulfur oksida maupun nitrogen oksida menyebabkan:

Hujan asam Perairan menjadi asam sehingga hewan dan tumbuhan air menjadi mati Tanah menjadi asam sehingga tidak dapat ditanami Besi pada bangunan menjadi korosi.

Pencemaran akibat dari Cloro Fluoro Carbon menyebabkan:

Lubang pada lapisan ozon Radiasi sinar UV lebih banyak Kanker kulit Turunnya imunitas.

Detil jawaban

Kelas: VII

Mapel: biologi

Bab: pencemaran lingkungan

Kode: 7.4.9

Kata kunci: sampah, polusi tanah, polusi udara, polusi air


6. kunci jawaban buku paket halaman 36 sampai 38 uji kompetensi kurikulum 2013 bahasa jawa !​


Jawaban:

kalo kasih pertanyaan yang ada soalnya kan nggak semua orang punya buku paket yang sama

Jawaban:

kan semua orang gk punya paket nya, soalnya beda beda. foto nya mana??


7. Kunci jawaban hal. 198 199 buku indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2016 kelas7


Fabel adalah sebuah cerita yang mengisahkan sifat, sikap, atau watak manusia yang digambarkan melalui karakter hewan atau binatang. Salah satu ciri khas fabel adalah penggunaan bahasa yang sederhana agar ceritanya mudah dipahami oleh semua kalangan, terutama anak-anak.


Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait fabel "Belalang Sembah" dan "Sesama Saudara Harus Berbagi". Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.


RANGKAIAN PERISTIWA FABEL 1

1. Semut pergi ke gua untuk mengumpulkan makanan.

2. Semut dan belalang berpapasan, belalang menanyakan alasan semut yang mengumpulkan makanan.

3. Semut menolak ajakan belalang untuk menari.

4. Musim dingin tiba, belalang tidak punya makanan dan akhirnya meminta pada semut.


RANGKAIAN PERISTIWA FABEL 2

1. Pak Tua Rusa mengunjungi keluarga Pip Si Tupai dan menghadiahkan kacang kenari.

2. Sang Ibu tupai menyerahkan kacang kenari pada anak-anaknya dan menyuruh mereka membaginya sama rata.

3. Sang anak tupai paling besar mengambil sebagian besar kacang kenari untuknya karena menganggap dia berhak.

4. Ibu mengambil alih kacang dan membaginya kurang lebih sama rata di antara ketiga anaknya dan berpesan agar mereka selalu berbagi rasa.


TOKOH PADA FABEL 1

a. Belalang sembah

b. Semut


Sebagai rujukan, berikut kutipan fabel 1 dan 2 yang dirujuk oleh soal.

Belalang Sembah

Suatu hari di sebuah kebun anggur, tinggalah sebuah keluarga Semut  dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak. Semut ini membuat  sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan  seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Para Semut melihat  bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim  dingin yang cukup panjang. Ketika musim dingin makanan akan sangat  sulit untuk didapatkan, maka para Semut itu segera mencari berbagai  macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan  ketika musim dingin telah tiba.

Berbeda halnya dengan seekor Belalang sembah, Belalang sembah  memiliki mata yang besar dan tangan yang panjang. Mereka sering hidup  di pohon-pohon seperti halnya para Semut. ketika musim dingin akan  tiba Belalang sembah hanya berlatih menari. Setiap hari Belalang sembah  itu hanya berlatih menari. Namun sang Belalang lupa bahwa dia harus  mengumpulkan makanan untuk persiapannya menghadapi musim dingin

Suatu hari Sang Belalang sembah menari di dekat sarang Semut. Dia  menari dengan sangat anggun. Gerakan tangan dan badannya yang pelan  dan lembut membuat tariannya terlihat sangat mengagumkan. Para Semut  melihat Sang Belalang sembah menari, namun mereka tidak menghiraukan  tarian indahnya itu karena mereka memiliki tugas yang sangat penting.

...


Sesama Saudara Harus Berbagi

Suatu pagi indah dengan matahari yang cerah, Pak Tua Rusa mengunjungi  kediaman keluarga Pip si Tupai di sebuah desa.  

“Pagi, Ibu Tupai,” salam Pak Tua Rusa kepada Ibu Pip. Kemarin,  keponakanku mengunjungiku. Dia membawakan oleh-oleh yang cukup  banyak. Aku ingin membaginya untuk para sahabatku. Ini kacang kenari  spesial untuk keluargamu.”

“Terima kasih, Pak Tua Rusa,” ucap Ibu Pip.

Sepeninggal Pak Tua Rusa, Ibu Pip masuk ke dalam rumah dan memanggil  anak-anaknya. “Anak-anak, lihat kita punya apa? Kalian harus membaginya  sama rata ,ya.”

Asyiiik,” girang Pip dan adik-adiknya.

“Ibu taruh sini, ya.”

Setelah itu, ibu tupai mengurus rumah kediamannya. Sementara itu adikadik  Pip ingin mencicipi kacang itu.

“Ini aku bagi,” kata Pip. Dari sepuluh butir kacang, dia memberi adiknya  masing-masing dua butir. “Ini sisanya untukku, Aku kan paling besar.”

“Tapiii…Ibu kan pesan untuk membagi rata,” kata Titu, salah satu adik  kembar Pip, diiringi tangisan Puti, kembar satunya.

Mendengar tangisan Puti, ibu Pip keluar dan bertanya. Sambil terisak, Puti  menceritakan keserakahan kakaknya.

...


Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang fabel:

brainly.co.id/tugas/14328443


Detil jawaban

Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 8 - Mendeskripsikan sesuatu

Kode kategori: 7.1.8


Kata kunci: fabel, rangkaian peristiwa, tokoh, belalang sembah, sesama saudara harus berbagi


8. kunci buku tema 6 buku tematik terpadu kurikulum 2013 judul panas dan perpindahannya​


Hak murid di sekolah:

mendapat nilai

memperoleh pendidikan

mendapat kasih sayang dari guru

Kewajiban murid di sekolah:

mengerjakan piket kelas

mengerjakan tugas

menghormati guru

Hak anak di rumah :

mendapat kasih sayang dari orang tua

mendapat makanan,pakaian

mendapat pendidikan

Kewajiban anak dirumah:

menghormati orang tua

membantu orang tua

menjaga kerukunan dalam persaudaraan


9. Kunci jawaban uji kompetensi bab 11 halaman 215-216 buku seni budaya kurikulum 2013


Jawabannya:

1. Proses perancangan pementasan pantomim yaitu dari •perancangan bentuk pertunjukan •area pentas •properti •setting •musik •rias •kostum

Dalam proses perancangandituntut kreativitas kalian dalam menuangkan gagasan pada rencana pementasan.

2. untuk pementasan pantomim, cara merancang properti yaitu dengan membuat rancangan peralatan yang dibutuhkan di atas panggung (property) dan latar belakang panggung (setting) secara efektif dan efisien artinya properti dan setting yang dibuat sesuai dengan tuntutan pertunjukan, serta fungsinya yang jelas.

3.fungsi musik dalam pementasan pantomim yaitu sebagai penguat adegan dan gerakan pantomim. Juga membantu untuk mewujudkan suasana yang ingin ditampilkan misalnya kemeriahan, kesedihan, suasana hutan, kota maupun jalan raya.

4. Rancangan rias tersebut disesuaikan dengan karakter tokoh. Seperti: memakai bedak dasar putih, penggunaan sifat alis atau pensil alis, lipstik atau pemerah bibir, kelopak mata, dan merah di pipi

5. rancangan kostum tersebut juga disesuaikan berdasarkan karakter dan tata rias dari pemerannya. Kostumnya bisa sederhana berupa kaos dan celana yang ketat dengan tubuh. Tujuannya menggunakan kostum seperti ini supaya kelenturan dan bentuk-bentuk gerak yang ditampilkan lebih jelas

#Maaf_jika_salah


10. kunci jawaban buku matematika kelas 4 kurikulum 2013 halaman 132 ​plis jawab mau langsung di kerjain!


Jawaban:

2. a. 8 cm

b. 14

c. 21

Maaf kalau salah, semoga membantu :)


11. Kunci jawaban evaluasi bab 7 buku esis kurikulum 2013 halaman 273


Jawaban:

1.a

2.b

3.d

4.a

5.a

6.a

7.d

8.c

9.c

10.a

11.d

12.b

13.a

14.d

15.c

16.b

17.c

18.a

19.d

20.b


12. Kunci jawaban buku paket matematika kelas 9 kurikulum 2013 halaman 142 tabel 3.1


Jawab:

INI JAWABANNYA

A (3,4)___SUMBU -X___A'(3,-4)

B (2,3) ___ SUMBU -Y ___ B' (-2,3)

C (4,4) ___ TITIK ASAL ___C' (-4,-4)

D (4,5) ___ Y=X ___D'(5,4)

E (5,7) ___ y=-x ___ E'(-5,-7)

Penjelasan dengan langkah-langkah:

INI RUMUS YANG PERLU ANDA INGAT:

A. Sumbu -x titik koordinat bayangannya (x,-y)

B. Sumbu Y titik koordinat bayangannya (-x,y)

C. Titik asal titik koordinat bayangannya adalah (-x,-y)

D. Garis y=x titik koordinat bayangannya adalah (x , y)

E. Garis y=-x titik koordinat bayangannya (-y,-x)


13. kunci jawaban buku matematika kelas 4 Kurikulum 2013 halaman 66 sampai 68 semester 2​


Jawaban:

tema berapa??

Penjelasan:

.........


14. kunci jawaban buku paket ekonomi kelas 10 halaman 17-20 kurikulum 2013​


Penjelasan:

SimpanSimpan Kunci Jawaban Ekonomi SMA kelas X K2013n.docx Untuk Nanti

BAB 1

Pilihan Ganda

1. b 11. a 21. a 2. c 12. c 22. b 3. d 13. d 23. b 4. a 14. d 24. b 5. a 15. d 25. d 6. b 16. c 7. c 17. a 8. d 18. c 9. b 19. c 10. a 20. c

Esai

1.

Definisi ilmu ekonomi menurut Richard G.Lipsey adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. 2.

Definisi ilmu ekonomi menurut N.Gegory Mankiw adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka. 3.

Kelangkaan adalah kondisi di mana manusia memiliki sumber daya ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. 4.

Kelangkaan dapat disebabkan oleh hal-hal berikut. a.

Keterbatasan benda pemenuhan kebutuhan di alam. b.

Kerusakan sumber daya alam akibat ulah manusia. c.

Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya ekonomi yang ada. d.

Peningkatan kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan penyediaan sarana pemenuhan kebutuhan. 5.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal menentukan pilihan adalah sebagai berikut. a.

Analisis biaya peluang. b.

Analisis biaya manfaat. c.

Mengidentifikasi faktor pendorong kegiatan ekonomi. d.

Menyadari adanya

trade off.

e.

Berpegang pada prinsip ekonomi. 6.

Beberapa prinsip yang mendasari pilihan konsumen adalah sebagai berikut. a.

Pendapatan yang terbatas. b.

Konsumen membuat keputusan dengan mempertimbangkan alternatif. c.

Sebuah barang dapat digantikan yang lain. d.

Konsumen harus membuat keputusan tanpa informasi sempurna, tapi pengetahuan dan pengalaman dapat membantu. e.

Terjadinya hukum nilai guna marginal.

Hilangkan pesan penilaian pengguna

Tingkatkan Pengalaman Anda

Nilai akan membantu kami untuk menyarankan dokumen terkait yang lebih baik kepada semua pembaca kami!

64% menganggap dokumen ini bermanfaat, Tandai dokumen ini sebagai bermanfaatBermanfaat

36% menganggap dokumen ini tidak bermanfaat, Tandai dokumen ini sebagai tidak bermanfaatTidak bermanfaat


15. kunci jawaban buku tema 3 kelas 5 Kurikulum 2013 halaman 16​


Jawaban:

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna segala macam makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita melalui serangkaian prosespencernaan. Makanan yang awalnya dalam bentuk kasar diubah menjadi bentuk yang lebih halus dengan bantuan gigi dan enzim

Penjelasan:

semoga membantu ya dek


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Sukino Kurikulum 2013"