Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 6
contoh jawaban bahasa Indonesia di buku paket kelas 8 halaman 6 tentang berita
1. contoh jawaban bahasa Indonesia di buku paket kelas 8 halaman 6 tentang berita
Jawaban:naskah
Penjelasan:
2. Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 halaman 158 kegiatan 6. 2
Kumpulan cerita berdasarkan jenisnya :
CerpenJudul : Dari nadira, cerpen tersebut berisi kematian sang ibu, Kemala Yunus yang dikenal sangat ekspresif, berpikiran bebas, dan selalu bertarung mencari diri & sungguh mengejutkan.Judul : Karena kita tidak kenal, cerpen tersebut berisi seputar orang asing, merasa asing dengan diri sendiri.NovelJudul : Lakar pelangi, yang isinya menceritakan tentang perjuangan Bu Muslimah dan Pak Harfan, dua orang guru yang memiliki dedikasi tinggi dalam dunia pendidikan.Judul : Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (Hamka), yang isinya menceritakan seorang pemuda Minangkabau yang tidak dapat menikahi gadis yang dicintainya dikarenakan oleh latar belakang sosialnya.Buku ilmu pengetahuanJudul : Asal usul spesies, isinya menjelaskan tetang berbagai jenis spesies.Judul : Ekosistem makluk hidup yang isinya tentang berbagai ekosistem makhluk hidup di dunia.Pembahasan :
Cerita pendek adalah bagian dari fiksi prosa yang biasanya dapat dibaca dalam sekali duduk dan berfokus pada insiden mandiri atau serangkaian insiden terkait, dengan maksud membangkitkan efek atau suasana hati tunggal.
Sedangkan novel adalah sebuah karangan prosa yang panjang mengisahkan tentang kehidupan manusia dan masyarakat sekitar dengan adanya tokoh dan menonjolkan watak.
Pelajari lebih lanjut
Jenis-jenis novel
https://brainly.co.id/tugas/10939155
#BelajarBersamaBrainly#SPJ1
3. Jawaban Tugas Individu Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 6....tolong bgt kak...besok dikumpulin...
Penjelasan:
soalnya mana ko ga ada??
4. selamat hari raya idul Fitri mohon maaf lahir dan batinYANG ADA AKU BUAT SALAH KEPADA KAKAK DAN ABANG ABANG MOHON DIMAAFKAN DAN SEBAGAI PERMINTA MAAF JAWABLAH SOAL INI DENGAN BERIKUT DAN DENGAN BENAR NO GOOGLE REPORT beserta penjelasannyaBerikut ini adalah pembahasan soal dan jawaban Latihan US, UAS dan USBN untuk siswa kelas 6 SD Pelajaran Matematika semester genap dilansir dari berbagai sumber:Baca juga: SOAL USBN UJIAN SEKOLAH Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Tahun 2021 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan GandaBaca juga: KUNCI JAWABAN Tema 9 Kelas 5 Halaman 173 174 175 176 177 179 180 181 182 Subtema 3 Benda di Sekitar*SOAL PILIHAN GANDAA. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b, c atau d didepan jawaban yang benar !1. Hasil dari 7.598 - 1.637 - 2.893 + 4.716 adalah (materi klik disini)a. 7.784b. 7.812c. 7.856d. 7.9032. Hasil pengerjaan dari 64 x 826 : 28 adalah ....a. 1.678b. 1.762c. 1.888d. 1.9163. Suhu udara di puncak gunung pada pukul 03.00 adalah -10° C. Setelah matahari terbit, energi matahari menaikkan suhu udara di puncak gunung tersebut. Jika setiap jam suhu udara di puncak guning naik 5° C, suhu udara pada pukul 15.00 menjadi C°a. 23b. 24c. 26d. 28Soal matematika ini bisa dijadikan bahan belajar dalam menyongsong ujian akhir semester. Jangan lupa untuk giat berlatih soal agar mendapatkan nilai yang memuaskan.Tak perlu khawatir, soal ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban. Jadi adik-adik bisa mengerjakannya terlebih dahulu kemudian dicocokan oleh bunda di rumah.Soal Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawaban5. 20 × ( 80 : 5 ) – ( 16 + 9 ) = n, n adalah ….A. 327B. 313C. 295D. 345Dinda membeli 4 keranjang buah mangga. Tiap keranjang berisi 15 buah. Ternyata setelah dibuka ada 8 buah mangga yang busuk. Kemudian Dinda membeli lagi 25 buah mangga. Jadi, buah mangga Dinda sekarang ada … buah.A. 52B. 67C. 77D. 93
Nomor 1
7.598 - 1.637 - 2.893 + 4.716
= 5.961 - 2.893 + 4.716
= 3.068 + 4.716
= 7.784
Jawaban: A. 7.784
Nomor 264 × 826 ÷ 28
= 52.864 ÷ 28
= 1.888
Jawaban: C. 1.888
Nomor 3Suhu mula-mula = -10° c
Kenaikan suhu = 5° c per jam
Kenaikan suhu
= (15.00 - 03.00) × 5
= 12 × 5
= 60° c
Suhu pada pukul 15.00
= -10 + 60
= 50° c
Jawaban: ???? [koreksi ya]
Nomor 420 × (80 ÷ 5) - (16 + 9)
= 20 × 16 - 25
= 320 - 25
= 295
Jawaban: C. 295
Nomor 5Jumlah buah mangga mula-mula
= 4 × 15
= 60 buah
Busuk = 8 buah
Beli lagi = 25 buah
Total akhir
= 60 - 8 + 25
= 77 buah
Jawaban: C. 77 buah
5. Bacalah Hikayat Si Miskin halaman 141 s.d.144 Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan hikayat tsb. 1. Siapakah sebenarnya si Miskin itu? 2. Penderitaan apa yg dialami si Miskin? 3. Apa yg didapati si Miskin di tempat sampah? 4. Setelah mengalami penderitaan, adakah orang2 yg kasihan kepada si Miskin? Jika ada, siapa mereka? 5. Buah apa saja yg diinginkan istri si Miskin saat hamil? 6. Bagaimanakah akhir cerita Hikayat Si Miskin? Jelaskan. 7. Hikmah/pelajaran apa saja yg kita dapatkan dari Hikayat Si Miskin? 8. Karakteristik apa saja yg ada di hikayat tsb.? Tulislah kalimatnya. ( Satu karakterikstik, satu saja contoh kalimatnya) mengerjakan tugas. TOLONG BANTU JAWAB YA HIKAYATNYA ADA DI LINK INI https://id.scribd.com/document/405432878/Buku-Siswa-Bahasa-Indonesia-Kelas-10-Revisi-2017-pdf Mohon maaf ya aku gk bisa kirim gambarnya soalnya gk bisa kirim gambar lebih dari satu
Jawaban:
1. Maharaja Indera Angkasa (Si Miskin
2. Karena sumpah Batara Indera, seorang raja keinderaan beserta permaisurinya bibuang dari keinderaan sehingga sengsara hidupnya. Itulah sebabnya kemudian ia dikenal sebagai si Miskin.(Pada paragraph 1)
Sepanjang perjalanan menangislah si Miskin berdua itu dengan sangat lapar dan dahaganya. Waktu malam tidur di hutan, siangnya berjalan mencari rezeki. (Paragraf 2)
Ramalan palsu para ahli nujum itu menyedihkan hati Maharaja Indera Angkasa. Maka, dengan hati yang berat dan amat terharu disuruhnya pergi selama-lamanya putra-putrinya itu.(Paragraf 9)
6. mohon jawabannya bahasa inggris kelas 11 semester 2 halaman 31. 1.which of following natural disasters do you think is the most horrifying: earthquake, Tsunamis, Thunderstroms or floods ? Why ? 2. What natural disaster have you experienced ? Can you share what happened ? 3. What is the worst earthquake that indonesia has witnessed ? How much demage did it cause ? How did do you respond to the disaster ? explain 4. Can you state an example of man made disaster ? 5. What kind of disasters are common in inonesia ? 6. What would you do if you knew there would soon be an earthquake and this could be your last day on earth ? 7. Do you know anything abouy the "ring of fire ? Can you find information and discuss it with your claasmate? 8. If you could volunteer to help after a natural disaster, what would you do ? 9. Do you think the world should be more concerned about natural disasters or man mad disasters ? Discuss and give respons to support your answer
1. I think Tsunamis. Because it can destroys anything in one second only.
2. I ever experienced floods. It makes me difficult to go anywhere because the high rate of waters. Even my house got flooded and wet.
3. The worst earthquake ever in Indonesia is in Aceh 2004. It caused 100.000+ lives died in Indonesia until the west coast of African beaches. It was a terrible accident, because in that time Indonesia was so lacks of knowledges and warning about tsunamis after earthquake.
4. Yes i can. The examples are flood and landslides.
5. Indonesia commonly get earthquake and volcanoes eruptions.
6. I will save my families and my live! I want to continue my life.
7. Ring of fire is an area that earthquake and volcanoes eruption commonly happen.
8. If i could volunteer to help a natural disaster, i would tell my friends to help me give them a shelter, foods, and also clothes if they need it.
9. Yes it should. Because if the world knows the effect of natural disaster first, we could minimalize the impact of the disaster.
Semoga membantu :)
7. Mengidentifikasi Isi Teks Editorial "Kado Tahun Baru 2014 dari Pertamina"(Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/K Kurikulum 2013 Revisi 2018 | Halaman 87-88)1. Coba tulis kembali judul tulisan yang kamu baca.2. Apa yang kamu pahami dari judul tersebut? Rumuskan dalam kalimat baru pemahamanmu tersebut.3. Apa kata kunci dalam paragraf pertama?4. Rumuskan kembali dalam kalimat baru pernyataan umum dalam paragraf pertama kata kunci yang kamu temukan.5. Apa kata kunci dalam paragraf kedua?6. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf kedua berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.7. Apa kata kunci dalam paragraf ketiga?8. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf ketiga berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.9.Apa kata kunci dalam paragraf keempat?10. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf keempat berdasarkan kata kunci yang kamu temukan?11.Apa kata kunci dalam paragraf kelima?12. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf kelima berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.13.Apa kata kunci dalam paragraf keenam?14. Rumuskan kembali dalam kalimat baru penegasan dalam paragraf ketujuh berdasarkan kata kunci yang kamu temukan?15. Apa saja fakta-fakta yang disajikan dalam tulisan tersebut?16.Apa yang menjadi opini redaktur atas fakta tersebut?17.Menurutmu, tanggapan redaktur tersebut ditujukan kepada siapa? masyarakat atau pemerintah?18. Bagaimana sikap redaksi terhadap peristiwa tersebut? Mendukung, menolak atau netral?19. Bagaimana saran atau rekomendasi redaksi terhadap pihak yang dituju dalam teks editorial tersebut ?20. Buatlah ringkasan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu sebelumnya!
Jawaban:
1. Coba tulis kembali judul tulisan yang kamu baca.
Kado Tahun Baru 2014 dari Pertamina.
2. Apa yang kamu pahami dari judul tersebut? Rumuskan dalam kalimat baru pemahamanmu tersebut.
3. Apa kata kunci dalam paragraf pertama?
4. Rumuskan kembali dalam kalimat baru pernyataan umum dalam paragraf pertama kata kunci yang kamu temukan.
Untuk jawaban dari soal nomor 2, 3 dan 4 ini dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/24171934
5. Apa kata kunci dalam paragraf kedua?
6. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf kedua berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.
7. Apa kata kunci dalam paragraf ketiga?
8. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf ketiga berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.
Untuk jawaban dari soal no 5, 6, 7, dan 8 dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/24549460
9. Apa kata kunci dalam paragraf keempat?
Langkah cekatan pemerintah, mengapresiasi, kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg, pertanyaan, rencana Pertamina, Menko Ekuin, Menteri BUMN, tidak tahu, pendapat
10. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf keempat berdasarkan kata kunci yang kamu temukan?
Langkah cekatan pemerintah dalam mengapresiasi kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg tetap menimbulkan pertanyaan apakah rencana Pertamina ini tidak ketahui Menko Ekuin dan Menteri BUMN serta tidak dimintai pendapat?
11. Apa kata kunci paragraf kelima?
dugaan, langkah pemerintah, reaksi semu, kekagetan, reaksi keras, pimpinan DPR RI, DPD RI, masyarakat luas, politisi, pencitraan, kesan, melindungi kebutuhan rakyat
12. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf kelima berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.
Dugaan atas langkah pemerintah ini merupakan reaksi semu karena kekagetan atas reaksi keras pimpinan DPR RI, DPD RI, dan masyarakat luas. Politisi menunjukkan pencitraan yang berkesan melindungi kebutuhan rakyat.
13. Apa kata kunci dalam paragraf keenam?
tidak bisa menerima, alasan, merugi, Rp22 triliun, 6 tahun, regulator elpiji, Pertamina, harga pasar dunia, kiblat keputusan, perusahaan, keuntungan besar, tambang minyak dan gas
14. Rumuskan kembali dalam kalimat baru penegasan dalam paragraf keenam berdasarkan kata kunci yang kamu temukan?
Kita tidak bisa menerima alasan merugi Rp22 triliun dalam 6 tahun menjadi regulator elpiji. Pertamina tidak seharusnya menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat keputusan padahal perusahaan memperoleh keuntungan besar dari tambang minyak dan gas.
Penjelasan:
Kata kunci dalam teks editorial merupakan kata-kata penting yang terdapat di dalam teks tersebut. Sedangkan kalimat argumentasi adalah kalimat yang berisi pendapat atau argumentasi yang diungkapkan dalam paragraf tersebut.
Pelajari lebih lanjut jawaban untuk nomor 15 hingga 20 dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/24685893
#BelajarBersamaBrainly
8. 1.kesetaraan peran laki-laki maupun perempuan dalam membangun bangsa merupakan perilaku yang mencerminkan Pancasila sila ke.....a.1 b.2. c.3. d.42.meskipun berbeda suku,siswa kelas 4 SDN cerdas bangsa tetap bersahabat dan tidak saling.....a.membantu. b.menjaga. c.meledek. d.menyayangi 3.perhatikan potongan cerita berikut !seperti mendiang ayahnya,dokter Rana menjadi anak yang dicintai warga desa ia menjadi teladan melalui dedikasi,tanggung jawab,dan kerendah-hatinya dalam menolong warga apabila aku besar nanti,aku ingin seperti dokter Rana akan kukejar cita-citaku menjadi guru,dan aku akan kembali untuk membangun kampung halamankusikap kepahlawanan yang ingin ditiru penulis dari dokter Rana adalah....a.menyayangi ayahnya. b.menjadi seorang dokter c.dicintai oleh warga desa. d.membangun kampung halaman4.salah satu wujud toleransi antarumat beragama adalah.....a.bergaul tanpa membedakan agamanya b.menghina dan menjelek-jelekkan agama lain. c.mencegah teman untuk melaksanakan ibadah. d.ikut merayakan hari besar keagamaan umat lain 5.rumah balai Batak Toba berasal dari daerah....a.sumatera Utara b.sulawesi selatan. c.jawa timur d.bali 6.berikut contoh pengalaman nilai-nilai Pancasila sila ke-3, kecuali....a.mendahulukan kepentingan pribadi diatas kepentingan bersama b.bangga menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. c.rela berkorban demi persatuan dan kesatuan negara dan bangsa. d.cinta tanah air dan saling menyayangi sesama putra bangsa7.meskipun materi pelajaran semakin menantang, kita harus tetap....a.mudah menyerah b.bekerja keras c.malas belajar d.patah semangat8.zahra aktif mengeluarkan pendapat dalam musyawarah, hal tersebut merupakan......Zahra sebagai peserta musyawarah.a.hak. b.kewajiban c.tanggung jawab d.keharusan9.banyak daerah di Indonesia dilanda kekeringan akibat kemarau panjang, sehingga masyarakat berwajiban untuk menghemat......a.listrik. b.bahan bakar. c.air. d.waktu
Jawaban:
1 A
2 B
3 D
4 C
5A
6 D
7 B
8C
9D
10 A
9. C. Berikut terdapat kalinat slogan yang rumpang. Lengkapilah kalimat tersebut agar terbentuk sebuah kalimat slogan yang menarik!1. Kita harus memilah sampah sebab ....2. Kita harus menghemat listrik sebab .... 3. Kita harus menghemat air sebab .... 4. Kita harus menggunakan kendaraan umum sebab ....5. Kita harus cinta bumi dan alamnya sebab ....6. Kita harus mengurangi pemakaian kantong plastik sebab ....7. Kita harus menanam dan memelihara pohon sebab ....8. Kita harus menghemat tisu dan kertas sebab .... 9. Kita harus menjaga kelestarian hewan langka sebab .... 10. Kita harus menanam kembali hutan yang gundul sebab ....Buku : Piawai Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIIIBab 2 : Kenalkan ProdukmuHalaman : 48Isilah jawaban yang benar!
Slogan adalah kalimat pendek yang menarik, singkat, dan mudah diingat untuk memberitahukan atau menjelaskan tujuan suatu kegiatan. berikut adalah lengkapan dari slogan yang rumpang tersebut
Kita harus memilah sampah sebab Agar mudah di daur ulangKita harus menghemat listrik sebab untuk masa depan yang lebih baikKita harus menghemat air sebab dengan menghemat kita juga akan mengarah pada penghematan energi dan mengurangi jejak karbon AndaKita harus menggunakan kendaraan umum sebab untuk mengurangi polusiKita harus cinta bumi dan alamnya sebab Bumi kita semakin rusakKita harus mengurangi pemakaian kantong plastik sebab Plastik menyebabkan pencemaranKita harus menanam dan memelihara pohon sebab pohon dapat mencegah pemanasan globalKita harus menghemat tisu dan kertas sebab cadangan pohon kita semakin sedikitKita harus menjaga kelestarian hewan langka sebab untuk warisan anak cucu kitaKita harus menanam kembali hutan yang gundul sebab hutan gundul menyebabkan banyak bencanaPembahasan
Menurut KBBI, slogan juga bisa berarti perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya.
Serupa dengan teks berita dan teks iklan, tujuan slogan yang biasanya dapat kamu lihat dan rasakan adalah:
Menyadarkan masyarakat.Menyampaikan informasi.Menghimbau orang lain.Memengaruhi orang lain.Memotivasi orang lainPelajari lebih lanjut
Pelajari lebih lanjut tentang Slogan pada
https://brainly.co.id/tugas/2595065
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
#BelajarBersamaBrainly
#SPJ1
10. selamat hari raya idul Fitri mohon maaf lahir dan batinYANG ADA AKU BUAT SALAH KEPADA KAKAK DAN ABANG ABANG MOHON DIMAAFKAN DAN SEBAGAI PERMINTA MAAF JAWABLAH SOAL INI DENGAN BERIKUT DAN DENGAN BENAR NO GOOGLE REPORT beserta penjelasannyaBerikut ini adalah pembahasan soal dan jawaban Latihan US, UAS dan USBN untuk siswa kelas 6 SD Pelajaran Matematika semester genap dilansir dari berbagai sumber:Baca juga: SOAL USBN UJIAN SEKOLAH Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Tahun 2021 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan GandaBaca juga: KUNCI JAWABAN Tema 9 Kelas 5 Halaman 173 174 175 176 177 179 180 181 182 Subtema 3 Benda di Sekitar*SOAL PILIHAN GANDAA. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b, c atau d didepan jawaban yang benar !1. Hasil dari 7.598 - 1.637 - 2.893 + 4.716 adalah (materi klik disini)a. 7.784b. 7.812c. 7.856d. 7.9032. Hasil pengerjaan dari 64 x 826 : 28 adalah ....a. 1.678b. 1.762c. 1.888d. 1.9163. Suhu udara di puncak gunung pada pukul 03.00 adalah -10° C. Setelah matahari terbit, energi matahari menaikkan suhu udara di puncak gunung tersebut. Jika setiap jam suhu udara di puncak guning naik 5° C, suhu udara pada pukul 15.00 menjadi C°a. 23b. 24c. 26d. 28Soal matematika ini bisa dijadikan bahan belajar dalam menyongsong ujian akhir semester. Jangan lupa untuk giat berlatih soal agar mendapatkan nilai yang memuaskan.Tak perlu khawatir, soal ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban. Jadi adik-adik bisa mengerjakannya terlebih dahulu kemudian dicocokan oleh bunda di rumah.Soal Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawaban5. 20 × ( 80 : 5 ) – ( 16 + 9 ) = n, n adalah ….A. 327B. 313C. 295D. 345Dinda membeli 4 keranjang buah mangga. Tiap keranjang berisi 15 buah. Ternyata setelah dibuka ada 8 buah mangga yang busuk. Kemudian Dinda membeli lagi 25 buah mangga. Jadi, buah mangga Dinda sekarang ada … buah.A. 52B. 67C. 77D. 93
Jawaban:
1. a. 7.784
2. c. 1.888
3. 50°c
4. c. 295
5. c. 77
Penjelasan dengan langkah-langkah:
1. 7.598 - 1.637 - 2.893 + 4.716 =
5.961 - 2.893 + 4.716 =
3.068 + 4.716 =
7.784
2. 64 × 826 : 28 =
52.864 : 28 =
1.888
3. Dik:
03.00 = -10°c
1 jam = 5°c
Dit:
Berapa derajat ketika pukul 15.00?
Jawab:
15.00 - 03.00 = 12.00 atau 12 jam
maka, 12 × 5°c = 60°c
kemudian, -10°c + 60°c = 50°c
jadi, suhu pada puncak gunung ketika pukul 15.00 adala 50°c
4. 20 × (80 : 5) - (16 + 9) = n
20 × (16) - (25) = n
320 - 25 = n
295 = n
5. Dik:
buah mangga ada 4 keranjang
1 keranjang isi 15 buah mangga
8 buah mangga busuk
Dit:
Berapa buah mangga sekarang?
Jawab:
4 × 15 = 60 buah mangga
maka, 60 - 8 = 52 buah mangga tersisa
kemudian, 52 + 25 = 77 buah mangga
Jadi, sisa buah mangga milik Dinda sekarang adalah 77 buah
Semoga membantu
#Sikopet mah kuat
11. 1. Apakah فِي اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ …. *أ. مَنْب. اَيْنَج. هَلْد. مَاPertanyaan ini wajib diisi2. هَلْ مَكْتَبَةٌ اَمَامَ الفَصْلِ ؟ لاَ , بَلْ مَكْتَبَةٌ اَمَامَ مَسْجِدِ. Arti kalimat disamping adalah .... *أ. Apakah perpustakaan di depan kelas? ya, perpustakaan di depan masjidب. apakah perpustakaan di depan masjid?ج. Apakah perpustakaan di depan kelas? tidak, perpustakaan di depan masjidد. Tidak, perpustakaan di depan kelas3. المَكْتَبَةُ ....(Luas) *أ. نَظِيْفٌب. وَاسِعَةٌج. وَاسِعٌد. جَمِيْلٌ4. كَيْفَ Arti kata disamping adalah …. *أ. Apakahب. Bagaimanaج. Dimanaد. Apa5. “ Peta indonesia”. Jika diterjemahkan ke bahasa Arab … *أ. خَرِيْطُ اِنْدُوْنِيْسِيَّاب. خَرِيْطَةُ اِنْدُوْنِيْسِيَّاج. جَرِيْدَةُ اِنْدُوْنِيْسِيَّاد. مَجَلاَّتُ اِنْدُوْنِيْسِيَّا6. هَذَا مَكْتَبٌ وَ هذِهِ .... *أ. قَلَمٌب. جَرِيْدَةٌج. فَصْلٌد. كُتُبٌ7. Koran disamping majalah. "Disamping" bahasa Arabnya adalah.... *أ. وَرَاءَب. فِىج. أَمَامَد. جَانِبَ8. نَظِيْفَةٌ artinya .... *أ. Kotorب. Luasج. Bersihد. Tinggi9. "Peta di atas lemari". Bahasa Arabnya adalah ... *أ. الخَرِيْطَةُ فَوْقَ الخِزَانَةِب. الخَرِيْطَةُ تَحْتَ الخِزَانَةِج. الجَرِيْدَةُ فَوْقَ الخِزَانَةِد. الجَرِيْدَةُ تَحْتَ الخِزَانَةِ10. هَلْ مَجَلَّةُ فِى الرَّفِّ ؟ ... مَجَلَّةُ فِى الرَّفِّ *أ. لاَب. بَلْج. نَعَمْد. هَلْ11. يَذْهَبُ التَّلاَمِيْذُ اِلَى المَكْتَبَةِ. Artinya ... *أ. Hasan pergi ke masjidب. Hasan pergi ke halamanج. Hasan pergi ke perpustakaanد. Hasan pulang dari perpusatakaan12. "Di kebun", bahasa arabnya adalah .... *أ. فِى الْمَكْتَبَهِب. فِى الفَصْلِج. فِى الْمَسْجِدِد. فِى البَيْتِ13. مَجَلَّةُ ؟ الْمَجَلَّةُ ... الجَرِيْدَةُ ( disamping) *أ. اَمَامَب. وَرَاءَج. فِىد. جَانِبَ14. صَبَاحَ الخَيْرِ ! صَبَاحَ .... *أ. الخَيْرِب. النُّوْرِج. حَسَنُد. مَسَاءُ15. فِى الْمَكْتَبَةِ كُتُبٌ كَثِيْرَةٌ Artinya… *أ. Di kelas terdapat buku-buku yang banyakب. Di sekolah terdapat buku-buku yang banyakج. Di perpustakaan terdapat buku-buku yang sedikitد. Di perpustakaan terdapat buku-buku yang banyak16. Perpustakaan yang luas dan bersih. Bahasa arabnya adalah …. *أ. الْمَكْتَبَةُ نَظِيْفَةٌ وَ وَسِعَةٌب. الْمَكْتَبَةُ وَاسِعَةٌ وَ نَظِيْفَةٌج. الْمَكْتَبَةُ وَاسِيْعَةٌ وَ نَظِيْفَةٌد. الْمَكْتَبَةُ وَاسِعٌ وَ نَظِيْفٌ17. Buku matematika di atas meja. Bahasa arabnya adalah … *أ. كِتَابُ الرِّيَاضِيَّةِ فِى الْمَكْتَبِب. كِتَابُ الرِّيَاضِيَّةِ وَرَاءَ الْمَكْتَبِت. كِتَابُ الرِّيَاضِيَّةِ فَوْقَ الْمَكْتَبِث. كِتَابُ الرِّيَاضِيَّةِ جَانِبَ الْمَكْتَبِ18. “Dimana”, Bahasa arabnya adalah … *أ. هَلْب. كَيْفَت. اِلَى اَيْنَث. أَيْنَ19. مَجَلَّةٌ Artinya …. *أ. Luasب.Majalahج. Koranد. Lemari20. أَيْنَ مَكْتَبَةٌ ؟ Arti pertanyaan disamping adalah …. *أ. Perpustaaan di depan masjidب. Apa itu?ج. apakah itu perpustakaan?د. Dimana perpustakaan?tolong di jawab kak
Jawaban:
1.A
2.c
3.b
4.b
5.b
6.b
7.d
8.c
9.a
10.c
11.c
12.d
13.d
14.b
15.d
16.c
17.a
18.d
19.b
20.d
Penjelasan:
jangan lupa follow yah
12. Salin soal dibawah ini dan kerjakan dibukse latihan Prakarya. Dan unmenjawab soal, baca terlebih dahulu buku paket Prakarya kelas VII dari halam6-17 Bab I "KERAJINAN SERAT", semua jawaban ada dibuku pakel.1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia serat adalah?2. Negara yang pertama kali mengolah serat adalah? ...3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bahan serat alam!4. Jenis dan karakteristik bahan serat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu?5. Tuliskan 4 klarifikasi serat dari tumbuhan serta contohnya!6. Sebutkan dan jelaskan 2 penggolongan serat dari hewan!7. Sebutkan 4 pengolahan bahan serat!8. Apa yang dimaksud dengan teknik dasar kerajinan tekstil? ...9. Apa yang dimaksud dengan menjahit?10. Tuliskan dan jelaskan 5 syarat perancangan benda kerajinan! ...
Jawaban:
1.Serat adalah suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh.
2.Negara China
3.Bahan Serat Yang Terbuat dari alam
4.Serat Alami dan serat buatan
5.Batang : henep,jute,kenaf,sunn
daun : abaca (manila),henequen,sisal
buah : serat serabut kelapa
biji : serat kapas dan kapuk
6. Serat sutera adalah serat yang berasal dari kepompong ulat sutera.
Serat wol adalah serat yang berasal dari bulu hewan domba.
7.pemintalan
penggulungan
pencelupan
penenunan
8.sebuah karya seni yang dibuat dengan bahan tekstil
9.menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang.
10.Identifikasi kebutuhan: menentukan alat dan bahan
2. Menentukan karya yang akan dibuat: lebih tepatnya memilih bahan utama yang akan digunakan misalnya kulit jagung
3. Menggali ide:mencari ide dari berbagai sumber seperti Internet, majalah, dll
4. Membuat sketsa:merancang sketsa karya kemudian dipilih yang paling bagus
5. Memperhatikan 5 aspek kerajinan: keamanan, kenyamanan,keluwesan,keseimbangan,satu lagi lupa
13. buku paket kur halaman 73 kelas 8 JAWAB SEMUANYA SO POINTNYA DAH GEDE, TOLONG DONG, KRENA INI DIKUMPULKAN DLAM JANGKA 1 HARI YAITU BESOK, TOLONG DONG KRNA INI BUAT PERSIAPAN UAS Susi Susanti: Legenda Bulu Tangkis Putri Indonesia dan Dunia 2. Teks biografi memiliki struktur teks yang khusus. Identifikasilah struktur teks biografi “Susi Susanti” di atas! 3. Teks biografi juga memiliki konjungsi yang khusus. Coba cari dan tuliskan konjungsi yang digunakan di dalam teks biografi “Susi Susanti” di atas! 4. Jelaskan juga fungsi dan makna konjungsi yang kamu temukan itu! 5. Setelah kamu mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan yang ada di dalam teks biografi “Susi Susanti” di atas, identifikasilah kata dan istilah yang tidak kamu pahami yang ada di dalam teks biografi tersebut. Kemudian, temukan makna kata dan istilah tersebut di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Untuk menambah pengayaan kosakatamu, terangkanlah makna kata dan istilah berikut! 1) legenda 2) merajai 3) ajang 4) pengantin olimpiade 5) kancah internasional 6. Untuk mengetahui pemahamanmu tentang kalimat, buatkan kalimat tunggal dan majemuk dengan menggunakan kelima kata dan istilah yang ada pada soal nomor 5 (DIATAS)! 7. Untuk menambah pengayaan kosakatamu, carilah bentuk antonim atau kata yang maknanya berlawanan dan bentuk sinonim yang maknanya mirip atau sama dengan kata-kata berikut! No. Kata Kata antonim Kata Sinonim 1 menang ___________________ ___________________ 2 junior ___________________ ___________________ 3 kenyataan ___________________ ___________________ 4 internasional ___________________ ___________________ 5 sombong ___________________ ___________________ 6 rutin ___________________ ___________________ 7 emosi ___________________ ___________________ 8 bahagia ___________________ ___________________
2.
Orientasi: paragraf 1
Peristiwa/masalah: paragraf 2 - 5
reorientasi: paragraf 6
3.
- Ia menyukai permainan bulu tangkis sejak duduk di bangku sekolah dasar.
- Setelah berlatih selama tujuh tahun dan memenangkan kejuaraan bulu
tangkis tingkat junior, ia pindah ke Jakarta pada tahun 1985.
- Ia selalu mematuhi aturan yang diberikan pelatihnya dan rela berkorban agar
cita-citanya menjadi atlet bulu tangkis terkenal tercapai.
- Walaupun telah puluhan gelar tingkat internasional ia raih, ada satu sikap
yang tidak pernah hilang dari diri Susi Susanti.
4.
Sejak: Majemuk bertingkat hubungan waktu
Setelah: Majemuk bertingkat hubungan waktu
Dan: Majemuk Setara
Agar: Majemuk bertingkat hubungan tujuan
Walaupun: Majemuk bertingkat hubungan konsesif
5.
Legenda: Cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan
peristiwa sejarah
Merajai: menguasai
Ajang: tempat
Pengantin Olimpiade: sepasang atlet yang memenangkan lomba
Kancah internasional: dunia internasional
6.
Susi Susanti telah menjadi legenda dan merajai dunia bulu tangkis.
Susi Susanti sering menjadi pengantin olimpiade dalam kancah internasional karena telah memenangkan berbagai ajang pertandingan bulu tangkis.
7.
Antonim:
Menang >< kalah
junior >< senior
kenyataan >< khayalan/mimpi
internasional >< nasional
sombong >< rendah hati
rutin >< jarang
emosi >< sabar
bahagia >< sedih
Sinonim:
Menang = unggul
Junior = lebih muda
Kenyataan = realita/hal sebenarnya
internasional = luar negeri
sombong = tinggi hati
rutin = teratur
emosi = marah
bahagia = senang/gembira
14. PKN1. Mendapatkan pelajaran ketika di kelas, merupakan…di sekolah.a. Kewajiban siswa c. hak siswab. Persatuan siswa d. hak guru2. Segala sesuatu yang harus kita kerjakan disebut…a. Hak c. kewajibanb. Disiplin d. tanggung jawab3. Contoh hak di rumah adalah..a. Melaksanakan tugas piket c. mendapat pelajaran dari gurub. Mendapat nafkah dari orang tua d. mendapatkan perhatian teman4. Contoh tanggung jawab pada diri sendiri adalah..a. Beribadah c. menjaga kebersihanb. Menjadi juara kelas d. membantu orang tua5. Menaati peraturan undang-undang berlaku membayar pajak ikut berpartisipasi dalam pembangunan dan kesejahteraan umum merupakan kewajiban..a. Warga negara c. komunitas tertentub. Sebagian negara d. warga negara asingBAHASA INDONESIA6. Teks eksplanasi ilmiah adalah yang menerangkan suatu proses yang bersifat..a. Menguntungkan c. ilmu logika dan akalb. Ilmu pengetahuan alam d. ilmu ekonomi dan bisnis7. Teks eksplanasi terdiri dari…a. Penjelasan, uraian, dan kesimpulanb. Pembukaan, kesimpulan, dan penutupc. Kesimpulan, keterangan, penjelas, dan tambahand. Pernyataan umum, deretan penjelas, dan kesimpulan8. Para siswa-siswa sedang belajar di kelas.Kalimat tersebut adalah kalimat yang tidak efektif, perbaikan yang benar adalah..a. Siswa-siswa sedang belajar-belajar di kelas.b. Para siswa sedang belajar di kelas-kelas.c. Para-para siswa sedang belajar di kelas. d. Para siswa sedang belajar di kelas. 9. Kalimat di bawah ini yang tidak efektif adalah..a. Semua bola gudang sudah rusak.b. Para guru sedang rapat di aula sekolah.c. Murid-murid sedang istirahat di halaman sekolah.d. Setiap warga-warga harus membayar iuran kebersihan10. Kosakata baku adalah kosakata bahasa Indonesia yang sesuai dengan..a. Undang-Undang Dasar c. Kamus Besar Bahasa Indonesiab. Norma kesopanan dan kesusilaan d. Pedoman umum ejaan bahasa IndonesiaIPS11. Penemuan- penemuan yang di lakukan oleh manusia akan berdampak baik bagi kehidupan jika di gunakan dengan cara..a. Benar dan bijak c. terbuka dan bebasb. Bijak dan tertutup d. mencari keuntungan12. Seorang ahli matematika yang menjadi penggagas utama dalam penemuan komputer adalah..a. Charles Babbage c. Nikola Teslab. Albert Einstein d. Michael Faraday13. Salah satu manfaat komputer dalam dunia pendidikan adalah..a. Untuk mencari hiburan dan lagu-lagub. Untuk membuat naskah soal ujianc. Untuk membuat desain bangunand. Untuk membuat kasir di toko14. Salah satu hal yang membuat para penemu dikenang sampai sekarang adalah..a. Berasal dari negara lain c. memiliki banyak kekayaanb. Memiliki nama yang bagus d. hasil temuanya bermanfaat15. Tokoh penemu lampu adalah..a. William Gilbert c. Michael Faradayb. Thomas Alva Edison d. Gugliemo MaroniIPA16. Susunan berbagai alat listrik dari sumber energi listrik disebut..a. Rangkaian seri c. rangkaian paralelb. Rangkaian listrik d. rangkaian monorail17. Lampu senter menggunakan rangkaian secara…a. Seri c. campurab. Paralel d. bersambung18. Berikut dampak positif di temukannya listrik adalah..a. Meningkatkan pengeluaran c. mempermudah pekerjaanb. Tidak terjadi apa-apa d. mempermudah dalam berbuat kriminal19. Rangkaian listrik paralel yang disusun secara bersusun atau bercabang disebut..a. Seri c. campuranb. Paralel d. seri paralel20. Lampu dapat menyala karena adanya..a. Stop kontak b. kabel listrik c. aliran listrik d. daya SBDP21. Nada ke enam pada tangga nada adalah..a. Mi b. sol c. fa d. la22. Jarak antara dua nada disebut..a. Interval b. melodi c. kuarted d. ritmis23. Berikut nada yang memiliki jarak 2 adalah..a. c-d b. c-e c. c-f d. c-c124. Nada berikut merupakan merupakan nada berjarak 1 yaitu..a. Do re b. do mi c. si la d. re fa25. Nada do mi memiliki jarak nada..a. ½ b. 1 c. 1 ⁄ d. 2plzz Minta tolong bnggttt:> (semampu kalian ajh:/)
Jawaban:
1.A
2.D
3.C
4.D
5.A
6.B
7.B
8.D
9.A
10.B
11.A
12.A
13.B
14.D
15.B
16.B
17.A
18.A
19.B
20.C
21.D
22.A
23.??
24.A
25.A
Penjelasan:
Maaf ya kalo ada yang salah:'/
15. Buku Paket Bahasa Jawa Kelas 8/Wursita Basa halaman 26.2. Negesi Tembung ayo tembung tembung ing ngisor iki digoleki tegese! contoh! 1. SekarNgoko: TembangKrama: SekarBasa Padinan: Tembang,kembangBasa Indonesia: Lagu,bunga Bantu Jawab..1. Gambuh Ngoko: Krama: Basa padinan: Basa Indonesia:2. Polah Ngoko: Krama: Basa padinan: Basa Indonesia:3. Kalantur Ngoko: Krama: Basa padinan: Basa Indonesia:4. katula tula Ngoko: Krama: Basa padinan: Basa Indonesia:5. katali Ngoko: Krama: Basa padinan: Basa Indonesia:6. tutur Ngoko: Krama: Basa padinan: TOLONG,BANTU JAWAB MASTER.
Jawaban dan Pembahasan terlampir di foto.
Posting Komentar untuk "Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 6"