Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Buku Kimia Erlangga Kelas Xii Kurikulum 2013 Unggul Sudarmo


Kunci Jawaban Buku Kimia Erlangga Kelas Xii Kurikulum 2013 Unggul Sudarmo

ada yang bisa? ini dari buku erlangga bab 4 unggul sudarmo

1. ada yang bisa? ini dari buku erlangga bab 4 unggul sudarmo


Sebaiknya jumlah soal sebanyak ini disiapkan poin di atas 5 ya? Agar kawan2 lebih bersemangat :-)

----------

No.1) Ca : S = 5 : 4 ⇒ diketahui 10 gram Ca dan 9 gram S

tiap-tiap massa dibagi dengan angka bandingnya, diperoleh

Ca = 10 : 5 = 2 dan S = 9 : 4 = 2,5 ⇒ hasil bagi terkecil menjadi faktor penentu ⇒ 10 gram Ca habis bereaksi, massa S yang bereaksi 4 x 2 = 8 gram dan bersisa 9 - (4 x 2) = 1, sehingga terbentuk CaS sebesar 10 + 8 = 18 gram

ATAU, 5 + 4 = 9 lalu kalikan 2 menjadi 18 gram

----------

no.2) Fe : S = 7 : 4 ⇒ FeS = 7 + 4 = 11

ingin menghasilkan 4,4 gram FeS, maka 4,4 : 11 = 0,4 sebagai angka pengali

maka, disiapkan Fe = 7 x 0,4 = 2,8 gram

dan, S = 4 x 0,4 = 1,6 gram

----------

no.3) diinginkan massa B tetap, maka persentase angka B di senyawa I dan II harus dibuat sama, sehingga persentase angka A di senyawa I dan II harus disesuaikan (kali silang) yaitu

(60 x 50) : (50 x 40) = 3 : 2

----------

no.4) hasil penyetaraan: 2SO₂ + O₂ → 2SO₃

maka perbandingan volum gas tepat sama dengan angka-angka koefisien yaitu 2 : 1 : 2

----------

no.5) hasil penyetaraan: C₃H₈ + 5O₂ → 3CO₂ + 4H₂O

sehingga tiap 1 liter propana C₃H₈ membutuhkan 5 liter oksigen O₂, sesuai perbandingan angka koefisien

----------

no.6) masih tentang hukum dasar kimia dengan reaksi yang melibatkan gas seluruhnya, angka volum menjadi koefisien:

1 N₂ + 2,5 O₂ → 1 NxOy

diperoleh nilai x = 2 dan y = 5, sehingga rumus molekulnya N₂O₅

----------

semoga membantu ya, dan bila berkenan mohon ditandai sebagai jawaban terbaik untuk penambah semangat :-)

2. Kunci jawaban buku paket prima PH kelas 4 SD kurikulum 2013 4A Hal 91 Sampek 94 penerbit erlangga​


qwertyuiopasdfghjklz


3. Kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013


Jawaban:

jhcjifgjifhucjuh ini8


4. kunci jawaban buku paket ekonomi kelas 10 halaman 17-20 kurikulum 2013​


Penjelasan:

SimpanSimpan Kunci Jawaban Ekonomi SMA kelas X K2013n.docx Untuk Nanti

BAB 1

Pilihan Ganda

1. b 11. a 21. a 2. c 12. c 22. b 3. d 13. d 23. b 4. a 14. d 24. b 5. a 15. d 25. d 6. b 16. c 7. c 17. a 8. d 18. c 9. b 19. c 10. a 20. c

Esai

1.

Definisi ilmu ekonomi menurut Richard G.Lipsey adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. 2.

Definisi ilmu ekonomi menurut N.Gegory Mankiw adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka. 3.

Kelangkaan adalah kondisi di mana manusia memiliki sumber daya ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. 4.

Kelangkaan dapat disebabkan oleh hal-hal berikut. a.

Keterbatasan benda pemenuhan kebutuhan di alam. b.

Kerusakan sumber daya alam akibat ulah manusia. c.

Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya ekonomi yang ada. d.

Peningkatan kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan penyediaan sarana pemenuhan kebutuhan. 5.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal menentukan pilihan adalah sebagai berikut. a.

Analisis biaya peluang. b.

Analisis biaya manfaat. c.

Mengidentifikasi faktor pendorong kegiatan ekonomi. d.

Menyadari adanya

trade off.

e.

Berpegang pada prinsip ekonomi. 6.

Beberapa prinsip yang mendasari pilihan konsumen adalah sebagai berikut. a.

Pendapatan yang terbatas. b.

Konsumen membuat keputusan dengan mempertimbangkan alternatif. c.

Sebuah barang dapat digantikan yang lain. d.

Konsumen harus membuat keputusan tanpa informasi sempurna, tapi pengetahuan dan pengalaman dapat membantu. e.

Terjadinya hukum nilai guna marginal.

Hilangkan pesan penilaian pengguna

Tingkatkan Pengalaman Anda

Nilai akan membantu kami untuk menyarankan dokumen terkait yang lebih baik kepada semua pembaca kami!

64% menganggap dokumen ini bermanfaat, Tandai dokumen ini sebagai bermanfaatBermanfaat

36% menganggap dokumen ini tidak bermanfaat, Tandai dokumen ini sebagai tidak bermanfaatTidak bermanfaat


5. kunci jawaban buku tema 3 kelas 5 Kurikulum 2013 halaman 16​


Jawaban:

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna segala macam makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita melalui serangkaian prosespencernaan. Makanan yang awalnya dalam bentuk kasar diubah menjadi bentuk yang lebih halus dengan bantuan gigi dan enzim

Penjelasan:

semoga membantu ya dek


6. jawaban soal latihan 1.3 kelas XII kurikulum 2013


Latihan tentang integral fungsi trigonometri bila anda jurusan IPA.
Latihan tentang teknik pengintegralan.
Semangat!

7. Bab 3 PPkn kurikulum 2013 kelas XII


Jawaban:

Maksudnya apa ya bab 3 PPKN kurikulum 2013 kelas Xll


8. Tolong jawab asah kemampuan halaman 248 buku matematika kurikulum 2013 penerbit erlangga kelas x


Jawaban:

pertanyaannya mana???


9. kunci jawaban buku matematika kelas 4 kurikulum 2013 halaman 131​


Jawaban:

B).

Penjelasan dengan langkah-langkah:

L = 6.17.17

= 1.734 cm²


10. kunci jawaban buku matematika kelas 4 kurikulum 2013 halaman 120​


1. a. Keliling = 2 x (p + l)

= 2 x (46 cm + 23 cm)

= 2 x (69 cm)

= 138 cm

b. Keliling = 2 x (p + l)

= 2 x (37 cm + 13 cm)

= 2 x (50 cm)

= 100 cm

c. Keliling = 2 x (p + l)

= 2 x (40 cm + 25 cm)

= 2 x (65 cm)

= 130 cm

2. a. Panjang = (Keliling – (2 x Lebar)) : 2

= (88 cm – (2 x 12 cm)) : 2

= (88 cm – 24 cm) : 2

= 64 cm : 2

= 32 cm

b. Lebar = (Keliling – (2 x Panjang)) : 2

= (156 cm – (2 x 58 cm)) : 2

= (156 cm – 116 cm) : 2

= 40 cm : 2

= 20 cm

c. Panjang = (Keliling – (2 x Lebar)) : 2

= (236 cm – (2 x 46 cm)) : 2

= (236 cm – 92 cm) : 2

= 144 cm : 2

= 72 cm

3. Diketahui : Panjang = 57 cm

Lebar = 43 cm

Ditanyakan : Keliling Persegi Panjang = ?

Jawab : Keliling Persegi Panjang = 2 x (p + l)

= 2 x (57 cm + 43 cm)

= 2 x 100 cm

= 200 cm

Jadi keliling persegi panjang adalah 200 cm.

4. Diketahui : Keliling Persegi Panjang = 456 cm

Lebar = 81 cm

Ditanyakan : Panjang Persegi Panjang = ?

Jawab : Panjang = (Keliling – (2 x Lebar)) : 2

= (456 cm – (2 x 81 cm)) : 2

= (456 cm – 162 cm) : 2

= 294 cm : 2

= 147 cm

Jadi Panjang Persegi Panjang adalah 147 cm.

5. Diketahui : Kebun Udin berbentuk Persegi Panjang

Panjang = 4 m

Lebar = 2 m

Ditanyakan : Panjang Pagar yang dibutuhkan = ?

Jawab : Panjang Pagar yang dibutuhkan = Keliling Persegi Panjang

= 2 x (p + l)

= 2 x (4 m + 2 m)

= 2 x (6 m)

= 12 m

JADIKANYANGTERBAIK


11. kunci jawaban ujian akhir semester hal 145 buku paket pendidikan agama islam dan budi pekerti untuk SMK kelas XI Kurikulum 2013 penerbit erlangga​


Jawaban:

1.D

2.A

3.A

4. 1,4,2,3

semoga membantu


12. Kunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 hal 136 dan 137


Kunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 halaman 137 adalah pencemaran pada  Gambar 3.4 tergolong pencemaran air, bukti yang mendukung yaitu keadaan air yang kotor, baud an tidak dapat digunakan dalam kebutuhan rumah tangga. Pencemaran pada Gambar 3.5 tergolong pencemaran tanah, bukti yang mendukung yaitu tanah yang penuh sampah plastik sukar diurai sehingga tanah menjadi tidak subur serta tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Pembahasan

Kunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 hal 136 adalah sebagai berikut:

Di antara kesepuluh temanmu,  yang jumlah sampah  rumah tangganya paling banyak adalah siswa yang memiliki jumlah anggota keluarga paling banyak. Di antara kesepuluh temanmu, yang jumlah sampah  rumah tangganya paling sedikit adalah yang memiliki jumlah anggota keluarga paling sedikit. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah semakin banyak anggota keluarga maka jumlah sampah rumah tangga yang dihasilkan akan semakin banyak. Prediksi  jumlah sampah yang dihasilkan oleh rumahmu selama satu minggu kira-kira 30 kg. Hubungan antara jumlah penduduk dengan jumlah sampah yang dihasilkan adalah semakin banyak jumlah penduudk, maka sampah yang dihasilkan akan semakin banyak. Prediksi yang akan terjadi apabila setiap keluarga tidak mengatasi sampah yang dihasilkannya dengan baik,  sebagai contoh, setiap hari mereka membuang sampahnya ke sungai atau selokan yang ada di sekitar rumah atau bahkan membiarkan sampah rumah tangga menumpuk di halaman rumah yaitu terjadinya pencemaran di berbagai tempat. Jika sampah dibuang ke sungai atau selokan maka akan terjadi pencemaran air di sungai dan selokan serta akan menyebabkan banjir. Jika sampah dibuang di halaman rumah, maka akan menyebabkan pencemaran tanah serta bau tidak sedap akan menganggu pemilik rumah.

Kunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 hal 137 adalah sebagai berikut:

Pencemaran pada  Gambar 3.4 tergolong pencemaran air, bukti yang mendukung yaitu keadaan air yang kotor, bau dan tidak dapat digunakan dalam kebutuhan rumah tangga. Jika dibiarkan secara terus menerus maka akan menyebabkan banjir saat musim penghujan tiba.

Pelajari lebih lanjut tentang pencemaran air di: https://brainly.co.id/tugas/21490265.

Pencemaran pada Gambar 3.5 tergolong pencemaran tanah, bukti yang mendukung yaitu tanah yang penuh sampah plastik sukar diurai sehingga tanah menjadi tidak subur serta tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Benda-benda yang berada di tempat yang tidak semestinya, dengan jumlah yang tidak semestinya maka kita sebut sebagai polutan.

Jenis-jenis polutan air misalnya antara lain:

Limbah detergen. Limbah cair industry. Sampah rumah tangga yang dibuang ke suangai. Limbah pupuk kimia pertanian. Limbah pestisida dari pertanian.

Pelajari lebih lanjut tentang pestisida di: https://brainly.co.id/tugas/17323617.

Jenis-jenis polutan tanah misalnya antara lain:

Plastik bekas. Botol bekas. Limbah cair industry yang dibuang ke tanah.

Pelajari lebih lanjut tentang penanggulangan limbah industri di: https://brainly.co.id/tugas/16046889.

Air lindi yang berasal dari tumpukan sampah. Sampah organic rumah tangga.

Jenis-jenis polutan udara misalnya antara lain:

Asap kendaraan bermotor. Asap pabrik. Asap rokok. Gas CO2. Gas SO2. Gas NO2. Gas CFC. Gas CO.

Efek dari polusi udara ada bermacam-macam seperti pada uraian berikut ini:

Pencemaran akibat dari karbon dioksida menyebabkan:

Efek rumah kaca Pemanasan global Mencairnya es di kutub Naiknya permukaan air laut. Perubahan iklim yang menjadi tidak dapat di prediksi. Terjadinya banyak badai.

Pencemaran akibat dari karbon monoksida menyebabkan:

Terganggunya sistem pernapasan Kurangnya oksigen dalam tubuh Hemoglobin lebih suka mengikat karbon monoksida disbanding mengikat oksigen.

Pencemaran akibat dari sulfur oksida maupun nitrogen oksida menyebabkan:

Hujan asam Perairan menjadi asam sehingga hewan dan tumbuhan air menjadi mati Tanah menjadi asam sehingga tidak dapat ditanami Besi pada bangunan menjadi korosi.

Pencemaran akibat dari Cloro Fluoro Carbon menyebabkan:

Lubang pada lapisan ozon Radiasi sinar UV lebih banyak Kanker kulit Turunnya imunitas.

Detil jawaban

Kelas: VII

Mapel: biologi

Bab: pencemaran lingkungan

Kode: 7.4.9

Kata kunci: sampah, polusi tanah, polusi udara, polusi air


13. Latihan 5.3 Kimia kelas XII (Buku Paket Erlangga) Hal 167-168


ini yang bisa saya jawab, maaf

14. Apa yang dimaksud dengan katalisator? (hal. 71)Buku Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri) Kimia Untuk SMA Kelas 2/ Kurikulum 2013/ Penerbit Erlangga Tahun 2015/ Penulis: Soedjono


katalisator adalah suatu zat yang membantu (mempercepat) suatu reaksi namun tidak ikut bereaksi (pada akhir reaksi zat katalisator akan kembali ke bentuk semula)

15. Asah kemampuan halaman 248 buku matematika kurikulum 2013 penerbit erlangga kelas x


maaf saya tidak tahu karena saya belum pernah belajar ini


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kimia Erlangga Kelas Xii Kurikulum 2013 Unggul Sudarmo"